Rabu, Agustus 3

Inovasi Ciptakan Peluang

Kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan cara-cara baru dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang. Sedangkan inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan kreativitas dalam rangka pemecahan masalah dan menemukan peluang. Seorang wirausahawan harus memastikan bahwa kreativitas yang telah usang, harus ada solusi yang lebih kreatif lagi.

 Para peneliti mengatakan bahwa kreatifitas menyangkut keputusan-keputusan tentang apa yang anda inginkan, dan bagaimana anda melakukannya dengan lebih baik. Kreativitas dibedakan menjadi beberapa yaitu :
-          Membuat atau menciptakan, dimana penciptaan merupakan proses membuat sesuatu dari yang tidak ada menjadi ada.
-          Mengkombinasikan dua hal atau lebih yang sebelumnya tidak saling berkaitan, menjadi lebih bermanfaat.
-          Memodifikasi sesuatu yang memang sudah ada.
Sementara itu ada lima jenis inovasi yang penting dilakukan oleh seorang wirausaha, yaitu :
-          Pengenalan barang baru atau perbaikan barang yang sudah ada.
-          Pengenalan metode produksi baru.
-          Pembukaan pasar baru, khususnya pasar ekspor atau daerah yang baru
-          Penciptaan/pengadaan persediaan bahan mentah atau setengah jadi baru
-          Penciptaan suatu bentuk organisasi industri baru.

Pengusaha memang dituntut mempunyai inovasi dan kreatif. Khususnya dalam bisnis kuliner. Strawberry Cafe yang didirikan tahun 2004 di Tanjung Duren Barat, Jakarta Barat menjadi salah satu tujuan warga Jakarta yang ingin bersantai.

Pemilik Strawberry Café, Putra Priyadi pria kelahiran Jakarta 1982 nekat membangun bisnis warung Stroberinya meski di tempat yang kumuh dan langganan banjir. Kemauan yang kuat membuat dia tidak kenal menyerah. Pada saat itu masih banyak orang yang belum tahu tentang Warung Stroberi, agar usahanya bisa dikenal ia tidak sungkan untuk membagi-bagi brosur tentang tempat usahanya. Di tahun berikutnya, Putra merubah nama Warung Stroberi menjadi Strawberry Café. Ragam menu semakin banyak baik untuk minuman dan makanan. Selain menawarkan minuman yang khas stroberi disini juga menawarkan makanan khas Asian, Western, Italian dan lainnya. Strawberry Café juga menyiapkan game gratis untuk para pelanggannya. Jumlanya mencapai 500 game import. Harganya yang memang terjangkau untuk semua kalangan membuat setiap weekend selalu penuh bahkan para pelanggannya harus memesan tempat dahulu atau dengan waiting list di tempat.

Tuntutan untuk berinovasi dari pelanggan juga dialami oleh PT Ayam Mas. Dalam kurun waktu 30 Tahun sudah banyak inovasi dan perubahan yang dilakukan oleh PT Ayam Mas. Inovasi dilakukan karena permintaan pasar dan memang keinginan orang yang berbeda dan tidak menentu. Kemudian perkembangan zaman yang menuntut perubahan baik dari produsen dan konsumen. Beberapa inovasi yang dilakukan oleh PT Ayam Mas ketika awal berdiri yaitu meluncurkan beberapa produk seperti Sukro dengan rasa original, pilus, kacang telor. Namun seiring dengan keinginan pasar yang berubah hingga saat ini hanya Sukro rasa original yang dapat bertahan. Beberapa tahun terakhir PT Ayam Mas meluncurkan produk sukro dengan rasa balado dan dua produk lainnya yaitu pang-pang dan dolphin. PT Ayam Mas yang dahulu hanya memiliki sedikit karyawan sekarang memiliki sekitar 40 karyawan. Berkat inovasi yang dilakukan PT Ayam Mas dikarenakan pangsa pasar yang semakin berkembang dan kebutuhan akan makanan yang berbeda. PT Ayam Mas juga tidak menutup kemungkinan untuk terus ber inovasi agar tidak ketinggalan dari para pesaing yang sama usahanya dengan PT Ayam Mas, semakin banyak keinginan dari pangsa pasar yang berbeda.

Daftar Pustaka :
http://biografi-orang-sukses-dunia.blogspot.co.id/2013/10/biografi-putra-priyadi-kaya-raya-karena.html
“ Membangun Usaha Sukses di Usia Muda “

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.