Jumat, Agustus 12

G050-Ade (Tugas KWU 002)

Persiapan Pribadi Pengusaha Muda Ideal

            Seorang yang belum menjadi pengusaha dan memperhatikan orang lain yang telah menjadi pengusaha, kadang-kadang tidak menyadari bahwa untuk menjadi pengusaha, disamping harus memiliki syarat tertentu, ia harus berkorban dan menanggung resiko.
            Seorang pengusaha harus memiliki daya kreasi dan dapat merubah suatu kondisi dengan cara yang lebih baik. Ia harus inovatif, mampu menciptakan sesuatu yang baru, meningkatkan nilai tambah
           
Seorang pengusaha yang baik harus selalu proaktif melihat kedepan, disertai dengan keyakinan akan keberhasilan atau motivasi yang cukup kuat, dapat menemukan sesuatu yang baru, baik berupa barang, cara mengerjakan yang lebih baik, cara memasarkan yang lebih efisien.
Mempersiapkan Diri Jadi Pengusaha Muda
Beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk menjadi pengusaha muda yaitu:
1) Membangun Kepribadian
2) Mempersiapkan Keterampilan
3) Membangun Usaha Saat Muda
4) Merealisasikan Mimpi Menjadi Kenyataan
            Beberapa ahli mencatat bahwa seorang pengusaha ideal diantaranya juga harus memiliki kelebihan kemampuan pribadi sebagai manusia biasa disamping kemempuan yang merupakan hasil tempaan atau pembelajaran seperti diuraikan di bawah ini.
1) Berpikiran tenang
            Seorang pengusaha harus mampu berfikir tenang, karena dalam melakukan suatu usaha, tidak selamanya semua masalah dan rencana dapat berjalan lancar.
2) Kesehatan yang cukup baik
            Pengusaha bukan pegawai kantor yang jadwal jam kerjanya ditetapkan, ia dituntut untuk bekerja sepanjang dibutuhkan.
3) Fasilitas Pribadi yang cukup mendukung
            Untuk menjadi pengusaha, terutama bagi seorang yang akan terjun menjadi pengusaha, sebaiknya memiliki fasilitas pribadi sebagai pendukungnya.
4) Pergaulan Luas
            Seorang pengusaha dituntut harus luwes,mampu menyesuaikan diri  dan mempunyai hubungan yang luas dengan sesame pengusaha , dengan para karyawan, dan pihak-pihak lain yang berada diatasnya, seperti pejabat-pejabat pemerintah, pejabat keamanan, mungkin dengan asosiasi pengusaha, dan lain-lain.
5) Mau Mendengarkan
            Seorang pengusaha yang baik , tidak segan-segan mendengarkan pendapat orang lain.
6) Teguh dengan janji
            Dalam mengelola perusahaan, seorang pengusaha dituntut untuk melakukan pengelolaan perusahaan dengan cermat, tepat dan cepat. Dan seorang pengusaha harus berpegang teguh pada janji  dan tahu kapan kewajibannya akan diselesaikan.
7) Berani Memperbaiki
            Seseorang yang ingin sukses menjadi pengusaha harus memiliki keberanian untuk dapat melihat kedepan dan mengadakan perbaikan-perbaikan. Ia harus inovatif dan menciptakan peluang,
Contoh Pengusaha Muda Sukses
Gibran Rakabuming
            Saat ini nama Gibran Rakabuming mungkin sudah dikenal oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia, di luar fakta bahwa ayahnya, Joko Widodo, adalah seorang presiden negara republik Indonesia. Gibran adalah pemilik sebuah bisnis di bidang catering dan wedding organizer dengan nama Chili Pari. Sebelum menjabat menjadi Walikota Solo, kemudian Gubernur DKI jakarta, dan akhirnya Presiden RI, ayahnya, Joko Widodo merupakan pengusaha mebel. Namun, Gibran memilih untuk merintis usaha sendiri tanpa campur tangan ayahnya. Ia memulai usahanya dengan mengajukan pinjaman ke bank untuk modal. Meski sempat ditolak beberapa kali, akhirnya ia mendapatkan persetujuan dari salah satu bank dan dengan modal pinjaman tersebut ia pun memulai Chili Pari dengan melayani pesanan partai kecil. Berkat kemampuan dan keuletannya sendiri, sekarang Chili Pari sudah banyak menangani order besar dengan jumlah tamu hingga ribuan orang dan usaha Gibran pun semakin berkembang.
Sumber :
 Buku Kewirausahaan "Aku Pengusaha", CV Andi Offset 2013, Yogyakarta.
https://www.cermati.com/artikel/8-kisah-inspiratif-pengusaha-sukses-indonesia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.