Minggu, Agustus 7

Mengawali Bisnis Diusia Muda

Mengawali Bisnis Diusia Muda
Tidak ada pernah kata terlalu muda untuk memulai usaha. Jadi saat kita sudah memiliki kompetensi  yang cukup, mengapa kita tidak memulainya? Banyak pengusaha sukses di belahan dunia yang tergolong masih muda atau masih terlalu dini bahkan kesuksesan dapat di usia balita.
Seperti pengusaha di belahan dunia yang mempunyai umur yagn cukup muda dalam meraih kesusesan. Yang awalnya sudah belajar dalam dunia bisnis
Anda juga  bisa membuat usaha dari  muda, paling tidak sudah mencoba dan merasakan dunia bisnis atau usaha sejak dini. Berikut ini langkah-langkah memulai usaha sejak usia muda :
  1. Lakukan yang Anda Suka
    Yang di lakukan pertama kali Anda harus menyukai apa yang Anda lakukan, jadi pilihlah ide bisnis yang sesuai dengan kesukaan anda. Karena hal yang anda sukai tidak membuat anda cepat bosan karena anda menyukai hal tersebut.
  2. Lebih Luas Dalam Berpikir Tentang Bisnis
    Setiap langkah besar selalu mulai dari langkah pertama dengan memulai hal yang kecil, kita punya cukup waktu untuk belajar dan terus mengembangkan hingga menjadi besa. Dan mempertahankan hingga menjadi bisnis yang besar.
  3. Biasakan Berpikir dan Berkata Positif
    Berpikir dan berkata positif merupakan langkah awal untuk menjadi orang sukses. Dengan demikian kita bisa menghadapi semua masalah dalam hidup dengan sikap yang lebih positif yaitu tentang hal-hal yang baik atau bermanfaat.
  4. Ambil Peluang Bisnis di Depan Mata
    Untuk tahap awal, sebaiknya jangan mencari peluang terlalu jauh dari jangkauan anda, karena bisnis akan datang dengengan sendirinya bila ada kesempatan. Siapa yang cepat dia yang dapat.
  5. Temukan Mentor/Pembimbing
    Bertemanlah dengan pengusaha di sekitar anda atau pimpinan bisnis yang berhasil. Jadikan mereka panutan untuk usaha Anda yang masih kecil, pembimbing ini akan membuat Anda mengerti resiko dan tentang usaha.Dan membuat anda lebih mengerti dalam merintis bisnis.
  6. Manfaatkan Dunia Maya
    Sekarang ini merupakan jamannya internet. Carilah informasi sebaik mungkin di dunia maya yang berguna untuk inspirasi anda dan memotivasi anda untuk berusaha untuk memulai bisnis.
  7. Jadilah Radikal
    Pada usia muda  pikiran masih segar, asli dan penuh energi. Jangan takut untuk mencoba sesuatu yang orang lain belum pernah lakukan sebelumnya. Ciptakan barang baru atau cara pelayanan baru yang tidak disangka-sangka oleh perusahaan yang sudah berjalan lebih dulu.
  8. Lakukan Yang Terbaik
    Menjadi Pengusaha adalah langkah awal kita dalam meraih kesejahteraan. Berbuatlah yang terbaik agar mampu memberi manfaat pada orang banyak. Pastikan anda melakukan hal yang terbaik dalam diri anda
  9. Jangan Kerjakan Segalanya Sendiri, Carilah Partner Bisnis Yang Sesuai
    Partnership dalam berbisnis adalah salah satu piliha yang sangat baik karena. makin banyak yang berpikir di dalam bisnis kita maka, makin cepat roda bisnis kita akan bergulir hingga menjadi bisnis yang besar. Karena dengan partner anda  bisa bertukar pikiran satu sama lain sehingga anda tidak pusing sendiri memikirkan bisnis itu. Kalian juga bisa kerjasama dalam memperoleh modalnya
  10. Keberanian Diri
    Salah satu masalah yang dapat mempengaruhi pengusaha mudah adalah hambatan nyali. Jangan membandingkan diri dengan pengusaha yang jelas-jelas jauh lebih sukses dari anda, yang telah menghasilkan uang banyak dalam waktu yang singkat. Hal ini sering  membuat anda kehilangan kepercayaan diri, ingatlah Anda tidak sedang berlomba-lomba dengan mereka tetapi dengan diri sendiri. Lakukanlah apa yang bisa dilakukan pada hari ini dan mulailah jangan biarkan waktu anda terbuang.
Itulah 10 tips yang perlu di kembangkan dalam diri anda untuk memulai usaha. Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk anda dalam memulai usaha sejak usia muda.
Saptuari Sugiarto adalah salah satu pebisnis muda  di Indonesia. Dari hanya sebagai penjaga tas, ia kini memiliki perusahaan dengan 31 cabang di 21 kota dan menghidupi 200 karyawan. Modal puluhan juta berkembang menjadi omzet miliaran rupiah. Bermodalkan kegiatan mengamati dan meniru, dan juga memodifikasi, usahanya menggurita sampai ke pelosok nusantara.

Tak ada strategi bisnis yang rumit atau modal awal yang besar ketika pria yang akrab disapa Saptu ini memulai usahanya membuka Kedai Digital. Sebagai anak muda yang cukup gaul, konsep usahanya pun terdengar nge-pop dan sederhana. Terinspirasi dari  aktivitas gaul bersama teman-temannya di kampus Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta, yaitu “ATM” dan “PISS”. Ini konsep yang dilahirkannya sendiri. Konsep ini dipegang teguh olehnya, hingga pria bertubuh tegap ini menjadi salah satu wirausahawan muda potensial di tanah air.

“ATM” yang dimaksud adalah Amati, Tiru, dan Modifikasi, sedangkan “PISS” merupakan kepanjangan dari Positive Thinking, Ikhtiar dan Ikhlas, Sedekah, dan Sukses dunia akhirat. Di tengah menjamurnya kreativitas anak muda di tanah air, serta maraknya barang dan jasa yang ditawarkan di pasar, konsep “ATM” Saptu ternyata ampuh.

Ia, misalnya, tidak perlu menciptakan produk baru, yang mungkin membutuhkan dana miliaran rupiah untuk riset dan pengembangan produk (R&D). Dia cukup mengamati produk yang telah ada 6 pasaran dan diminati masyarakat, kemudian menirunya. Tetapi tidak meniru 100 persen, melainkan memberikan sentuhan modifikasi, sehingga produk yang dihasilkan benar-benar berbeda. Tak heran bila produk-produk Kedai Digital cukup diminati masyarakat.

Kini selain menjadi pebisnis, Saptuari juga dikenal sebagai penulis. ”Kembali ke Titik Nol’ dan “Berani jadi Taubaters” merupakan 2 buku hasil karyanya yang sangat fenomenal.

“Kalau Saptuari hanya meniru saja, ia pun akan ditiru dan dapat tamat sekejap”

Sumber pustaka :

http://finansial.bisnis.com/read/20150612/55/442763/tips-bisnis-10-cara-awali-langkah-bisnis-sejak-usia-muda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.