Sabtu, Agustus 6

Meneladani sikap bisnis orang china


Tidak dapat kita pungkiri banyak diantaranya pengusaha-pengusaha sukses yang ada di Indonesia ini adalah orang keturunan china, dengan mudah kita temui di berbagai kota mereka menjalankan berbagai bidang bisnis wirausaha. Dari yang membuka berbagai macam toko hingga pemilik perusahaan, beraneka ragam dari yang berskala kecil-kecilan hingga skala yang cukup besar.



Meski begitu tidak sedikit juga pengusaha pribumi yang kemampuannya setara dengan mereka. Dalam mencontoh hal yang baik sebaiknya kita harus bisa belajar dari siapapun tanpa melihat latar belakangnya, termasuk dari pengusaha china ini juga kita patut belajar banyak cara berbisnis yang baik dan benar.

Pada artikel kali ini saya akan coba uraikan beberapa cara sukses berbisnis pengusaha china sebagai masukan untuk kita yang sedang bergelut di dunia wirausaha :

Cara bisnis Orang Tionghoa:

Bekerja Keras

Salah satu sifat yang ada pada pengusaha china adalah selalu bekerja keras memberikan yang terbaik untuk kelangsungan bisnisnya. Jarang dari mereka terlihat bermalas-malasan terlebih dalam menjalankan sebuah usaha, seluruh tenaga dan pikirannya terfokus untuk membangun bisnisnya tanpa rasa lelah, selain itu juga mereka tidak pernah gengsi jikalau harus mengerjakan pekerjaan yang di pandang rendahan.

Sederhana

Pada masa merintis awal usaha orang china selalu menjalankan pola hidup yang sederhana, sesuai dengan kemampuannya dan tidak pernah memaksakan kehendak. Masa awal-awal usaha tentunya adalah masa kritis yang harus benar-benar kita jaga, karena usaha yang kita jalankan belum benar-benar bisa stabil menghadapi berbagai kendala yang ada. Hal ini di sadari oleh mereka dengan tetap menjaga pengeluaran dengan hati-hati dan penuh perhitungan.

Disiplin

Salah satu kunci keberhasilan dalam berbisnis diantaranya adalah senantiasa menjalankan kedisiplinan dalam menjalankannya. Seperti dalam hal mengatur menejemen perusahaan, mereka akan slektif dalam hal mengatur pembukuan, mengatur cara kerja, dan lain sebagainya, bahkan hingga karyawan yang bekerja akan mereka arahkan untuk menjaga kedisiplinan dalam setiap melakukan pekerjaannya.

Menjaga Kepercayaan

Kepercayaan dalam berbisnis adalah sebuah modal yang harus di jaga, baik itu di mata konsumen dan rekannan bisnis lainnya. Dengan segala upaya orang china ini akan menjaga kepercayaan yang sudah di berikan kepada usahanya, dengan selalu jujur dan menepati janji pada setiap perkataanya. Dengan adanya sifat seperti ini, bisnis yang di jalankan akan memiliki nilai reputasi yang sangat baik dan mampu bertahan dalam waktu yang lama bahkan hingga beberapa generasi setelahnya.

Tidak Mengeluh

Kendala apapun yang mungkin merintangi dalam perjalanan usahanya selalu bisa mereka hadapi tanpa rasa mengeluh, sifat seperti ini yang bisa selalu menjaga semangat pebisnis dalam menjalankan bisnisnya meski sedang dilanda kesulitan. Maka tidak mengherankan kebanyakan bisnis yang orang china jalankan selalu awet dan jarang berganti-ganti bidang.

Sekian.

Referensi :
https://books.google.co.id/books?id=yOrtZwRWzcoC&pg=PA23&lpg=PA23&dq=membangun+usaha+sukses+di+usia+muda&source=bl&ots=zSL5I8MXE5&sig=G3TZ4Q4NwqDyfuUxqB95P9wsxZA&hl=id&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=membangun%20usaha%20sukses%20di%20usia%20muda&f=false
http://carainvestasibisnis.com/cara-cepat-kaya-dan-rahasia-kesuksesan-orang-cina/
http://faulinemulia.blogspot.co.id/2013/04/menerapkan-sikap-mental-bisnis-orang.html
http://www.kompasiana.com/kurniasepta/belajar-bisnis-dari-orang-cina_550116c8a33311e772512dc8
http://www.enggalmahesa.com/2014/12/rahasia-sukses-orang-cina-dalam.html
http://bisnisukm.com/belajar-bisnis-dari-kesuksesan-pengusaha-tionghoa.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.