Rabu, Agustus 3

Keluarga adalah Motivasiku



Sejak terlahir, kita senantiasa dalam comfort zone (daerah nyaman dan aman). Sehingga dapat dikatakan bahwa kewirausahaan bukan dilahirkan, melainkan dibangun. Para wirausaha jangan terjebak hanya dengan menjalankan bisnis yang tradisional dan tidak pernah berkembang.
Langkah awal yaitu mengubah cara pandang dan mindset kita.Pribadi wirausaha yang berhasil memiliki cirri-ciri sebagai berikut:
-       Berorientasi kepada tindakan dan memiliki motif yang tinggi dalam mengambil resiko untuk mengejar tujuan.
-       Dapat mendayagunakan kekuatan-kekuatan yang dimiliki dan mengurangi kelemahan-kelemahan yang ada
-       Mempunyai perilaku yang agresif dalam hal mengejar tujuan atau berorientasi kepada tujuan atau hasil
-       Mau belajar dari pengalaman dalam menjalankan perusahaan dari waktu ke waktu
-       Memupuk dan mengembangkan pribadi unggul secara terus menerus

Motivasi yang kuat juga ditunjukkan oleh salah satu pengusaha sukses asal Indonesia ini. Bob Sadino, siapa yang tidak kenal pengusaha nyentrik ini. Pemilik jaringan usaha kemfood dan kemchick yang juga berbisnis di bidang pangan dan peternakan. Beliau lahir di Lampung, tanggal 9 Maret 1933, wafat pada tanggal 19 Januari 2015. Bob lahir dari keluarga yang hidup berkecukupan. Ketika orangtuanya meninggal dia mewarisi seluruh kekayaan orangtuanya, karena saudara lainnya dianggap sudah mapan. Bob Sadino menetap di Belanda kurang lebih 9 tahun. Pada tahun 1967, Bob dan keluarga kembali ke Indonesia. Ketika kembali ke Indonesia Bob membawa serta 2 Mercedesnya yang kemudian 1 dijual untuk beli tanah di Kemang dan yang 1 lagi untuk dia membuka usaha jasa menyewakan mobil dengan dia sendiri sebagai supinya. Namun dia mengalami kecelakaan dan mengakibatkan mobilnya rusak parah.

Karena tidak punya uang untuk memperbaikinya, Bob beralih pekerjaan menjadi tukang batu. Gajinya untuk menjadi tukang batu saat itu Rp 100, ia pun mengalami depresi karena tekanan ekonomi. Suatu hari temannya menyarankan Bob memelihara ayam. Kemudian dari memelihara ayam muncul inspirasi untuk beternak ayam. Mulailah Bob dan istrinya menjual beberapa kilogram telor ayam.Pelanggannya sendiri banyak dari kalangan orang asing. Motivasi yang tinggi dan semangat untuk bertahan hidup serta tekad mengejar kesuksesan adalah tujuan Bob berbisnis. Tidak jarang Bob beserta istrinya dimaki pelanggan, babu orang asing. Namun mereka tidak marah tapi semakin memicu untuk memperbaiki pelayanan. Lama kelamaan bisnis Bob berkembang dan akhirnya dia menjadi pemilik tunggal super market Kem chicks. Kemudian bisnisnya juga merambah ke agrobisnis khususnya hotikultura.

Banyak yang bisa kita tiru dari kisah Bob Sadino, bagaimana beliau mencoba untuk bertahan hidup hingga bagaimana dia membangun perusahaan Kemfood dan Kemchick. Ternyata memang keberhasilan bukanlah hasil yang dibangun hanya dalam semalam saja ataupun sesuatu yang Instant. Sepeninggal beliau selain mewariskan perusahaannya yang sudah berjalan juga meninggalkan beberapa kata-kata motivasi yang sampai saat ini banyak orang yang memakai juga sebagai motivasi untuk dirinya sendiri demi memacu kehidupan yang lebih baik dan berhasil. Memang kutipan motivasinya seperti "Orang goblok sulit dapat kerja akhirnya buka usaha sendiri. Saat bisnisnya berkembang, orang goblok mempekerjakan orang pintar" terdengar agak kasar namun bila kita cermati lebih mendalam kita akan setuju dengan motivasi beliau. Awal PT. Ayam Mas berdiri juga tidak langsung berhasil, itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan perjuangan yang berat. Dalam sebuah usaha tidak mungkin kita tidak menemukan halangan ataupun belum berhasil pada awalnya. Jangan menyerah itu juga menjadi kunci dalam menjalankan usaha. Motivasi dari beliau yang mengandaikan kita adalah seorang yang goblok bukan berarti kita benar-benar bodoh. Namun mengartikan kalau kita ini dalam memulai suatu usaha yang dari awal sudah wajar apabila tidak mengerti ataupun sering salah, namun kita harus tetap berusaha agar sukses. Salah satu motivasi yang lain dari Bob Sadino "Orang pintar maunya cepat berhasil, padahal semua orang tahu itu impossible! Orang goblok cuma punya satu harapan, yaitu hari ini bisa makan". Motivasi itu juga yang menjadikan orang tua saya semakin bersemangat untuk menjalankan bisnis ini, karena setiap manusia pada umumnya membutuhkan apa yang disebut makanan. Dengan tanggungan anak-anak membuat orang tua saya tidak menyerah dalam menjalankan bisnisnya.

Daftar Pustaka :

“ Membangun Usaha Sukses di Usia Muda “


Tidak ada komentar:

Posting Komentar