Sabtu, Agustus 6

MOTIVASI MENJADI PENGUSAHA SUKSES



MOTIVASI MENJADI PENGUSAHA SUKSES 

Proses termotivasinya seseorang dengan orang lain untuk menjadi pengusaha berbeda-beda. Tidak semua orang memiliki motivasi yang sama untuk menjadi pengusaha.
Sebenarnya bangsa Indonesia memiliki dasar spirit dan keterampilan yang unik di masing-masing daerah. Sebagai bangsa Indonesia jangan biarkan bangsa lain mengelolah sumber daya dan kita hanya berdiam diri tanpa melakukan apa pun.

MENGALAHKAN MITOS
Janganlah anda percaya akan mitos-mitos seputar wirausaha, misalkan ada yang mengatakan bahwa wirausaha dihasilkan dari bakat dan keturunan atau wirausaha diawali dengan memiliki uang yang banyak.
MENGUBAH POLA PIKIR
Mengubah pola pikir memerlukan keberanian dan kerelaan , karena tanpa itu semua tidak akan terjadi perubahan apa-apa.

MOTIVASI BERPRESTASI
Semakin seseorang meyakini bahwa dirinya dapat mengelola berbagai kekuatan dan kelemahan, maka semakin yakin ia bahwa dirinya dapat mewujudkan suatu prestasi. Meyakini makna prestasi adalah meyakini bahwa diri nya telah mengenal cara-cara mengembangkan kekuatan-kekuatan yang ada.

MEMANFAATKAN KEKUATAN PIKIRAN BAWAH SADAR
Memang banyak yang tidak menyadari mengelola alam bawah sadar akan menghasilkan kekuatan yang tidak terhingga. Apa yang kita dapat kan hari ini sebenarnya sudah pernah kita bayangkan sebelumnya atau pernah terlintas dalam otak , imajinasi, atau bahkan dalam mimpi walau hanya sesaat. Sudah tentu bukan berarti menjadikan kita hanya sebagai penghayal tanpa melakukan kegiatan atau aktivitas apa pun.
Kita ambil contoh kisa nyata dari tri sumono  

Tri Sumono seorang mantan tukang sapu yang sekarang sukses menjadi seorang pengusaha dengan omset Milyaran dari berbagai bisnis yang dia punya. Diceritakan pada saat acara Hitam Putih Trans 7 yang dibawakan oleh Deddy Corbuzier.

Tri Sumono seorang mantan tukang sapu kini menjadi Milyarder

Seorang pemuda dari Gunung Kidul, Yogyakarta bermodal ijazah SMA mencoba mengadu nasib ke Ibukota, ia menerima pekerjaan apapun agar bisa membeli makanan. Ia menjadi kuli bangunan di Ciledug-Jakarta Selatan. Hanya beberapa bulan saja ia bisa bertahan sebagai buruh kasar. Kemudian ia mendapat tawaran bekerja sebagai tukang sapu di kantor kawasan Palmerah-Jakarta. Sebagai tukang sapu tentu lebih ringan dari pada sebagai kuli bangunan. Karena kerajinannya dalam bekerja, ia kemudian diangkat menjadi office boy. Tri Sumono termasuk orang yang gemar bersyukur sehingga nikmatnya selalu ditambah oleh yang Maha Kuasa.
Sampai sekarang beliau masih bekerja dan  memiliki jabatan tenaga pemasar hingga menjadi penanggung jawab di gudang. Walaupun sudah menjadi pengusaha beliau tetap menjadi karyawan karena jawaban beliau ” Pengusaha yang keluar dari pekerjaannya banyak, namun pengusaha yang tetap menjadi karyawan belum ada” saat ditanyakan Deddy. Karena pak Tri adalah pencetus buku Manusia 4 Kuadran.
Yang sangat inspiratif adalah tips bisnis beliau yaitu
 Bisnis itu intinya cuma 3. Yang 20% melihat, 30% memahami dan 50% praktek 
Sungguh sangat menggugah pemula seperti saya, karena ada juga cerita beliau bahwa dahulu pada saat bekerja beliau menikah. Dengan hanya gaji 250rb per bulan, untuk sewa kontrakan 200rb maka hanya 50rb yangtersisa.Maka bagaimana caranya profesor pun tidak ada yang bisa menghitungnya. Maka beliau berusaha/ berjualan setiap minggu saat libur.
Ada juga cerita menarik yaitu pernah suatu hari istrinya meminta dibelikan bubur, namun pak Tri berprinsip kalau omset belum 300rb tidak akan dibelikan. Namun tak diduga omsetnya mencapai 700 ribu maka langsung dibelikanlah bubur untuk istrinya di daerah monas.
Sekian preview saya tentang Tri Sumono yang sangat inspiratif, intisarinya adalah kita harus tetap bersyukur atas keadaan kita, namun bekerja keras untuk menjadi lebih baik adalah wajib. Tidak salah kita terlahir miskin namun mati dalam kemiskinan adalah kesalahan. Beliau berasal dari keluarga sederhana karena ayahnya meninggal pada saat dia masih kecil dan yang membiayayai sekolahnya adalah ibunya. Sudah berjualan sejak kecil untuk meringankan biaya sekolah, mu gkin itulah yang menempa semangat beliau. Ibu adalah sosok mentor bagi pak Tri yang mampu menghasilkan karya sehebat beliau. Begitu jawaban atas pertanyaan siapa sosok/ mentor kesuksesanya. Saja juga ketinggalan siaran langsungnya di TV, karena dari cerita teman yang inspiratif maka saya mencarinya di Youtube. Pak Tri Sumono sudah sering menjadi mentor berbagai komunitas pengusaha dan pembicara di berbagai acara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar