Agustus 05, 2016

PERSIAPAN PRIBADI PENGUSAHA MUDA



               
Persiapan pribadi pengusaha muda
Mempersiapkan diri untuk menjadi pengusaha muda
Dengan berpedoman pada prinsip-prinsip jika orang lain mampu, saya pun mampu, pada dasarnya kita semua bisa berhasil mengembangkan usaha sesuai dengan kemampuan dan keahlian kita. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk menjadi pengusaha muda, yaitu kepribadian, ketrampilan, kekuatan, dan kemauan merealisasikan mimpi menjadi kenyataan.

Membangun kepribadian pengusaha muda

Keberhasilan sebuah usaha sangat ditentukan oleh sosok pribadi pengusaha. Membangun kepribadian merupakan hal yang mutlak bagi keberhasilan sebuah usaha. Kepribadian yang matang memudahkan kita untuk mengenal diri sendiri, memahami perubahan sikap mental dan menyesuaikan diri dengan orang lain.
Berikut merupakan hal yang terkait dengan usaha membangun kepribadian :
a.       Mengenal diri sendiri
Pengena;an diri sendiri diperlukan untk menuntun pengusaha dalam menemukan, menentukan, dan menjalani profesi sebagai pengusaha. Ada beberapa hal yang harus dibangun terkait dengan mengenal diri sendiri, yaitu :
*      Mengenal karakter pribadi
Untuk menjadi sukses, seorang pengusaha paling tidak harus mempunyai karakter pribadi yang bermotivasi tinggi, suka mencari tantangan, tidak Judah putus asa, dan suka bergaul dengan orang lain.
*      Mengenal Bakat dann kemampuan
Usaha yang berhasil biasanya terkait dengan mutu barang dan jasa yang dihasilkan. Untuk menghasilkan barang dan jasa terbaik diperlukan adanya bakat dan kemampuan. Ada orang yang terlahir dengan bakat tertentu, sehingga ketika dia berusaha sesuai dengan bakatnya tersebut dapat menghasilkan barang /jasa yang berkualitas.
b.      Mempersiapkan Perubahan Sikap Mental
Salah satu yang dihadapi pengusaha muda adalah adanya ketidak pastian, sedangkan seorang pegawai sudah bekerja dengan ketentuan. Oleh sebab itu, bagi pengusaha muda harus mempersipakan perubahan sikap yang terdiri atas :
*      Siap menghadapi ketidak pastian.
Ada usaha yang dapat memperkecil ketidakpastian yaitu dengan membuat perencanaan usaha yang baik, detail, dan realistis. Perencanaan yang baik akan mengurangi ketidakpastian.
*      Siap mengatakan “Bisa”
Seorang pengusaha pantang mengatakan “Tidak Bisa” sepanjang pelanggan bersedia membayar, maka menjadi kewajiban pengusaha untuk memenuhinya.
*      Siap bekerja keras, tekun, sabar
Sering kali usaha yang baru dimulai dari skala yang kecil, Sehingga ketekunan, kesabaran, dan kerja keras menjadi syarat yang mutlak.
*      Berani mengambil resiko dan jangan sampai rugi.
Setiap hal yang menguntungkan pasti memiliki resiko dan tidak ada keuntungan yang tanpa resiko, sehingga memulai usaha baru pasti memiliki resiko. Berani mengambil resiko merupakan sikap mental yang diperlukan oleh pengusaha


Kisah Sukses Pengusaha Muda

Seorang anak muda dari Thailand yang bernama Aitthipat Kulapongvanich atau yang akrab disapa dengan sebutan Top. Kala itu diusianya yang baru menginjak 16 tahun, Top dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri, bahkan dapat membeli sebuah mobil dari sumber pemasukannya yang berasal dari transaksi jual beli karakter dan equipment game online


Sumber :
 Nurmaerlina.wordpress.com
                               Komvisi10ikha.blogspot.co.id

                                Monicaiza1.blogspot.co.id
                                www.maxmanroe.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar