Rabu, Agustus 3

Peluang untuk pengusaha muda





Ferry Unardi mungkin kurang familiar bagi kita. Tapi kita pasti sering mendengar webstite booking pesawat yang didirikannya yaitu Traveloka. Latar belakang Ferry yang bukan berasal dari entrepreneurship namun lebih sebagai Engineer. Awal Ferry terjun ke dunia entrepreneur ketika dia sering pulang pergi kampung halamannya di Padang.

Dia merasakan betapa susahnya pesan tiket untuk pulang. Saat itu dia berumur 23 tahun ketika memulai perjalanan awal merintis Traveloka. Awalnya Traveloka hanyalah sebuah platform flight search dan aggregator penerbangan.Pada tahun 2013 Traveloka berubah menjadi situs reservasi (pemesanan) tiket pesawat. Permasalahan muncul karena banyak maskapai penerbangan yang tidak bersedia bekerjasama dengan Traveloka. Namun pada akhirnya Ferry bisa meyakinkan perusahaan maksapai penerbangan dan juga memperbaiki sistem layanan pelanggan.

Beberapa kekuatan positif yang dimiliki kaum muda seperti Ferry untuk berhasil seperti :
1.  Daya nalar dan sistematika yang cukup baik.
2.  Kemampuan fisik yang prima. Anak muda memiliki kemampuan fisik yang prima sehingga mobilitas menjadi mudah
3.  Kreativitas yang tinggi dan lahirnya inovasi
4.  Usia berkisar 18-25 tahun memiliki semangat besar untuk meraih mimpi

Selain itu banyak yang bisa kita pelajari dari kisah Ferry seperti: 
1. Semangat pantang menyerah dan kerja keras.
2. Setiap pebisnis harus memiliki insting. Tahu kapan waktu yang pas untuk masuk dalam bisnis tersebut.
3.  Kita harus memberikan yang terbaik untuk pembeli.

 Begitu juga dengan usaha Sukro yang dirintis oleh orang tua saya yang sedari beberapa tahun yang lalu. Awalnya memang tidak berjalan sesuai kemauan dan belum bisa langsung sukses. Pada awal  orang tua mendirikan usaha ternyata gagal, namun perlahan orang tua mengubah bisnis dari roti ke sukro. Awal dari mendirikan pabrik sukro juga tidak langsung sukses. Konsumen yang memang masih kurang paham tentang sukro membuat kesulitan dalam pemasarannya. Namun pada saat itu orang tua tidak putus asa dengan keadaan yang agak sulit, resiko sukro tidak laku sudah sering membayangi setiap hari. Namun semangat yang pantang menyerah membuat orang tua gigih dalam menawarkan produk kepada pasar-pasar di sekitar daerah Serang dan Tangerang. Akhirnya memang membuahkan hasil setelah beberapa tahun yang panjang. Dukungan dari keluarga juga sangat membantu ayah saya untuk lebih semangat lagi dalam menjalankan bisnis ini. Tekun,ulet, kerja keras dan pantang menyerah  memang harus dipunyai oleh seorang pengusaha yang ingin sukses.

Kesuksesan bukan hasil dari semalam saja namun itu berkat ketekunan seseorang untuk mencapainya. Seorang Ferry Unardi menjadi contoh nyata untuk kita bahwa sukses tidak datang secara instant. Itulah juga yang mendorong saya untuk mencoba membantu orang tua dalam menjalankan usaha sukro yang dilakukan oleh orang tua saya selama ini.

Daftar Pustaka :

“ Membangun Usaha Sukses di Usia Muda “


Tidak ada komentar:

Posting Komentar