Sabtu, Agustus 6

MOTIVASI MENJADI PENGUSAHA SUKSES




Assalammualaikum wr wb,

Gimana sih caranya jadi pengusaha yang sukses?
Berikut prinsip-prinsip dan kiat-kiat nya menjadi wirausaha SUKSES


menjadi seorang pengusaha harus bercita-cita tinggi. Fokus menciptakan bisnis yag memiliki nilai moral dan budaya yang besar. Menjadi karyawan bukan sekedar memulai sebuah usaha kecil atau besar lalu asik dalam proses mencari keuntungan. Seorang pengusaha atau menjadi pebisnis harus mempunyai prinsip hidup. Semuanya harus terbentuk dalam sinergi positif.

Berikut adalah 11 prinsip menjadi pengusaha Sukses :
  • Sukses dapat didefinisikan dalam berbagai cara. – 
Jangan membuat kesalahan dengan memfokuskan secara eksklusif pada berapa banyak uang yang anda hasilkan. Uang memungkinkan untuk melakukan sesuatu, tidak lebih, tidak kurang. Anda dapat menggunakan uang untuk membantu orang lain. Ini memberi kesempatan untuk bermurah hati dan melakukan hal yang benar.
  • Menjadi sukses akan memakan waktu lebih lama dari yang kita pikirkan seharusnya. – 
Tidak ada cara tepat menjadi sukses. Jangan percaya siapa pun yang mengatakan sebaliknya. Mereka mengiklankan bagaimana cara cepat mencapai keberhasilan. Mengejar kesuksesan itu membutuhkan waktu dan proses lama karena untuk jangka panjang. Profesi pengusaha itu membutuhkan dedikasi. 
  • Banyak Cara untuk mencapai keberhasilan –
Entrepreneur itu selalu bergerak. Jadi belajarlah sebanyak mungkin dari orang lain. Belajar dari pengusaha sebanyak mungkin. Tapi bukan berarti anda mengikuti jalan mereka, anda bisa membuat peta jalan sendiri dan mengubahnya. Tentu kita sudah mengetahui bahwa mendengar dan membaca pengalaman para pebinis sukses mempunyai jalan berbeda dalam meraih kesuksesan. 
  • Harus bersedia berkorban –
Waktu adalah salah satu dari mereka (usaha). Jadi pastikan anda menikmati apa yang anda lakukan. Menjadi pengusaha harus merelakan waktu, karena waktu adalah uang. Apalagi saat memulai dan bagi pemula. Namun, jangan biarkan dedikasi anda menghancurkan bagian lain dari kehidupan anda. Memang banyak orang berkata harus bekerja 24 jam sehari. Akan tetapi kuncinya ada ditangan kita sendiri. 
  • Perlakukan setiap orang dengan hormat – 
Kita semua saling berhubungan. Industri lebih kecil dari seperti kelihatannya. Pengusaha bijaksana selalu memperlakukan setiap orang dengan hormat. Pebisnis yang telah hidup dalam proses kesuksesan berjiwa sosial yang tinggi. Memperlakukan setiap orang dengan hormat. Karena mereka pada umumnya mereka sudah mengalaminya.
  • Jika seseorang memperlakukan anda dengan buruk dari awal, usahakan untuk memperbaiki hubungan tersebut menjadi lebih baik.
  • Cobalah untuk bersabar – 
Situasi buruk terjadi ketika anda terburu-buru. Perlu diperhatikan bahwa waktu adalah salah satu aset terbesar pebisnis. Jika anda memberikan cukup waktu untuk berpikir sesuatu, anda akan menemukan lebih banyak kemungkinan.
  • Jangan mencoba untuk mengubah orang yang sulit.  
Berfokuslah pada mengubah cara anda menangani mereka. Itulah salah satunya hal yang dibawah kendali anda.
  • Memiliki sikap positif – 
Orang ingin bekerja dengan orang yang mereka sukai. Tapi tentu mencari orang seperti itu sulit, apalgi sesuai dengan skil yang dibutuhkan ke dalam bisnis. Maka memiliki sikap positif pada siapapun adalah cara terbaik agar dapat bekerjasama dengan setiap orang. Jika kita berpikir postif pada orang yang tidak kita sukai, besar kemungkinan mereka juga akan melakukan hal yang sama.
  • Selalu berkata jujur, bahkan ketika itu menyakitkan. – 
Terkadang kita menjauhkan diri dari kejujuran, karena ketakutan beberapa hal. Menjaga harga diri atau menjaga perasaa orang lain. Tapi kejujuran walalupun menyakitkan harus tetap disampaikan, karena satu hal dapat berakibat baik atau buruk dalam di masa akan datang. 
  • Mengakui kesalahan – 
Banyak pengusaha yang memiliki egois tinggi. Ketika merasa salah, takut dan malu mengakui kesalahan. Tetap menyalahkan orang lain, pemerintahan bahkan sampai melemparkan kesalahan kepada karyawannya. Maka ketika anda gagal mengambil tanggung jawab atas tindakan sendiri atau pegawai, akuilah. Sebab itu bisa membusuk dan menjadi sebuah kebencian.


Kisah Sukses Seorang Wirausaha Muda memberikan motivasi kepada kita...
Nicholas Kurniawan, seorang pengusaha muda dari Jakarta yang masih berusia 21 tahun tapi mampu menghasilkan omzet ratusan juta rupiah per bulan dengan perkerjaannya sebagai  eksporter ikan hias dan sekarang Nicholas juga sedang mengembangkan bisnis di bidang properti. Mungkin banyak orang yang mengatakan kalau Nicholas bisa menjadi pengusaha muda yang sukses karena dia beruntung,  tapi kenyataannya banyak hal yang harus dihadapi oleh Nicholas sebelum mencapai kesuksesannya seperti sekarang.
Nicholas Kurniawan dibesarkan dalam keluarga yang sempura meskipun kurang berkecupan. Kedua orang tuanya terpaksa mencari hutangan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Penghasilan yang dihasilkan oleh kedua orang tua Nicholas digunakan untuk memberikan pendidikan yang terbaik untuk anaknya. Melihat orang tuanya sering dipermalukan karena hutang yang mereka tanggung, Nicholas kecil bertekad untuk menjadi orang sukses.
Sejak usia 8 tahun, Nicholas sudah terbiasa untuk berjualan makanan, minuman, pakaian, dan masih banyak lagi dan semuanya tidak berakhir baik. Nicholas tidak mau mengatakan kalau dirinya pernah gagal, melainkan dia belum menemukan cara yang tepat untuk mencapai kesuksesan. Saat berusia 17 tahun, seorang teman memberikannya sepaket ikan Garra Rufa, ikan terapi. Nicholas tidak memiliki minat untuk memeliharanya, dan otak bisnisnya mulai muncul untuk menjualnya. Maka, dia mulai membuka FJB Kaskus dan membuat akun disana. Hanya dalam beberapa jam, ikan miliknya berhasil terjual dan banyak orang yang menawarnya. Melihat minat orang yang besar, maka Nicholas bertanya kepada temannya dimana dia membeli ikan itu dan akhirnya Ia menemuka supplier. Nicholas menjual ikan – ikan itu di Kaskus dan mendapatkan untung 2 hingga 3 juta rupiah per bulan.
Pada umur yang sama, Nicholas menginginkan masuk kuliah ke Universitas Prasetiya Mulya yang memerlukan uang yang tidak sedikit dan Nicholas tidak mungkin meminta uang tersebut dari orang tuanya. Maka, dia memiliki target untuk mendapatkan 10 juta per bulan. Nicholas memiliki ide untuk mengekspor ikan. Nicholas mencoba berkerja sama dengan para eksporter tapi tidak ada yang berhasil karena faktor usia yang masih tergolong muda. Bahkan saking seriusnya, Nicholas meneliti website perusahaan besar dan mencoba mencontohnya. Selain itu Ia juga mencoba mencari tahu tentang shipment.
Berkat usahanya yang serius dan kefokusannya, Nicholas mendapatkan kepercayaan dari seorang pengusaha. Ia memesan sebanyak 10.000 ekor ikan garra rufa untuk dikirim ke Medan. Kebahagiaan itu tidak berlangsung lama, karena ada beberapa kesulitan untuk mengirim ke Medan sehingga akhirnya orderan itu dibatalkan. Ikan sebanyak 10.000 mati satu persatu karena Nicholas tidak memiliki peralatan untuk menampung ikan sebanyak itu dan Nicholas harus menanggung kerugian yang cukup besar.
Nicholas tidak langsung menyerah ketika Ia mendapatkan kegagalan pertama. Ia tetap berusaha fokus dengan perkerjaan yang amat disukainya itu. Saat keadaan yang mulai tenang, Nicholas mendapatkan kembali orderan dari orang Medan untuk mengekspor ikan pergi ke luar negri tapi menggunakan nama perusahaannya. Setelah itu, nama Nicholas mulai dikenal oleh pengusaha dalam negri maupun luar negri.
Suatu saat, setelah setengah jalan menjalani usaha – Nicholas terkena tipu oleh partnernya sebesar 30 juta rupiah. Uang yang selama ini Ia kumpulkan dengan susah payah untuk masuk ke universitas favoritnya, habis hanya dalam waktu semalam. Tapi, ternyata kesialan itu malah menjadi berkat bagi Nicholas. Banyak para customer di luar negri yang terkena tipu oleh mantan partner Nicholas akhirnya mempercayakan kepartneran mereka kepada Nicholas. Orang–orang tersebut mengambil ikan langsung dari Nicholas dan tanpa terasa hanya dalam 1,5 bulan, Nicholas mampu mengumpulan uang sebesar 100 juta rupiah.
Orang yang mengerjakan perkerjaannya dengan fokus dan sungguh–sungguh akan selalu mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Nicholas memiliki beberapa kalimat yang menggambarkan kekuatannya.
My biggest strength is my honestly and loyalty. I will never faked a report or lie about any information related to my work. I also will always try to work faster and produce more then other. Lastly, I am someone that is persistent and will never give up one the task that is given to me, and will try to make a breakthrough from time to time.”

Seperti yang dikutip dari laman Entrepreneur, berikut ini merupakan pesan-pesan pengusaha sukses dunia, untuk menjadi renungan sekaligus motivasi dan inspirasi.
  1. Stave Jobs — “Don’t Waste Your Time”
Almarhum Stave Jobs merupakan pendiri Apple Inc yang sempat bangkut kemudian bangkit dan dikenal memiliki produk seperti Manchintos, komputer tablet, iPhone dan iPhod. Ia merupakan tokoh dunia yang berpengaruh besar dalam dunia teknologi, sehingga banyak orang yang terinspirasi olehnya. Suatu waktu, tepatnya tahun 2005 di depan para calon pengusaha di Stamford, ia sempat berpesan.
“Janganlah menyia-nyiakan waktu, karena hidup ini singkat dan jangan biarkan diri terus larut bekerja kepada orang lain. Berusahalah untuk mandiri dengan membangun bisnis serta meraih impian sesuai keinginan,”
  1. Guy Kawasaki – “Don’t Wait for Perfection”
Ia adalah mantan karyawan Apple. Suatu waktu, pada tahun 2012 pria ini memberikan nasihatnya untuk lulusan Menlo College mengenai trial and error.
“Saat berbisnis, jangan terlalu lama untuk berdiam diri sampai menunggu datangnya kesempurnaan atau menunggu waktu bisnis yang paling tepat. Tak perlu menunggu kesempurnaan, sejatinya hidup memang tak sempurna. Segeralah bertindak, lakukanlah uji coba serta pahamilah apa yang kurang dan kelemahan strategi bisnis yang dijalani. Dengan begitu, meskipun berjalan pelan-pelan, justru kesempurnaan akan menghampiri usaha yang dijalani,”.
  1. JK Rowling – “Be Pepared to Fail”
J.K Rowling merupakan wanita yang dikenal dengan kesuksesannya membuat novel Harry Potter. Selain menjadi penulis, ia juga menjadi pembicara. Suatu hari ia berpidato di Universitas Havard AS dengan pesan motivasinya mengenai kegagalan.
“Hidup tak selalu berjalan mulus dan terkadang akan ada banyak kegagalan yang ditemui. Tapi bukan kegagalan yang harusnya dipikirkan, namun bagaimana cara mempersiapkan diri untuk menghadapi kegagalan tersebut”
  1. Oprah Winfrey – “Make Excellence Your Brand”
Selain dikenal sebagai presenter dan selebritis, Oprah Winfrey juga menjadi entrepreneur sukses dan termasuk wanita miliarder dunia. Tahun 2012 di hadapan mahasiswa dari Atlanta’s Spelman College ia mengungkapkan pesannya. Oprah Winfrey menekankan pada brand usaha yang baik dengan adanya kinerja yang excellent.
“Citra usaha yang terkesan excellent untuk para konsumen dan mitra akan membuat bisnis menjadi lebih unforgettable,”
  1. Reid Hoffman – “Success isn’t Always Vertical”
Bagi penggemar akun social media khusus bisnis, yakni Linkedln, pasti sudah tak asing dengan Reid Hoffman. Pria yang mempunyai aset kekayaan lebih dari 3 milyar dollar Amerika itu suatu hari tepatnya tahun 2012 menjadi pembicara di Boston’s Babson College. Ia menekankan pada membangun jaringan bisnis yang luas.
“Sukses tak selalu merangkak naik (vertikal), bisa juga menyebar ke samping (horizontal). Untuk menggapai kesuksesan, terkadang perlu turun atau melompat ke samping untuk membangun usaha di tempat yang lain,”. (bisnis/san)
SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar