Sabtu, Agustus 6

KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM BERWIRAUSAHA



KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM BERWIRAUSAHA

 TUNTUTAN KREATIVITAS
Menpertahankan eksistensi usaha harus diiringi upaya mencari sesuatu yang baru dan mengembangkan apa yang sudah ada agar menjadi lebih baik lagi. Dan seorang wirausahawan harus memastikan bahwa kreativitas yang selama ini dilakukan, bila telah usang atau tidak terpakai lagi.


Para peneliti telah membedakan tipe kreativitas dalam kehidupan sehari-hari, yaitu :
1.     Membuat atau menciptakan, yaitu proses membuat sesuatu dari tidak ada menjadi ada.

2.    Mengombinasikan dua hal atau lebih yang sebelumnya tidak saling berkaitan menjadi lebih bermanfaat.
3.  Memodifikasikan sesuatu yang memang sudah ada. Proses ini menggunakan berbagai cara untuk membentuk fungsi-fungsi baru atau menjadikannya sesuatu menjadi lebih berguna bagi orang lain.
 Kreativitas sangat penting sekali karena dapat memberikan sumbangan keberhasilan pada suatu usaha. Kebanyakan dari kita merasa apa yang sekarang ada tidak perlu di perbaiki karena akan membuang waktu dan tenaga secara percuma. Pendapat ini merupakan sebuah kekeliruan,karena jika kita hanya berdiam diri, maka kita akan dikalahkan oleh para pesaing dengan mudahnya.
HAMBATAN dn TEHNIK MENINGKATKAN KREATIVITAS
Ø  HAMBATAN KREATIVITAS
Hambatan kreativitas adalah sebagai dinding atau bangunan mental yang menghambat kita untuk memahami atau menemukan pemecahan atas suatu masalah.
Secara rinci, hambatan-hambatan kreativitas dapat di jelaskan sebagai berikut;
o   Hambatan psikologis
hambatan ini membuat seseorang menjadi tidak bebas dalam mengeksploitasi dan mengubah gagasan, mengalami halangan dalam mengekspresikan kemampuan konseptual, dan kurang mampu berkomukasi dengan baik. Perlu pula kita ketahui bahwa hambatan-hambatan ini terutama dikarenakan kebanyakan dari kita telah mengikuti proses pendidikan, baik formal maupun informal, yang sangat menekankan pentingnya satu jawaban yang benar.
o   Hambatan budaya
salah satu hambatannya adalah adanya keseragaman berpikir atau ‘pemujaan’ terhadap cara berpikir logis dan rasional. Hal ini akan menghambat penyelesaian yang bersifat intuitif atau menggunakan perasaan.
o   Hambatan lingkungan
Lingkungan dapat berbentuk fisik dan sosial. Lingkungan sosial seperti ; sekolah , dimana guru-guru sangat khawatir untuk mencoba gagasan-gagasan baru, akan menghambat kreativitas. Lingkungan fisik seperti; sesuatu yang paling mudah untuk diatasi, misalnya tata letak ruang kerja kita dapat di atur sedemikian rupa agar dapat mendukung situasi kerja yang produktif dan kreatif.
o   Hambatan bahasa berfikir
Kita mempunyai banyak ragam bahsa yang digunakan utnuk menyelesaikan suatu masalah, misalnya bahasa lisan, matemati, visual, dan bahasa penginderaan lainnya.
o   Hambatan keterpakuan fungsional
Hambatan ini bersumber pada kebiasaan kita untuk memfungsikan peralatan,orang, ataupun tehnologi hanya dengan satu cara.
o   Hambatan kebiasaan memandang
Kebiasaan memandang suatu benda atau alat adalah salah satu penghambat kreativitas.
Ø  TEHNIK MENINGKATKAN KRETIVITAS
Cara umum meningkatkan kreativitas adalah dengan mengubah pola pikir dan proses bertindak. Walaupun demikian, berbagai riset telah dilakukan untk mencari cara-cara meningkatkan kreativitas dalam proses pemecahan masalah.
PENTINGNYA INOVASI
Inovasi adalat alat spesifik bagi pebisnis/ wiraswasta, dimana suatu alat untuk memanfaatkan perubahan sebagai peluang bagi bisnis yang berbeda atau jasa yang berbeda. Inovasi didefinisikan sebagai perubahan (ide besar) dalam sekumpulan informasi yang berhubungan diantara masukan dan luaran. Inovasi membutuhkan perubahan, tetapi berubah belum tentu berinovasi.

Orientasi pasar dapat diukur dengan daya beli yang merupakan akhir kegiatan usaha., oleh karenanya didalam pemanfaatan teknologi tepat guna, efektifitas dan efisiensi usaha, inovási dalam usaha dipandang sebagai langkah tepat dalam penciptaan perubahan. Dengan terlebih dahulu melihat adanya kesempatan peluang usaha, baik dalam melakukan perubahan usaha atau usaha baru, para pelaku bisnis/ usaha akan mengadopsi berbagai masukan dan keluaran guna tampil sebagai pencipta keunggulan yang spesifik.

Bentuk- bentuk  Inovasi:
Untuk melakukan inovasi ada berbagai macam cara bentuk , yang secara umum dikelompokkan menjadi 4 (empat) type yaitu :
1.             Inventation, dengan menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa produk maupun jasa.
2.            Extension, dengan mengembangkan produk atau jasa yang sudah ada.
3.            Duplication, dengan cara membuat duplikat disertai tambahan usha kreatif untuk bisa menyaingi pesaing yang ditiru.
4.            Synthesis, dengan cara menggabungkan bermacam-macam gagasan yang sudah ada menjadi sesuatu formulasi baru.
Untuk menjadi seorang seorang wirausaha yang handal dan tangguh, inovasi merupakan alat untuk memperoleh manfaat atau keuntungan. Karena inovasi merupakan alat yang digunakan untuk tidak sekedar melakukan perubahan, tetapi lebih dari itu, yaitu untuk mengekploitasi suatu perubahan dan mengambil manfaat dari perubahan tersebut.

MENGEMBANGKAN INOVASI

Mengembangkan inovasi dan bisnis ibarat dua sisi dari sekeping mata uang. Inovasi adalah kreativitas yang diterjemahkan menjadi sesuatu yang dapat diimplementasikan dan memberikan nilai tambah atas sumber daya yang kita miliki. Sifat inovasi dapat ditumbuh kembangkan dengan memahami bahwa inovasi adalah suatu kerja keras, terobosan , dan kaizen ( perbaikan terus menerus). contoh inovasi yang menggemparkan dan paling spektakuler adalah alat pemutar musik digital ipod dari apple  computer.
Kita ambil contoh kisah nyata dari  “Yasa Singgih”

Terlahir dari keluarga biasa-biasa saja, anak kelahiran 1995 ini memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis sejak sangat belia. Sejak berusia 15 tahun, setelah ayahnya terkena serangan jantung dan harus dioperasi, ia mulai mencari uang sendiri dengan menjadi pembawa acara di berbagai acara ulang tahun dan musik. Selain itu, masih di usia yang sama, ia mulai berbisnis online dengan menjual lampu hias, namun tidak bertahan lama karena persoalan pemasok. Setahun kemudian, di usia 16 tahun, Yasa beralih ke bisnis mode. Sempat jatuh bangun dan diremehkan orang, hingga rugi ratusan juta rupiah dari berbagai bisnis, sebelum akhirnya ia berhasil membangun brand pakaian sendiri dengan mengusung nama Mens Republic. Selain itu, ia juga mengelola usaha konsultasi manajemen bernama MS Consulting serta kompleks perumahan dalam bentuk kavling tanah di Bogor.

HAK PATEN

Pengertian Hak Guna Paten
Pengaturan secara formal dalam suatu hubungan / cara bisnis, dimana perusahaan franchise (pemilik hak guna paten) memberi hak istimewa kepada franchisee (perusahaan pengguna hak guna paten), untuk menggunakan nama, logo, produk, prosedur operasi, dsb .

Resiko Investasi Dalam Usaha Franchising
Perusahaan franchisee menghadapi resiko yang relatif lebih rendah (lebih terukur)
Perusahaan franchisee dibebani :
a. Pajak
b. pembayaran royalti
c. kurang bebas dalam pengelolaan/pengoperasian
d. perusahaan Franchisor (pemilik hak guna paten) mungkin bertindak sebagai penyalur tunggal dari beberapa perlengkapan

Jenis-jenis hak guna paten (franchise)
1. Franchise untuk mendistribusikan hasil produksi
2. Franchise yang menawarkan nama, citra, metode menjalankan usaha, dll
3. Franchise yang menawarkan jasa seperti agen pribadi, konsultasi pajak dan real estate





Tidak ada komentar:

Posting Komentar