Sabtu, Agustus 13

Jadi Konsultan Sukses

Anda ingin jadi konsultan sukses lakukan beberapahal berikut ini :

DATANGI CALON KLIEN
Mendapatkan klien merupakan sumber hidup seorang konsultan. Untuk mendapatkannya, Anda harus menyadari pasaran dari bidang keahlian yang Anda miliki, dan harus mencari sendiri perusahaan-perusahaan yang memerlukan jasa Anda. Jika sudah memiliki kenalan dan jaringan di kalangan industri, Anda hanya tinggal mengangkat telepon dan menawarkan jasa Anda.
Sebaliknya, bagi yang tidak memiliki jejaring luas, mendaptkan klien akan sedikit lebih sulit. Jadi, buatah daftar prospek sasaran dan tindak lanjuti secara teratur. Bersiap-siaplah menelepon atau mendatangi langsung klien Anda. Sebelumnya, lakukanlah penelitian terlebih dulu.
Ingat, tawaran yang baik haruslah memberikan konsultasi dan menawarkan proposal yang spesifik. Jika Anda sudah mengatur pertemuan pertama, jangan lupa untuk mengembangkannya bagi klien lain yang potensial, dan tangkap keinginan mereka, serta berapa lama waktu yang mereka inginkan untuk diselesaikan.

CARI KLIEN TETAP
Anda tentu perlu biaya untuk menjalani hidup. Jadi, jika Anda memulai sebagai konsultan, pusatkan perhatian, paling tidak untuk mendapatkan sepasang klien tetap yang akan memberikan cukup pekerjaan agar Anda dapat menjalankan kehidupan, atau paling tidak membuat Anda sibuk dan mendapatkan penghasilan tetap. Tanpa klien tetap, Anda hanya akan membuang banyak waktu dalam menghadapi calon klien yang masih harus diprospek.

PILIH BIDANG SPESIFIK
Untungnya, jika Anda memutuskan menjadi konsultan dan mulai mencari klien, artinya Anda siap menentukan bidang yang digeluti, yang sesuai dengan ambisi Anda. Tentu saja, bidang yang Anda tekuni haruslah jelas. Sebab, seberapa pun luasnya jaringan yang Anda miliki, klien akhirnya akan menetapkan pandangannya terhadap kinerja Anda.
Namun, jika Anda memiliki pengalaman sekolah di luar negeri, Anda mungkin tertantang untuk memposisikan diri sebagai konsultan bisnis. Namun, hal ini bisa membahayakan karena akan membuat Anda lupa akan inti kompetensi, yaitu keahlian di dalam mengoptimalkan rangkaian penyedia jasa, yang dapat memberikan tawaran lebih tinggi.

BANGUN KEPERCAYAAN
Mengapa klien harus memercayai Anda? Jika para klien harus membayar mahal, tentu Anda perlu memberikan alasan yang masuk akal. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kepercayaan adalah dengan menyediakan diri sebagai relawan, di tempat atau forum yang kemungkinan publisitasnya tinggi.
Misalnya, jika keahlian pribadi Anda di bidang pelatihan penjualan, Anda harus secara sukarela menjadi pembicara di berbagai universitas, televisi, majalah, atau radio. Sebab, tanpa kepercayaan yang tepat, sulit bagi Anda untuk memenangkan bisnis.
Menempatkan diri di mata publik merupakan cara terbaik dalam membangun kredibilitas. Lalu, buatlah suara Anda terdengar oleh wartawan atau pencari berita. Jadi, Anda harus bersikap proaktif.

GAMBARKAN STRUKTUR KOMPENSASI
Coba temukan win-win solution. Banyak perusahaan enggan membayar konsultan baru karena khawatir biaya yang harus dikeluarkan tidak sesuai dengan hasil yang diperoleh. Mereka pun gelisah akan kenaikan biaya, krisis waktu, atau perubahan yang berakibat pada pengeluaran besar lainnya.
Jadi, memberikan gambaran struktur kompensasi yang kreatif sangat penting jika Anda baru saja memulai di perkancahan konsultan industri. Tanpa catatan keberhasilan yang kuat, Anda akan mengalami kesulitan dalam memberikan tarif tinggi per jam, terutama jika baru dimulai.
Salah satu ide adalah dengan meminjam halaman dari profesi hukum, lalu ganti persentase berdasarkan keberhasilan tingkatan klien Anda. Banyak, lho, perusahaan hukum yang mengenakan tarif tergantung pada keberhasilan di ruang pengadilan, dan mereka mencetak uang lebih banyak melalui cara ini.
Jika Anda cukup pintar, negosiasikan persentase tinggi yang tercantum, yang akan memberikan lebih banyak lagi daripada harga flat yang Anda tawarkan. Jika Anda mengenakan tarif berdasarkan tingkat keberhasilan, hal ini akan menguntungkan Anda maupun klien.

SIAPKAN PROPOSAL
Apa yang akan Anda presentasikan? Berikan gambaran cerah atas hasil yang akan Anda berikan, dan cobalah untuk tidak malu atau sungkan soal tarif. Biasanya, orang akan memikirkan soal tarif di awal pertemuan. Mereka pasti akan bertanya, “Seberapa besar Anda akan ‘mengeruk’ uang saya?”
Jika Anda telah menyiapkan gambaran struktur kompensasi dengan jelas dan bagus, Anda akan membuat calon klien tak perlu khawatir soal tarif yang akan dikeluarkan atas manfaat yang akan mereka dapatkan dari jasa Anda.
Ingat, poposal yang Anda buat haruslah spesifik. Janji peningkatan yang dibuat secara abstrak tak akan memenangkan bisnis. Hanya proposal yang konkritlah yang akan memenangkan bisnis. Latih proposal Anda di depan orang lain, sampai terasah dan terpoles dengan baik.

SEGERA DAPATKAN KLIEN
Sebagai konsultan, manfaat yang Anda tawarkan kepada klien sebaiknya diwujudkan oleh usaha dan hasil yang diraih secara pribadi, serta mampu memberi kesuksesan bagi bisnis mereka. Anda pun perlu memotivasi diri karena tak seorangpun yang akan membantu Anda untuk bisa tetap bekerja.
Menjadi konsultan memang tak mudah, tetapi jelas dapat menguntungkan. Jadi, tentukan apakah Anda bisa melakukannya. Begitu Anda memutuskan untuk menggelutinya, gunakan sejumlah tips di atas tadi. Dan yakinkan diri Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar