Rabu, Agustus 3

Bisnis ala orang Tionghoa

Ketika kita berbicara tentang bisnis tidak bisa lepas dari budaya juga. Setiap Negara dan tempat selalu berbeda cara dalam hal berbisnis contohnya kita akan membahas Budaya bisnis orang Cina.

Kata budaya berasal dari kata buddhayah yang artinya segala daya dan kegiatan manusia untuk meningkatkan kesejahteraannya. Berikut adalah budaya bisnis orang Cina :

1.    Orang Cina rela bangun pagi dan terus bekerja sampai malam hari untuk mencapai keberhasilan
2.    Apabila orang Cina mengatakan akan berdagang, mereka biasanya tidak akan berpikir panjang untuk melakukannya.
3.    Kegagalan pertama tidak dapat melunturkan semangat. Sebaliknya, akan membuat lebih gigih.
4.    Apabila melibatkan diri dalam kegiatan perdagangan, kita harus menetapkan tujuan untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang.
5.    Budaya dagang Cina mengutamakan hal penting, siapa cepat dia dapat.
Sistem perdagangan yang dianut orang Cina adalah sistem perdagangan yang berorientasi pada pelanggan. Pengertian sistem dalam hal ini menunjukkan interaksi atau keterkaitan antara pelaku usaha atau dengan bagian lain dalam suatu usaha. Secara singkat, sistem bisnis Cina dapat dijelaskan sebagai berikut :
1.    Orang Cina mengizinkan pelanggannya membuat pilihan sendiri tanpa ada tekanan dari pemilik.
2.    Sukses bisnis tidak menggunakan jalan pintas.
3.    Pelanggan lama diberikan kebebasan dan pelayanan yang istimewa sedangkan pelanggan baru diiming-imingi dengan potongan harga dan kemudahan kredit.
4.    Pekerja dalam sistem bisnis Cina adalah bagian yang tidak terpisahkan dari entitas bisnis.

Membicarakan tentang bisnis budaya orang Cina kita bisa ambil contoh dari kisah sukses salah satu produk rokok yang sudah ada sejak 1958 yaitu Gudang Garam. Pendiri Gudang Garam sendiri yaitu Surya Wonowidjoyo adalah seorang yang pengusaha keturunan Cina. Tjoa Jien Hwie atau Surya Wonowidjoyo lahir di Fujian Cina pada tanggal 15 Agustus 1923 dan meninggal pada 29 Agustus 1985. Surya berimigrasi pada saat berumur 3 tahun bersama keluarganya ke Indonesia.  Pada usia 35 tahun, ia mendirikan perusahaannya sendiri, pabrik rokok Gudang Garam di Kediri, Jawa Timur. Konon pemberian nama Gudang Garam diperolehnya dari mimpi. Pada tahun 1966 Gudang garam telah tercatat sebagai pabrik kretek terbesar di Indonesia.

Surya Wonowidjoyo bekerja keras untuk meraih kesuksesan tersebut. Walaupun tanpa modal yang besar dia bisa menjadi sukses. Dia hanya mengandalkan kerja keras. Contohnya seringkali dia meninggalkan pabrik pada dinihari sebagai bentuk kerja kerasnya beliau. Pada tahun 1985 Surya meninggal dunia  dan mewariskan kepada anaknya Susilo Wonowidjoyo perusahaan Gudang Garam. Pada tahun 2001 Gudang Garam sudah memiliki enam pabrik di atas lahan seluas 100 Hektare, memiliki 40.000 buruh dan sekitar 3000 karyawan tetap. Siapa yang bisa menyangka seorang imigran yang bisa akan menjadi pengusaha sukses di Indonesia hanya dengan modal kerja keras dan kemauan yang ulet serta pantang menyerah.
Dari kisah singkat salah satu pengusaha sukses dari Indonesia memberikan kita gambaran sedikit tentang dengan kemauan yang kuat dan gigih setiap orang akan bisa sukses asalkan bisa tekun juga dalam bekerja. Surya Wonowidjojo yang memang ada keturunan dari Cina memberikan contoh kepada kita darimana kesusksesan itu dia dapatkan. Beberapa cara bisnis orang Cina yang pasti dilakukan juga oleh Surya Wonowidjojo seperti Bekerja minimal 18 jam sehari, untuk dapat menjadi pengusaha sukses. Sebagian keuntungan harus disimpan untuk mengembangkan kegiatan perdagangan dan menghadapi kemungkinan apapun yang diluar dugaan, sebagian digunakan untuk modal kerja.

Orang Indonesia harus banyak belajar dari bisnis yang dilakukan orang Cina, Orang tua saya memang ada keturunan dari Cina, hingga untuk pengelolaan perusahaan juga menggunakan dasar dan prinsip orang Cina berbisnis. Salah satu yang membuat usaha orang tua bisa berhasil yaitu pebisnis harus memiliki daya tahan, mental dan jiwa yang kuat. Pebisnis harus bisa tahan banting dengan segala hal dan jangan mudah menyerah. Banyak sekali yang bisa kita ikuti dari beberapa cara orang Cina berbisnis.


Daftar Pustaka :


“ Membangun Usaha Sukses di Usia Muda “
                       

                                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar