Jumat, Agustus 5

MEMANFAATKAN AFIRMASI


Afirmasi adalah kekuatan pikiran bawah sadar. Apa saja yang kita dapatkan hari ini, baik disadari maupun tidak, sebenarnya merupakan hasil dari proses kekuatan alam bawah sadar kita.
Memamng tidak banyak orang yang menyadari bahwa dengan mengelola alam bawah sadar akan menghasilkan kekuatan yang tidak terhingga. Yakinlah apa yang kita dapatkan hari ini sebenarnya sudah pernah kita bayangkan sebelumnya atau pernah terlintas dalam otak, imajinasi, atau bahkan dalam mimpi walau hanya sesaat. Sudah tentu bukan berarti menjadikan kita hanya sebagai penghayal tanpa melakukan kegiatan atau aktivitas apapun.

            George W. Ladd, seorang ahli ekonomi dari Iowa State University yang menulis buku berjudul Artistic Reaserch Tools for Scientific Minds, mengemukakan suatu pemikiran yang menarik melalui proses mental bawah sadar berupa imajinasi dan intuisi yang dapat membantu kemajuan usaha. Proses mental bawah sadar dapat membantu kita melaksanakan kegiatan sehari-hari. Banyaknya gagasan berasal dari proses pikiran bawah sadar, namun tidak semua orang bias memanfaatkannya. Kerugian yang didapat bila pikiran/gagasan yang muncul saat ini tidak segera dimanfaatkan adalah pikiran/gagasan tersebut belum tentu muncul lagi di masa yang akan datang.
            Demikian juga bila kita berfokus pada keinginan untuk menjadi pengusaha , kapanpun, dimanapun pikiran kita akan mengarah pada tujuan tersebut. Secara otomatis gagasan usaha kita akan bermunculan. Kita akan merasa begitu banyak peluang bisnis yang dapat dikerjakan.  Kita seakan melihat orang-orang yang begitu mudah menjalankan bisnis dan kita merasa tergerak untuk segera menirunya. Meniru dalam arti bukan copycat, tetapi meniru dalam arti kita mengikuti jejaknya untuk berwirausaha dan menjadi sukses.
            Pikiran manusia dapat dikelompokkan menjadi dua pikiran: pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Pikiran bawah sadar memiliki kekuatan yang sangat besar. Dr. Brian Tracy, seorang ahli psikologi dan motivator terkenal sebagaimana dikutip Andrew How dalam buku Highway to Success, mengatakan bahwa pikiran bawah sadar memiliki kekuatan 30 ribu kali lipat pikiran sadar.Tapi sayangnya, kebanyakan manusia hanya menggunakan kira - kira 10% dari pikiran bawah sadar itu.
            Hal ini sudah dibuktikan oleh Jody pemilik Waroeng Steak and Shake. Ia bertekad tidak bisa hidup hanya datar begini-begini saja, menjadi karyawan dengan gaji seadanya. Ia menanamkan afirmasi positif didalam pikirannya bahwa ia harus berwirausaha dan berhasil. Dan terbukti dengan semakin berkembangnya usaha Waroeng Steak and Shake miliknya.
Ingin tahu kisah selanjutnya? Klik disini....
Sumber:
Suharyadi, Arissetyanto Nugroho, dkk. 2004. Kewirausahaan Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta: Penerbit Salemba Empat. (1 Agustus 2016)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar