Jumat, September 30

PT. SEMEN GRESIK

Bangun Pabrik di Rembang, Semen Gresik Janji Tak Ada Pekerja Asing

Rembang - Pabrik Semen Gresik (Semen Indonesia Group) di Rembang, Jawa Tengah akan diuji coba pada akhir tahun 2016. Pihak Semen Gresik akan menggunakan 100% tenaga kerja asli Indonesia tanpa mendatangkan pekerja dari luar negeri.

Manager Project Control Semen Gresik, Roy Budi Setiawan mengatakan digunakannya tenaga kerja asal Indonesia sudah dilakukan sejak pembangunan pabrik yang kini berjalan 94,4%. Dalam proyek pembangunan pabrik, ada total 5.179 orang yang 2.260 di antaranya merupakan warga Jawa Tengah dan sisanya dari luar Jawa Tengah.

"Warga Rembang sendiri ada 1.079 orang yaitu di ring 1 ada 459 orang, ring 2 ada 174 orang, dan ring 3 ada 456 orang," kata Roy.

Tenaga lokal Indonesia yang bekerja dalam proyek tersebut juga termasuk membidangi desain dan rancang bangunan. Tidak hanya tenaga kerja, bahan bangunan dan peralatan sebagian besar dari pabrikan Indonesia, sedangkan yang diimpor hanya peralatan berpresisi tinggi sebanyak 19,88%.

"Impor itu hanya peralatan yang butuh presisi tinggi dan diameter besar seperti kiln girt gear, kiln tire, raw mill table, dan kiln tire. Sisanya 80,12% dari manufaktur lokal," tandas Roy.

Setelah proyek pembangunan pabrik rampung, lanjut Roy, akan dibuka lapangan kerja untuk proses produksi yang juga diambil dari warga lokal. Potensi lapangan kerjanya antara lain petugas penunjang operasi dan maintenance, keamanan, administrasi, dan lainnya.



Bisnis.com, JAKARTA - Korporasi semen milik negara, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk., mendirikan anak usaha yang menggarap bisnis internasional dengan modal dasar Rp20 miliar.
Pendirian Semen Indonesia International juga membutuhkan modal disetor Rp6 miliar dengan komposisi kepemilikan saham PT Semen Indonesia (Persero) Tbk., sebesar 85% dan PT Semen Gresik, PT Semen Padang dan PT Semen Tonasa masing-masing 5%.
Dalam pengumuman yang dipublikasikan di laman Bursa Efek Indonesia, Sekretaris Perusahaan Semen Indonesia Agung Wiharto memaparkan dana setoran modal yang digunakan itu berasal dari internal perusahaan.
“PT Semen Indonesia International didirikan untuk mendukung pertumbuhan kinerja PT Semen Indonesia (Persero) Tbk., dengan memanfaatkan peluang usaha di berbagai negara, termasuk melakukan ekspor maupun impor semen/klinker/material lain,” paparnya, Selasa (14/6/2016).
Manajemen menyebutkan dampak dari pendirian Semen Indonesia International antara lain mengatasi kelebihan dan/atau kekurangan kapasitas semen, klinker atau material lainnya di pasar domestik.
Selain itu, dampak lainnya adalah mendukung pertumbuhan kinerja Semen Indonesia melalui perdagangan internasional dengan memanfaatkan peluang usaha di berbagai negara, termasuk melakukan impor semen, klinker atau material lain ke pasar domestik.
“ merupakan bagian dari strategi bisnis untuk membuka dan memperluas akses ke pasar global untuk menjadi perusahaan internasional,” paparnya.
Semen Padang, Semen Tonasa dan Semen Gresik adalah anak usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk., dengan kepemilikan saham lebih dari 99%.

Aliansi PT. SEMEN INDONESIA

 

  

 
Anak perusahaan PT. Semen Indonesia memainkan peranan yang sangat penting sebagai strategic partner, maupun sebagai pendukung community development. Anak perusahaan diharapkan mampu mendukung bisnis inti Semen Indonesia selaku holding company dan memberikan kontribusi sebesar-besarnya untuk mencapai keunggulan kompetitif dan perkembangan perusahaan secara terus menerus. Keberadaan anak usaha diharapkan dapat memberi sinergi yang bermanfaat untuk mendukung pencapaian tujuan perusahaan. semen Indonesia mempunyai anak perusahaan salah satunya adalah PT. Semen gresik.

 

Profile PT Semen Gresik (Persero) tbk

VISI :
Menjadi perusahaan persemenan bertaraf internasional yang terkemuka dan mampu meningkatkan nilai tambah kepada para pemangku kepentingan (stakeholders).
MISI :
  • Memproduksi, memperdagangkan semen dan produk terkait lainnya yang berorientasikan kepuasan konsumen dengan menggnakan teknologi yang ramah lingkungan.
  • Mewujudkan manajemen perusahaan yang berstandar internasional dengan menjunjung tinggi etika bisnis, semangat kebersamaan, dan bertindak proaktif, efisien serta inovatif dalam berkarya.
  • Memiliki keunggulan bersaing dalam pasar semen domestik dan internasional.
  • Memberdayakan dan mensinergikan unit-unit usaha strategik untuk meningkatkan nilai tambah secara berkesinambungan.
  • Memiliki komitmen terhadap peningkatan kesejahteraan pemangku kepentingan (stakeholders) terutama pemegang saham, karyawan dan masyarakat sekitar.

SEJARAH SINGKAT
PT Semen Gresik (Persero) Tbk merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri semen. Diresmikan di Gresik pada tanggal 7 Agustus 1957 oleh Presiden RI pertama dengan kapasitas terpasang 250.000 ton semen per tahun. Pada tanggal 8 Juli 1991 Semen Gresik tercatat di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya serta merupakan BUMN pertama yang go public dengan menjual 40 juta lembar saham kepada masyarakat. Sampai dengan tanggal 30 September 1999 komposisi kepemilikan saham berubah menjadi Pemerintah RI 15,01%, Masyarakat 23,46% dan Cemex 25,53%.Pada Tanggal 27 Juli Juli 2006 terjadi transaksi penjualan saham CEMEX S.S de. C.V pada Blue valley Holdings PTE Ltd. Sehingga komposisi kepemilikan saham sampai saat ini berubah menjadi Pemerintah RI 51,01%, Blue Valley Holdings PTE Ltd 24,90%, dan masyarakat 24,09%.Saat ini kapasitas terpasang Semen Gresik Group (SGG) sebesar 16,92 juta ton semen per tahun, dan menguasai sekitar 46% pangsa pasar semen domestik.
Perseroan memproduksi berbagai jenis semen, antara lain : 1. Semen Portland Tipe I. Dikenal pula sebagai ordinary Portland Cement (OPC), merupakan semen hidrolis yang dipergunakan secara luas untuk konstruksi umum, seperti konstruksi bangunan yang tidak memerlukan persyaratan khusus, antara lain : bangunan, perumahan, gedung-gedung bertingkat, jembatan, landasan pacu dan jalan raya.
2. Semen Portland Tipe II. Di kenal sebagai semen yang mempunyai ketahanan terhadap sulfat dan panas hidrasi sedang. Misalnya untuk bangunan di pinggir laut, tanah rawa, dermaga, saluran irigasi, beton massa dan bendungan.
3. Semen Portland Tipe III. Semua jenis ini merupakan semen yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan bangunan yang memerlukan kekuatan tekan awal yang tinggi setelah proses pengecoran dilakukan dan memerlukan penyelesaian secepat mungkin. Misalnya digunakan untuk pembuatan jalan raya, bangunan tingkat tinggi dan bandar udara.
4. Semen Portland Tipe V. Semen jenis ini dipakai untuk konstruksi bangunan-bangunan pada tanah/air yang mengandung sulfat tinggi dan sangat cocok untuk instalasi pengolahan limbang pabrik, konstruksi dalam air, jembatan, terowongan, pelabuhan dan pembangkit tenaga nuklir.
5. Special Blended Cement (SBC). Semen khusus yang diciptakan untuk pembangunan mega proyek jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) dan cocok digunakan untuk bangunan di lingkungan air laut. Dikemas dalam bentuk curah.
6. Portland Pozzolan Cement (PPC). Semen Hidrolis yang dibuat dengan menggiling terak, gypsum dan bahan pozzolan. Digunakan untuk bangunan umum dan bangunan yang memerlukan ketahanan sulfat dan panas hidrasi sedang. Misalnya, jembatan, jalan raya, perumahan, dermaga, beton massa, bendungan, bangunan irigasi dan fondasi pelat penuh.
LOKASI PABRIK Lokasi pabrik sangat strategis di Sumatera, Jawa dan Sulawesi menjadikan Semen Gresik Group (SGG) mampu memasok kebutuhan semen di seluruh tanah air yang didukung ribuan distributor, sub distributor dan toko-toko. Selain penjualan di dalam negeri, SGG juga mengekspor ke beberapa negara antara lain: Singapura, Malaysia, Korea, Vietnam, Taiwan, Hongkong, Kamboja, Bangladesh, Yaman, Norfolk USA, Australia, Canary Island, Mauritius, Nigeria, Mozambik, Gambia, Benin dan Madagaskar.
1. Semen Padang.
Semen Padang memiliki 4 (empat) pabrik semen, kapasitas terpasang 5,24 juta ton semen pertahun berlokasi di Indarung, Sumatera Barat. Semen padang memiliki 5 pengantongan semen, yaitu : Teluk Bayur, Belawan, Batam, Tanjung Priok dan Ciwandan.
2. Semen Gresik.
Semen Gresik memiliki 3 pabrik dengan kapasitas terpasang 8,2 juta ton semen per tahun yang berlokasi di Tuban, Jawa Timur. Semen Gresik memiliki 2 pelabuhan, yaitu : Pelabuhan khusus Semen Gresik di Tuban dan Gresik.
3. Semen Tonasa.
Semen Tonasa memiliki 3 pabrik semen, kapasitas terpasang 3,48 juta ton semen per tahun, berlokasi di Pangkep, Sulawesi Selatan. Semen Tonasa memiliki 7 (tujuh) pengantongan semen, yaitu : Biringkasi, Makassar, Samarinda, Banjarmasin, Bitung, Palu, Ambon, Celukan Bawang, Bali.
SERTIFIKASI Dalam menghadapi tantangan era globalisasi pasar bebas, maka SGG telah menerapkan sistim manajemen dan mendapatkan beberapa sertifikat sebagai berikut:
  1. Sistim Manajemen Mutu SNI 19-9001-2001 dan ISO 9001:2000, sertifikat No. ID03/0267 dari SGS sejak Mei 1996.
  2. Sistim Manajemen Lingkungan ISO 14001:2004, sertifikat no GB01/19418 dari SGS sejak Februari 2001.
  3. Sistim Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Sejak 1999 dan OHSAS 18001:2007 sejak bulan Nopember 2007 dari SGS.
  4. Memperoleh Sertifikat Akreditasi Laboratorium Pengujian Bahan dari KAN yang telah menerapkan secara konsisten ISO/IEC 17025:2000 sejak Nopember 2002 dan ISO/IEC 17025:2005 sejak Maret 2007.
  5. API Monogram Sertifikat no. 10A-0044 dari American Petroleum Institute New York.
Semua Sistim Manajemen diatas diimplementasikan dengan mensyaratkan Management Continous Improvement dan penerapan Sub Sistem Manajemen meliputi :
a. Gugus Kendali Mutu (GKM)
b. 5 R
c. Sistim Saran (SS)
d. Total Productive Maintenance (TPM)


Struktur organisasi PT.SEMEN GRESIK


Pimpinan Dari PT.semen gresik
1. Dewan Komisaris
- Komisaris Utama
Dedi Aditya Sumanagara, dilahirkan pada tanggal 05 Oktober 1947, diangkat sebagai Komisaris Utama Semen Gresik pada 2008. Masa jabatan yang sekarang sebagai Komisaris Perseroan akan berakhir pada 2013. Beliau juga menjabat Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia (2004-2009. Beliau menjadi Direktur Pengembangan PT Aneka Tambang (1994-1997) dan Direktur Utama PT Aneka Tambang (1997-2008). Meraih gelar Sarjana Teknik Geologi dari Institut Teknologi Bandung.
- Komite SAMRI
Setia Purwaka, dilahirkan pada tanggal 28 Pebruari 1950, diangkat sebagai Komite samri Semen Gresik pada 2005. Masa jabatan yang sekarang sebagai Komisaris Perseroan akan berakhir pada 2010. Beliau juga menjabat secara struktural di dalam Pemerintahan sebagai “Kepala Rumah Tangga Kepresidenan” sejak 24 Maret 2009. Sebelumnya menjabat Inspektur Jendral Depkominfo terhitung 5 Juli 2007. Jabatan Beliau lainnya, Deputi I/Politik Dalam Negeri, Kementrian Koordinator Polhukam (2005-sekarang). Sebelumnya menjadi Staf Ahli Padnas – Kementrian Koordinator Polhukam (2001-2005), Paban VI Skomsos TNI (1999-2001) dan Sespro Kassospol ABRI (1996-1999). Meraih gelar Magister Manajemen dari STIE-Jakarta dan Sarjana Sosial Politik dari STI Sospol Jakarta.
- Komite audit
Hadi Waluyo, dilahirkan pada tanggal 03 April 1950 ,lulusan AKABRI 1972 pensiun pada tahun 2006 dengan pangkat LETJEND beberapa jabatan yang pernah dipegangnya antara lain AS OPS Kodam V/BRAWIJAYA 1995 dan RINDAM V/BRAWIJAYA 1996, PABANLAT SOPSAD 1997, DIRLAT KODIKLAT TNI-AD 1998, WAASOPS KASAD 1998, DANPUSTER TNI AD 1999 PANGDAM VI/TPR 2000-2002 ASOPS KASAD 2003 dan KODIKLAT TNI AD dan PANGKOSTRAD (2004-2006) pendidikan militer SESKOAD 1985 SESKOGA 1994 LEMHANAS 1998 mendapat gelar sarjana ilmu politik 1994 pada Universitas Terbuka dan pernah menjabat Komisaris Utama PT Mandala Airlines (2004-2006) ditunjuk menjadi komite audit SG pada RUPS 2011 yang akan berakhir pada RUPS.
- Komite GCG
Sumaryanto Widayatin, dilahirkan pada tanggal 13 Desember 1954. Saat ini menjabat Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum Bidang Ekonomi & Investasi (2005-sekarang). Sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pusat Pelatihan Jasa Konstruksi (PUSLATJAKONS) BPSDM Departemen Kimpraswil (2003-2005), Kepala Pusat Pengembangan Investasi, BAPEKIN Departemen Kimpraswil (2001-2003), Direktur Investasi Dunia Usaha & Masyarakat pada Departemen Kimbangwil (2000-2001), Kepala Subdit Jalan, Dit.Bintek pada Departemen PU (1999-2000), Kepala Subdit Jalan Tol, Dit. Binkot pada Departemen PU (1997-1999). Meraih gelar S1 Teknik Sipil dari ITB (1979) dan S2 bidang Transportasi dari Purdue University, USA (1989).
- Komisaris Independen
Achmad Jazidie, dilahirkan pada tanggal 19 Februari 1959, diangkat sebagai Komisaris Independen Semen Gresik pada 2007. Masa jabatan yang sekarang sebagai Komisaris Perseroan akan berakhir pada 2012. Beliau juga menjadi Dosen Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Kepala Proyek Penelitian dan Pengembangan Pendidikan bidang ICT di ITS (2006-sekarang). Sebelumnya menjadi Pembentu Rektor III ITS (2003-2007), Komisaris PT ITS Kemitraan (2006-2007), Profesor tamu di Saga University, Jepang (2004) dan Kepala Program Publik University Link System – Jawa Timur (2003-2007). Meraih gelar Doktor Rekayasa Industri dan Sistem dari Hiroshima University, Jepang dan Master bidang Rekayasa Informasi dari Universitas yang sama, serta Sarjana Teknik Elektro dari ITS.
-Komite nomisari
M. Chatib Basri, dilahirkan pada tanggal 22 agustus 1965. mendapatkan gelar Master of Economic Development di Australia National University (1996), mendapatkan gelar PhD dari Australia National University dalam Ilmu Ekonomi (2001). Beliau menjabat sebagai peneliti di LPEM (1992), Dosen FEUI (1995-2001). Dalam selang waktu 1997-2001 menjabat sebagai asisten peneliti yang bekerja untuk Prof. Hal Hill di departemen ilmu ekonomi Australia National University. Beliau sebagai peneliti tamu untuk The Institute of South East Asian Studies di Singapura (2001) . Dan menjabat sebagai Associate Director for Research bagi LPEM (2001-sekarang).
Dewan Direksi
- Direktur Utama
Dwi Soetjipto, lahir pada tanggal 10 Nopember 1955, diangkat sebagai Direktur Utama Semen Gresik pada 2005. Beliau mengelola keseluruhan aspek operasional dari Semen Gresik Group. Masa jabatan yang sekarang sebagai Direktur akan berakhir pada 2015. Bergabung dengan Semen Gresik Group pada 1981 dan memiliki pengalaman luas dalam industri semen. Sebelumnya menjabat sebagai Kepala Departemen Litbang Semen Padang (1990-1995), Direktur Litbang Semen Padang (1995-2003), dan Direktur Utama Semen Padang (2003-2005). Beliau juga menjabat Komisaris Utama PT Igasar (1998-2003). Koordinator Bidang Diklat dari Institut Semen dan Beton Indonesia (2000-sekarang). Meraih gelar Doktor Bidang Ekonomi dari Universitas Indonesia, Jakarta, Magister Manajemen dari Universitas Andalas, Padang dan Sarjana Teknik Kimia dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. (Gaji Dirut)
- Direktur Keuangan
Ahyanizzaman, lahir pada tanggal 06 Juli 1966, diangkat menjadi Direktur Keuangan pada RUPSLB 11 Maret 2011, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Divisi Keuangan (2006-2010), Kepala Divisi Keuangan dan Akuntansi (2010-2011) PT Semen Gresik (Persero) Tbk. Mengawali karir di PT Semen Gresik (Persero) Tbk mulai tahun 1991. Lulusan S1 akuntansi Universitas Airlangga Surabaya.
- Direktur Litbang Dan Operasional
Suharto, lahir pada tanggal 18 Oktober 1951, diangkat menjadi Direktur Litbang dan Operasional pada 2005. Beliau bertanggung jawab atas kegiatan teknik mesin, penjaminan kualitas dan pengadaan dari Semen Gresik Group. Masa jabatan yang sekarang sebagai Direktur Perseroan akan berakhir 2010. Beliau bergabung dengan Semen Gresik pada 1979. Sebelumnya menjabat sebagai Kepala Departemen Produksi III Pabrik Tuban (2000-2002) dan Kepala Kompartemen Pabrik Tuban (2002-2005). Menjabat Kepala Departemen Pengembangan Perusahaan/Wakil Manajemen (2000) dan Komisaris PT IKSG (2002-2005). Sarjana Teknik Mesin dari Institute Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya. (Gaji DirLitbang)
- Direktur Pemasaran
Irwan Suarly, lahir pada tanggal 04 Februari 1967, diangkat sebagai Direktur Pemasaran pada tahun 2006. Dicalonkan oleh pemegang saham Perseroan yaitu Blue Valley Holdings PTe. Ltd. Beliau bertanggung jawab atas kegiatan pemasaran, transportasi dan distribusi dari Semen Gresik Group. Masa jabatan yang sekarang sebagai Direktur Perseroan akan berakhir pada 2011. Sebelum bergabung dengan Semen Gresik, menjabat sebagai Commercial General Manager for International Market (1997-1998) dan Sales & Marketing Director (1998-2004) dari PT Riau Andalas Kertas dan Operasional Manager PT Great Pineapple (1993-1997). Meraih gelar Master of Business Administration dari Institut PPM, Jakarta dan Bachelor Degree in Business Administration dari University of Iowa. (Gaji DirPemasaran)
- Direktur Produksi
Suparni, lahir pada tanggal 13 Desember 1958, diangkat sebagai Direktur Produksi pada 2007. Beliau bertanggung jawab untuk kegiatan pemeliharaan dan produksi dari Semen Gresik Group. Masa jabatan yang sekarang sebagai Direktur Perseroan akan berakhir pada 2012. Bergabung dengan Semen Gresik pada 1986. Sebelumnya menjadi Kepala Kompartemen Produksi Pabrik Tuban 2007 dan Kepala Departemen Pengembangan Perusahaan (2006-2007). Kepala Produksi II Pabrik Tuban (2002-2006). Lulusan Insinyur Listrik dari ITS Surabaya. (Gaji DirProduksi)
- Direktur Sumber Daya Manusia
Bambang Sugeng SI, lahir pada tanggal 12 Oktober 1957, diangkat sebagai direktur Sumber Daya Manusia pada RUPSLB 11 Maret 2011. Sebelumnya menjadi Kepala Divisi Hukum dan Manajemen Risiko (2006-2011), menjabat sebagai komisaris di Varia Usaha Beton (2006-2011). Beliau mengawali karirnya di PT Semen Gresik (Persero) Tbk mulai tahun 1987. Lulusan S1 Teknik Fisika ITS Surabaya dan S2 Magister Hukum Universitas Narotama Surabaya.
- Direktur Pengembangan Usaha dan Strategi Bisnis
Erizal Bakar, lahir pada tanggal 19 Agustus 1955 , diangkat sebagai Direktur Pengembangan Usaha dan Strategi pada RUPSLB 11 Maret 2011. Beliau mulai berkarir di PT Semen Padang, 1983-2005. Menjabat posisi Direktur Pemasaran di PT Semen Tonasa, 2005-2011. Beliau menyelesaikan jenjang strata 1 nya di jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Bandung tahun 1982, dan melanjutkan ke jenjang S2 Magister Manajemen Universitas Andalas Sumatera Barat tahun 2004.
Setelah di analisa dan di buat struktur organisasi dari PT.Semen gresik ini termasuk ke dalam struktur organisasi bentuk Lini.

 Strategi

Di tengah maraknya pemain semen baru di Indonesia, penjualan Semen Gresik di area Jember periode Januari hingga Agustus 2016 menembus 191.982 ton, naik 1,56% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Dengan ini, Semen Gresik menguasai pasar mayoritas, yakni 70 persen. Acara yang dihadiri 1.200 orang ini juga dimeriahkan oleh penampilan band ibukota, Radja. Selain itu, Perseroan memberikan hadiah senilai ratusan juta rupiah, dengan hadiah utama 5 buah sepeda motor, gadget, dan alat-alat elektronik lainnya.
Untuk sekedar diketahui, PT Semen Indonesia Tbk membukukan laba bersih sebesar Rp1,96 triliun pada paruh pertama tahun ini, turun 11,7 persen jika dibandingkan dengan perolehan semester I 2015 yang sebesar Rp2,19 triliun.  Kompetisi bisnis yang semakin ketat menjadi faktor yang dituding menggerus pendapatan perseroan. Dalam laporan keuangannya, Semen Indonesia mengklaim berhasil menjual semen sebanyak 13,63 juta ton pada semester I 2016, termasuk pemasaran hasil produksi pabrik Thang Long Cement di Vietnam yang sebanyak 850 ribu ton. Volume penjualan perusahaan semen pelat merah itu naik 1,6 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu 13,42 juta ton.



Daftar Sumber :

http://finansial.bisnis.com/read/20160614/309/557552/semen-indonesia-smgr-dirikan-anak-usaha-garap-bisnis-internasional

http://blog.ub.ac.id/nurwaqiah/2012/03/21/struktur-organisasi-pt-semen-gresik/

https://ptsemengresik.wordpress.com/2007/12/17/profile-pt-semen-gresik-persero-tbk-2/

https://id.wikipedia.org/wiki/Semen_Indonesia

http://www.semenindonesia.com/page/get/grup-perusahaan-12

http://swa.co.id/swa/trends/strategi-semen-gresik-tingkatkan-pangsa-pasar-di-jember

http://finance.detik.com/industri/3284333/bangun-pabrik-di-rembang-semen-gresik-janji-tak-ada-pekerja-asing

4 komentar:

  1. @A27 - FEBBY
    Pembahasan dalam artikel anda sangat lengkap sebenarnya, hanya saja anda terlalu banyak mengcopy semua berita sehingga orang yang melihat akan malas untuk membaacanya jadi tidak efisien. Serta tidak dimasukkan logo perusahaan.

    Saran: Alangkah lebih baik, jika anda ingin memasukkan berita sebaiknya anda masukkan intinya saja tidak harus mengcopy paste semua isi berita tersebut.
    dan memasukkan logo perusahaan dan makna logo tersebut, saya rasa itu penting.
    Terimakasih

    BalasHapus
  2. A47-MOZA
    Menurut saya artikel ini sudah keren Namun seharusnya bisa lebih dikembangkan dengan bahasa yang lebih mudah dipahami lagi dan lebih spesifik lagi penjelasannya.

    BalasHapus
  3. @38-TIANA
    Informasi yg sudah ada sudah lengkap namun, sebaiknya lebih diringkas lagi ya..terimakasih

    BalasHapus
  4. @A49-HANI
    Artikelnya sudah cukup baik, namun sebaiknya dibuat point poinnya , agar lebih mudah di fahami.

    BalasHapus