Kamis, Agustus 4

Membangun keperibadian pengusaha muda

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan untuk menjadi pengusaha mud, yaitu keperibadian, keterampilan kekuatan, dan kemampuan merealisasikan mimpi menjadi kenyataan.
Membangun keperibadian pengusaha muda
Keberasilan sebuah usaha sangat di tentukan oleh sosok keperibadian sang pengusaha. membangun keperibadian merupakan hal yang mutlak bagi keberhasilan sebuah usaha. Dengan persiapan yang memadai, ketika dapatmenjadi lebih siap dengan tidak mudah putus asa saat gagal dan tidak mudah trpusakan saat berhasil. keperibadian yang menatang memudahkan kita untuk mengenal diri sendiri, memahami perubahan sikap mental, dan menyesuaikan diri dengan orang lain.
Berikut merupakan beberapa hal yang terkait dengan usaha membangun keperibadian:
1. Mengenal diri sendiri
Pengenalan diri sendiri diperlukan untuk menuntut pengusaha dalam menemukan, menetukan, dan menjalani profesi sebagai pengusaha. Dengan semakin mengenal diri sendiri, maka peluang untuk mengambil tindakan yang salah akan semakin kecil. Ada beberapa hal yang harus di bangun terkait dengan mengenal diri sendiri, Yaitu:
a. Mengenal krakter pribadi
Untuk menjadi sukses, seorang pengusahapaling tidak harus mempunyai krakter pribadi yang bermotivasi tinggi, suka mencari tantangan, tidak mudah putus asa,dan suka bergaul dengan orang lain.
b. Mengenal bakat dan kemampuan
Usaha yang berhasil terkait dengan mutu barang dan jasa yang dihasilkan.
2. Mempersiapkan perubahan sikap mental
Ada beberapa kondisi yang membedakan antara seorang pengusaha dan pegawai.Salah satunya yang di hadapi pengusaha adalah ketidakpastian. sedangkan seorang pegawai sudah bekerja sesuai dengan ketentuan. Oleh sebab itu, bagi pengusaha muda harus mempersiapkan perubahan sikap yang terdiri atas:
a. Siap menghadapi ketidakpastian
Seorang pengusaha akan menghadapi ketidak pastian, misalnya berupa pemasukan setiap harinya.
b. Siap mengatakan "Bisa"
Seorang pengusaha pantang mengtakan "Tidak Bisa" sepanjang pelanggan bersedia membayarnya.
c. Siap bekerja keras, tekun dan sabar
sering kali usaha baru di mulai dari skala yang kecil, sehingga ketekunan, kesabaran, dan kerja keras menjadi syarat mutlak.
d. Berani mengambil resiko
Setiap hal yang menguntungkan pasti memiliki resiko dan tidak ada keuntungan yang tanpa resiko.

Sumber : Buku Kewirausahaan "Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda"
Penerbit : Salemba Empat
http://www.penerbitsalemba.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar