Jumat, Agustus 5

Yuuk... Belajar dari orang cina dalam berbisnis

Hay blogger penikmat kewirausahaan123.com kembali lagi dengan saya Dedy Siswadi, di negara kita Indonesia sebagian orang - orang sukses adalah orang Indonesia keturunan cina (bener gak blogger, hahah...), mereka hampir menguasai setiap usaha yang ada di Indonesia.
Melihat keberhasilan mereka bukan dengan  hal yang mudah didapat bro, jatuh bangun sampai menuju titik di katakan sukses bagi mereka sudah mereka rasakan. 
Disini saya akan mengutip dari buku kewirausahaan karya Suharyadi, Arissetyanto Nugroho, Purwanto S.K, Maman Faturohman yang berjudul membangun usaha sukses sejak usia muda "Menerapkan Sikap Mental Bisnis Orang Cina" dari kutipan saya akan sedikit menjelaskan tentang sistem usaha orang cina , semoga ada manfaatnya yah blogger. hehehe...

Kalau kita bicara tentang orang - orang Indonesia keturunan cina pasti dalam benak kita yaitu "PEKERJA KERAS". buat mereka bekerja tidak cukup hanya 8 sampai 10 jam perhari bahkan bisa 16 sampai 18 jam perhari. betapa pekerja kerasnya yah blogger mereka. hehehe...

Cara Pandang orang cina :

  1. Orang cina meyakini bahwa orang sukses adalah orang yang memanfaatkan setiap menitnya  dengan baik bukan untuk bersantai - santai
  2. Bagi mereka orang kaya adalah pengusaha, maka orang cina lebih suka menjadi pengusaha dari pada menjadi karyawan.
  3. Orang cina tidak akan pernah puas pada hasil yang diraih, mereka akan membuat target baru yang lebih tinggi.
  4. Orang cina selalu menjaga citra, karena citra yang rusak akan sulit di bangun kembali sedangakan uang yang hilang bisa dicari kembali.
  5. Bagi mereka investasi adalah dasar untuk menggapai kekayaan, sedangkan bunga tabungan takkan sanggup membawa kepada kekayaan.
Falsafah bisnis orang cina :
"Pedagang yang jatuh akan merasa sakit, tetapi sakit itulah yang membuat bangkit kembali"

Budaya Bisnis orang cina:
"Apabila orang cina mengatakan akan berdagang, mereka biasanya tidak akan lama berfikir panjang untuk melakukannya. Pengalaman dan kemahiran tidak penting karena dapat di pelajari".

Prinsip - prinsip yang di gunakan etnis cina untuk memajukan dagangannya :
  1.  Agresif
  2. Jangan melepaskan peluang
  3. Berani mengambil resiko
  4. Tahan banting
  5. Jangan menyerah pada nasib
  6. Semangat berjuang
Menerapkan prinsip kerja orang - orang cina contonya berdagang, sepertinya akan sulit  yah bro kalau di terapkan orang - orang pribumi karena biasanya sistem dagang orang pribumi lebih ke keluargaan contonya : Apabila kita menjual makanan di lingkungan sekitarnya masih satu kampung biasanya mereka mengambil makanan seperti dirumah sendiri(bebas) dan biasanya pedagang pribumi mudah memberikan utang kepada kepada pembelinya yang tidak terlalu kenal bahkan kadang ada pelanggan yang sudah banyak utangnya langsung tidak datang lagi. (terlalu mudah percayaan , heheh...) Berdeda dengan orang cina yang tidak akan memberikan hutang ke pada pembelinya .

Menerapkan prinsip - prinsip etnis cina sangatlah membantu dari segi usaha, dalam menjalankanya terkadang ada yang berhasil dan kadang tidak berkembang bahkan ada yang bisa sampai tutup itu semua tergantung dari diri kita sendiri bagaimana cara menjalankannya.

Tapi ingat yah teman - teman blogger bisnis yang sehat yaitu bisnis yang diridoi Allah SWT, jangan biarkan ilmu matematika kita membuat kita lupa akan Allah. (heheh.. tidak ada maksud untuk menggurui yah blogger, saling mengingatkan saja saya juga masih gak bener kok . hahahaha..) Bagaimana tidak terkadang seorang wirausahawan terlalu matematis dalam melakukan bisnis, sehingga terasa masih kurang.. kurang.. dan kurang .. seakan - akan apa yang sudah di dapat belum cukup sehingga hidup mereka terlihat tidaklah bahagia. Mensyukuri nikmat yang telah diberi adalah kebahagian yang tak ternilai yah blogger. (hahaha.. sok tau banget yah saya . hehehe..)

# kalau blogger suka tolong di share dan liknya yah. hehehe...

Sumber :








Tidak ada komentar:

Posting Komentar