Kamis, Agustus 4

Bisnis Catering Bersama IBU

Assalammualaikum wr wb,

Mengawali bisnis Catering ini pada tahun 2012 silam, ketika Ibu saya hanya memulai bisnis nya dengan membuka Kantin Makanan jadi yang bernama "KANTIN AGUNG" saya berfikir untuk mengembangkan bisnis ini menjadi bisnis Catering . Awalnya ibu saya tidak setuju dengan ide saya untuk mengembangkan usahanya dari Kantin biasa menjadi Usaha Catering tetapi dengan teknologi yang saya bisa dan canggih saya memberikan penjelasan kepada ibu saya betapa mudahnya untuk mengembangkan bisnis Kantin nya menjadi usaha Catering .
Saya memulai bisnis catering ini dengan membuat Location dan Email di Google + untuk memperluas jaringan pemesanan catering


Lalu mengembangkan dengan memberikan informasi kepada saudara,tetangga,dan teman-teman saya untuk menggunakan jasa Catering ibu saya jikalau ada acara dirumah .
Awalnya setiap ada acara dirumah saya, saya dan keluarga tidak pernah menggunakan catering dari luar, kami menyiapkan sendiri makanan dan nasi box untuk para tamu/undangan itu termasuk strategi kami agar para tamu/undangan dapat menyicipi masakan yang dibuat oleh keluarga dan kemasan yang bersih juga highienis .

Hingga saat ini usaha Catering yang dijalankan ibu saya lumayan berhasil, walaupun sampai saat ini usaha cateringnya belum mencapai titik maksimal , namun omzet usaha catering ini lebih besar dibanding hanya mengandalkan usaha Kantin saja .
Ohya Satu lagi Jangan lupakan ini 
Pilih jenis bisnis catering nasi yang akan anda jalankan. Apakah katering yang bersifat khusus atau umum. Catering khusus berarti catering nasi anda hanya bisa disajikan untuk satu acara tertentu dengan menu khusus, misalnya, pesta kebun atau pesta formal. Sementara catering umum sangat fleksibel. Ia bisa digunakan untuk moment apapun.

Disini saya akan membagikan sedikit tips berharga untuk kalian yang akan memulai usaha catering sebagai berikut :



1.Menentukan jenis usaha rumahan katering makanan
Ada berbagai macam jenis usaha katering, seperti berikut ini
·         Katering Rumahan :  usaha katering yang melayani pesanan sampai dengan 100 orang. Meliputi rantangan untuk rumah tangga, pesanan prasmanan untuk arisan/pengajian, pesanan nasi boks untuk 20-100 porsi, dan pesanan nasi tumpeng.
·         Katering makanan anak : yaitu katering makan pagi/siang untuk Anak sekolah. Biasanya disajikan dalam rantang/tromol makan khusus anak-anak. Selain itu ada juga yang namanya katering makanan sehat dan katering makanan bayi.
·         Katering Kantoran: yaitu rantangan karyawan kantor, nasi boks atau prasmanan untuk perayaan/syukuran di kantor.
·         Katering Acara Khusus / Hajatan : seperti pernikahan dan perayaan. Umumnya menggunakan sistem prasmanan, tetapi kadang ditambah pula dengan pesanan nasi boks dan tumpeng.

2.Menyiapkan modal yang dibutuhkan
Adapun modal yang dibutuhkan :
·         Peralatan memasak. Untuk memasak 100 porsi misalnya, bisa dikerjakan dengan peralatan memasak yang ada dalam rumah tangga sehingga tidak perlu terburu-buru menanam modal hanya untuk membeli peralatan baru.
·         Ruangan / dapur untuk katering rumahan, ruangan khusus tidak perlu disiapkan. Namun sebaiknya tata dapur Anda sedemikian rupa untuk memudahkan pekerjaan dan tambahkan rak-rak khusus untuk tempat perlengkapan memasak.
·         Rak khusus untuk bumbu-bumbu dapur, kalau perlu beri label pada tempat masing-masing bumbu untuk memudahkan proses memasak.
·         Keuangan sebagai pemula, biasanya Anda belum bisa berutang alias masih memakai modal sendiri. Modal yang Anda perlukan untuk berbelanja bahan makanan. Estimasi biaya yang diperlukan sekitar 500 – 2 juta rupiah. Tergantung banyaknya pesanan yang anda kerjakan. Cobalah dengan skala kecil hingga besar.

3.Menyiapkan keterampilan yang harus dimiliki
Keterampilan yang harus anda miliki dalam usaha rumahan katering makanan ini adalah
·         Aneka masakan dan variasinya. Memasak memang urusan selera, tetapi tetap ada standart tersendiri yang harus dikuasai. Bedakan standar ini dengan pesaing anda.
·         Anda harus pintar mengelola bahan-bahan makanan dan penggunaannya agar tidak boros dan terhindar dari kerugian.
·         Membina hubungan dengan siapa saja, bahkan dengan pesaing atau sesama pengusaha katering. Anda juga harus tahu harga yang ditetapkan pengusaha katering lainnya agar bisa menentukan harga yang pas.
·         Perhatikan cara memasak dan menyimpan hasil masakan dengan baik. Hal ini sangat penting untuk menghindari masakan menjadi basi/bau akibat penanganan atau penyimpanan yang salah.
·         Teknik berbelanja dan memilih bahan makanan agar perhitungan biaya
·         Informasi tempat berbelanja bahan makanan yang berkualitas baik dengan harga miring.Terkadang perlu sumber dari beberapa tempat untuk mendapatkan bahan makanan yang baik. Misalnya, untuk sayuran segar dan murah sebaiknya Anda beli di pasar A, tetapi untuk daging sapi lebih baik dibeli di pasar B. Membeli daging ayam dan sapi ada yang menggunakan pesan-antar.
·         Informasi tempat persewaan peralatan makan dan penyajian (pemanas, pemanas sup,pyrex) yang lengkap dan murah. Lebih baik Anda tahu lebih dari satu tempat persewaan untuk menghindari kekosongan barang pada saat-saat ramai.
·          
 4. Dapatkan Supplier Bahan Makanan yang Bonafid.
Salah satunya adalah ketersediaan bahan dan kualitas bahan yang bisa dipegang untuk usaha catering anda. Supplier anda perlu memiliki stok yang memadai, mengerti akan kualitas dan tentunya kembali ke harga juga adalah kompetitif. 

Berikut kita lihat salah satu Wirausaha Muda yang berhasil dalam bisnis CATERING MAKANAN
Kisah Sukses Anak Jokowi dengan Bisnis Katering Chilli Pari
Bisnis kuliner merupakan bisnis yang mudah untuk dikembangkan, karena produknya selalu dibutuhkan. Mungkin hal inilah yang ada di benak Gibran Rakabumi Raka (25), putra sulung Jokowi. Lulusan Management Development Institute of Singapore 2007 ini mendirikanbisnis katering bernama Chilli Pari.
Keputusan untuk mendirikan bisnis katering, sempat membuat Jokowi kecewa. Jokowi ingin putra sulungnya ini meneruskan bisnis furnitur miliknya, Rakabu. Namun, setelah melihat kesuksesan yang diraih putra sulungnya, akhirnya Jokowi mendukung penuh bisnis katering putranya ini.
Ide bisnis katering muncul saat Gibran melihat tidak adanya layanan katering di Graha Saba Buana, gedung pertemuan milik Jokowi. Hal ini membuat dia ingin mendirikan bisnis katering yang bisa mengatasi hal ini.
Modal awal Gibran peroleh dari bank. Orang tuanya tidak mendukung dan tidak memberikan modal, dan Gibran memang tidak ingin bergantung pada bantuan orang tuannya. Akhirnya, dia berhasil memperoleh modal dari satu bank senilai Rp. 1 miliar, setelah 7 bank lain menolak proposal bisnisnya.
Nama Chilli Pari berasal dari 2 kata, yaitu Chilli yang berarti cabe, melambangkan berani dan semangat. Sedangkan Pari berasal dari kata bahasa Jawa yang berarti padi, melambangkan kemakmuran.
Meskipun namanya melambangkan semangat dan kemakmuran, bukan berarti bisnis katering milik Gibran ini berjalan mulus. Ada banyak halangan dan tantangan yang harus dia hadapi. Mulai dari persaingan yang begitu ketat di Solo, ketidak percayaan konsumen sehingga mereka membatalkan pesanan dan lainnya.
Untuk mengatasi banyak hambatan diatas, Gibran selalu berinovasi untuk bisnis katering miliknya. Konsep yang dia gunakan adalah “traditional taste, modern touch”. Hal ini tampak dari menu-menu baru yang berhasil dia ciptakan. Meskipun baru, cita rasa dan ciri khas Solo masih ada di dalamnya.
Selain menu, penyajian menu juga cukup unik, yaitu dengan metode piring terbang. Sistem prasmanan memang kurang disukai penduduk Solo, sehingga Gibran memilih cara ini.
Kantor bisnis katering dengan tagline “Your One-Stop Wedding Solution” ini mempunyai desain unik. Bertema layaknya restoran mini, kantor ini juga berfungsi sebagai tempat untuk menguji resep-resep baru yang diciptakan. Selain itu, konsumen juga dapat mencicipi menu yang akan mereka pesan sehingga mereka lebih puas.
Selain menyediakan menu untuk dicicipi konsumen, Gibran yang juga menjadi ketua Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) Surakarta ini juga tidak segan turun ke lapangan. Dia pernah langsung turun ke pesta pernikahan yang menggunakan jasa katering miliknya dan menanyakan pendapat konsumen. Kritik atau saran yang diterima langsung dari konsumen menjadi sarana evaluasi untuk mengembangkan bisnis katering miliknya.
Kini, Chilli Pari sudah sangat berkembang pesat. Layanan katering yang diberikan bukan hanya terbatas untuk kota Solo saja. Namun, event bertaraf nasional dan global juga pernah mereka tangani.

SUMBER :
http://jabarbanten.com/mainan/183-bisnis/makanan-minuman/178-langkah-langkah-memulai-usaha-rumahan-katering-makanan/
http://www.teropongbisnis.com/teropong-usaha/kisah-sukses-anak-jokowi-dengan-bisnis-katering-chilli-pari/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.