Kamis, Agustus 4

Hal-hal Yang Biasa Dilakukan Orang Sukses

Assalamualaikum teman-teman bloggers :)
Dalam artikel ini saya akan membahas materi tentang bagaimana persiapan pribadi untuk menjadi seorang pegusaha muda?


Kesuksesan finansial merupakan salah satu alasan mengapa sekarang-sekarang ini banyak dari kita yang beralih profesi menjadi seorang wirausaha. Karena dengan berwirausaha, tentu kita akan mendapatkan penghasilan yang tidak terbatas, dan dapat mengatur waktu kita sendiri. Akan tetapi, menjadi seorang wirausaha yang sukses tidak semudah membalikan telapak tangan. Agar seseorang menjadi sukses, ia harus melewati berbagai tantangan dan rintangan yang berliku. Serta waktu yang tidak sebentar. Kedisiplinan dan kebiasaan seseorang memiliki peranan penting dalam menentukan kesuksesan seseorang. Bahkan dimulai dari kebiasaan kecil yang sering diabaikan setiap harinya. Sebab, usaha sekecil apapun yang kita lakukan, akan berdampak langsung pada kesuksesan di diri kita. Tetapi jangan khawatir! Dibawah ini, ada 6 kebiasaan orang sukses yang dilakukan setiap harinya. Jika kamu ingin sukses, mari cermati dan tiru kebiasaan ini.

1.Bangun 3 Jam Sebelum Jam Kerja
Saat hari masih sangat pagi, tentunya orang sukses sudah bangun dan mulai bersiap-siap menyambut hari barunya. Berdasarkan penelitian, 44% orang sukses bangun 3 jam sebelum jam kerja dimulai. Hal ini dilakukan agar mereka dapat memiliki waktu senggang yang cukup untuk mempersiapkan diri dan menenangkan diri sehingga mereka dapat memulai pekerjaan dengan kondisi dan suasana hati yang tenang. Selain itu jika mereka bangun lebih pagi, akan mendapatkan kesempatan yang lebih banyak karena mempunyai waktu yang lebih banyak.
Jika kita ingin sukses, kebiasaan ini haruslah kita terapkan setiap harinya. Ayoo semangat bangun pagi!!

2. Memiliki Target Harian
Orang yang sukses tidak memikirkan berapa lama ia harus bekerja hari ini, atau memikirkan kapan liburan tiba. Setiap harinya, sebelum pekerjaan dimulai, orang sukses sudah banyak berpikir tentang bagaimana membuat harinya berjalan dengan produktif atau bagaimana dapat menyelesaikan semua pekerjaan yang sudah menantinya. Bahkan, semua hal yang harus dilakukan hari ini, sudah diatur dengan jelas dihari sebelumnya.
Kemudian, membuat target harian sangatlah harus dilakukan. Sebab dengan adanya target harian, akan memotivasi seseorang untuk bekerja. Selain itu, dengan target yang jelas, seseorang dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan tepat waktu tanpa harus membuang-buang waktu untuk mengatur apa tujuan kita hari ini.

3. Tidak Pernah Berhenti Belajar
Ciri-ciri orang sukses yang paling terlihat yaitu keinginannya untuk selalu belajar. Maksud belajar disini bukan dalam bentuk sekolah, melainkan proses pembelajaran yang bisa dilakukan kapan saja, dimana saja, dan oleh siapa saja.
Semakin sering kita belajar, makan akan semakin luas wawasan yang kita miliki. Dengan memiliki wawasan yang luas ini tentu kita bisa berkomunikasi dan melakukan banyak hal.

4. Menambah Jaringan Pertemanan
Kebiasaan yang satu ini mungkin seringkali dianggap tidak penting oleh kebanyakan orang dan dianggap membuang-buang waktu. Namun sebenarnya, dengan menambah jaringan pertemanan, akan membuat kita semakin sukses. Kebanyakan orang cenderung melakukan bisnis dengan orang yang dipercaya saja.

5. Bergaya Hidup Sehat
Kesehatan memiliki dampak secara tidak langsung pada kesuksesan seseorang. Dengan tubuh yang sehat, tentu pikiran sesorang akan lebuh tenang sehingga banyak ide yang membuat kita semakin menuju pada kesuksesan. Karena dengan mempelajari hidup sehat, seseorang akan lebih jarang sakit, sehingga orang itu bisa lebih produktif dalam bekerja.

6. Lebih Banyak Membaca Daripada Menonton TV
Proses pembelajaran yang paling populer yaitu dengan membaca. Sebab dengan membaca, otak akan mengulang apa yang kita baca, sehingga memudahkan kita dalam mengingat informasi. Sebenarnya dengan menonton TV, seseorang juga bisa mempelajari sesuatu. Tetapi kebanyakan seseorang cenderung mencari tontonan yang bersifat hiburan.

Setelah menerapkan 6 kebiasaan diatas, itu tidak menjamin seseorang akan sukses. Tetapi dengan menerapkannya, kesempatan kita untuk menjadi orang sukses semakin besar. Sukses atau tidaknya seseorang bukan ditentukan oleh apa yang dilakukan orang lain. Melainkan semua itu ditentukan oleh diri sendiri.

Sumber :
3. https://www.cermati.com/
4. Buku Kewirausahaan “Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda”, Salemba Empat 2012, Jakarta (Universitas Mercu Buana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar