Kamis, September 29

Keunggulan PT Mayora Indah Tbk Menarik Konsumen Sampai Pasar Global





Keunggulan PT Mayora Indah Menarik Konsumen Sampai Pasar Global

           PT Mayora Indah Tbk merupakan perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman di Indonesia dan merek-mereknya pun sudah terkenal tidak hanya di dalam negeri namun sampai ke luar negeri. Kini Mayora sudah mulai berkembang menjadi perusahaan Fast Moving Consumer Goods yang mempunyai inti usaha di bidang makanan dan telah diakui secara Global. PT Mayora Indah didirikan pada tanggal 17 Februari 1977 dengan mendirikan pabrik pertama nya yang berlokasi di Tangerang. Perusahaan ini telah tercatat di Bursa Efek Jakarta sejak tanggal 4 Juli 1990 dan telah menjadi perusahaan publik. Saat ini, PT. Mayora Indah Tbk. memproduksi dan memiliki 6 (enam) divisi yang masing masing menghasilkan produk berbeda namun terintegrasi, ada Divisi Biskuit, Kembang Gula, Wafer ,Coklat, Kopi, dan Makanan Kesehatan.

             PT Mayora kini tidak hanya memasarkan produknya di Indonesia saja , namun sudah mampu untuk bersaing di Pasar Global. Terbukti dengan beberapa produknya yang terkenal dantara lain Biskuit dengan pabrik biskuit terbesar di Asia Tenggara (Marie Roma, Slai O’lai, Better, Danisa dan Sari Gandum), Permen yang menjadi salah satu pelopor permen kopi dan menjadi merek permen nomor 1 di dunia (Kopiko, Kis, dan Tamarin), Wafer & Chocolate yang menjadi pelopor hadir-nya wafer roll dan coklat pasta dengan kualitas tinggi (Astor, Beng-beng, Superstar, Zuperr Keju, dan Choki-choki), Kopi yang merupakan produsen kopi instan terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara (Torabika Brown Coffe, Torabika 3inOne, Torabika Cappucino), Mayora Nutrition (Energen Oat Milk), Bubur (Super BUbur), Mie Instan (Mie Gelas), Minuman (Vitazone, Teh Pucuk Harum & Kopiko 78°C) dan beberapa varian produk lainnya. Saat ini produk-produk tersebut telah didistribusikan ke lebih dari 52 negara di dunia seperti Amerika Serikat, Australia, Belanda, Jerman, Jepang, Iran, Italia, Inggris, Spanyol, Korea Selatan, Saudi Arabia, Portugal dan beberapa negara lainnya.
          Dibalik kesuksesannya dalam memproduksi produk yang berkualitas dan disukai banyak orang serta sampai di ekspor ke Luar Negeri dan merajai pasar di tujuan Negara tersebut. Ada beberapa keunggulan yang dimiliki PT Mayora Indah Tbk. PT Mayora Indah memmiliki keunggulan dalam kualitas, diferensiasi dan inovasi produk yang didukung dengan strategi pemasaran yang berfokus kepada konsumen yang menjadi andalan untuk dapat bersaing di Luar Negeri. PT Mayora berpedoman terhadap kualitas, diferensiasi dan inovasi produk karena tidak hanya dapat untuk menarik konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan namun dapat meningkatkan produk yang dihasilkan agar tetap dapat bersaing di pasar Luar Negeri. Selain itu, Sumber Daya manusia juga sangat berperan penting dalam perkembangan perusahaan ini yang dapat mendorong pertumbuhan bisnis. Adanya Proses, karena dengan proses yang terstruktur membuat Mayora lebih cepat dan efektif dalam mengambil suatu keputusan agar produknya tepat sasaran dan cepat sampai ke konsumen. Dan tak lupa juga dengan brand, merek-merek andalan nya seperti seperti Roma, Torabika, Beng-Beng, Astor, Kopiko dan masih banyak lagi, adalah merek yang memiliki unsur heritage yang kuat, yang mampu membuat ikatan emosional di hati konsumen sehingga dapat bertahan di top of mind konsumen sampai saat ini.
           Dalam meningkatkan ekspor adapun manajemen yang dilakukan oleh PT Mayora Indah seperti Pertama, fokus geografis, dalam hal ini memetakan negara-negara yang memiliki potensi pasar besar, yang dapat memberikan dorongan pertumbuhan secara signifikan.  Kedua, investasi dalam penelitian konsumen, guna memahami secara mendalam sikap dan perilaku konsumen untuk mengidentifikasi kebutuhan yang berbeda di setiap negara. Ketiga, investasi sumber daya manusia, high profile local talent recruitment. Keempat, investasi infrastruktur seperti membangun sistem jaringan distribusi di negara bersangkutan untuk mencapai more effective route to market.
Dengan Inovasi- inovasi terbaru yang selalu ditingkatkan dan dikembangkan oleh PT Mayora yang mampu memperkuat perusahaan tersebut tidak hanya untuk menarik konsumen di pasar dalam negeri namun di luar negeri juga. Hal tersebut membuktilan bahwa visi & misi yang menjadi acuan PT Mayora berhasil untuk diimplementasikan dalam perusahaannya, berikut Visi & Misi PT Mayora Indah :

  • Menjadi produsen makanan dan minuman yang berkualitas dan terpercaya di mata konsumen domestik maupun internasional dan menguasai pangsa pasar terbesar dalam kategori produk sejenis.
  • Dapat memperoleh Laba Bersih Operasi diatas rata rata industri dan memberikan value added yang baik bagi seluruh stakeholders Perseroan.
  • Dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan negara dimana Perseroan berada.

PT Mayora Indah juga mendapat penghargaan :
  • Top 100 Exporter Companies in Indonesia dari Majalah SWA
  • Top Five Best Managed Companies in Indonesia dari Asia Money
  • Top 100 public listed companies (2009-2010) oleh Investor Magazine Indonesia
  • Best Manufacturer of Halal Products (2004) Majelis Ulama Indonesia
  • Sertifikat SNI ISO 9001:2008
  • Sertifikat ISO 22000:2005




Sumber :
http://profil.merdeka.com/indonesia/m/mayora-indah/
http://swa.co.id/swa/trends/marketing/mayora-indah-produknya-merajai-pasar-dunia
http://www.mayoraindah.co.id/profil/

7 komentar:

  1. Informasi mengenai pt mayora ada yang kurang seperti apa saja produk yang pt mayora pasarkan dan juga harga saham pt mayora tidak disebutkan . @B04-PRIMA

    BalasHapus
  2. @B10-YUNITA

    Untuk desain mindmap sudah bagus, namun masih ada yang kurang seperti produk mayora ini sudah dipasarkan kemana saja di Indonesia dan juga luar Indonesia (jika ada) dan juga makna dari logo mayoranya belum ada kenapa pt mayora memilih logo tersebut untuk identitas perusahaannya, dan juga struktur organisasinya juga belum ada. Saran untuk simbol2 seperti tangan, gedung, dan sub2 mindmap dibuat seperti yangbagian manajemen dan divisi, karena menggurangi keindahan mindmap karena menutupi shape dialog

    BalasHapus
  3. @b01-vinny
    desain mindmap yang dibuat sudah sangat bagus dan lengkap tetapi tidak terdapat motto dari pt mayora sendiri dan di dalam mindmap tidak terdapat produk-produk apa saja yang di jual oleh pt mayora

    BalasHapus
  4. @B02-RAUDA
    Artikel ini sudah cukup bagus, namun masih kurang diinformasikan nama yang mendirikan PT Mayora tersebut. dan juga tidak dijelaskan PT Mayora ini bekerjasama dengan perusahaan mana saja.

    BalasHapus
  5. @B11-NINGSIH
    Artikel ini sudah bagus dan cukup lengkap. kekurangannya cuma di penjelasan sama siapa pt mayora bekerja sama dan apa saja produk-produknya. sedangkan mind mepp-nya sudah cukup bagus.

    BalasHapus
  6. @B05-YAP
    mind mapping pada artikel ini sudah cukup bagus tetapi penjelasannya untuk hal yang sedikit penting dari informasi perusahaan PT MAYORA masih kurang.

    BalasHapus
  7. B41- Diaz

    Mainmaping nya sudah bagus dan lengkap beegitupun penjelasannya

    BalasHapus