Jumat, September 30

PT Bukit Asam Perusahaan Kelas Dunia dengan Hati yang Mulia

PT Tambang Batubara Bukit Asam (Persero) Tbk, sudah eksis semenjak zaman kolonial Belanda, tepatnya di wilayah operasi pertamanya di tambang Air Laya pada tahun 1919.
Dengan pertama kali menggunakan metode penambangan terbuka (open pit mining).

Saat ini PTBA semakin naik daun terbukti Pada 1950, Pemerintah RI kemudian mengesahkan pembentukan Perusahaan Negara Tambang Arang Bukit Asam (PN TABA). Pada 1981, PN TABA kemudian berubah status menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT Tambang Batubara Bukit Asam (Persero) Tbk, yang selanjutnya disebut Perseroan. Dalam rangka meningkatkan pengembangan industri batubara di Indonesia, pada 1990 Pemerintah menetapkan penggabungan Perum Tambang Batubara dengan Perseroan.
Sesuai dengan program pengembangan ketahanan energi nasional, pada 1993 Pemerintah menugaskan Perseroan untuk mengembangkan usaha briket batubara.
Selain itu PTBA memiliki budaya kerja, visi misi, nilai dan anak perusahaan yang wajib kamu ketahui, berikut informasinya














Tidak Hanya menjadi perusahaan energi kelas dunia PTBA pun memiliki visi misi perduli pada lingkungan hal ini dibutikan dengan Tanggung Jawab Peusahaan.
“PTBA ingin terus tumbuh dan berkembang bersama masyarakat sekitar, membangun hubungan yang harmonis di tengah-tengah lingkungan yang lestari dan dapat memberi manfaat seluas-luasnya untuk memenuhi harapan para pemangku kepentingan.”
- PT Bukit Asam

Perseroan melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) dengan terus mendorong pertumbuhan ekonomi dan membangun kemandirian masyarakat serta berupaya memperbaiki kualitas lingkungan hidup.
Perseroan ingin terus tumbuh dan berkembang bersama masyarakat sekitar, membangun hubungan yang harmonis di tengah-tengah lingkungan yang lestari. Dengan demikian, keberadaan Perseroan dapat memberi manfaat seluas-luasnya dan memenuhi harapan para pemangku kepentingan, yakni pelanggan, mitra kerja, pemerintah, pemegang saham, pegawai dan masyarakat sekitar.
Untuk menunjukan keseriusannya PTBA memiliki visi misi CSR yaitu:

- Visi CSR
“Visi CSR Perseroan adalah “Mewujudkan masyarakat sejahtera, mandiri dan berwawasan lingkungan”.

 - Misi CSR
  • Mendukung program pemerintah untuk meningkatkan taraf ekonomi, sosial, pendidikan masyarakat serta pelestarian lingkungan.
  • Memberdayakan potensi lokal dan memperluas pasar untuk perluasan kesempatan kerja bagi masyarakat sekitar perusahaan.
  • Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mendukung rencana jangka panjang perusahaan dan pengembangan lokasi pasca tambang.

 Selain itu Perseroan telah mengadopsi ISO 26000:2010: Guidance on Social Responsibility dan Global Reporting Initiative (GRI) sebagai panduan dalam pelaksanaan program CSR berstandar internasional. Program CSR Perseroan terintegrasi dalam “Pedoman Umum CSR PTBA” dengan lingkup program terdiri dari PKBL, Program Bina Komunitas, dan Program Bina Wilayah, dapat diidentifikasikan sebagai berikut:
·         Ekonomi,
·         Lingkungan,
·      Sosial (hak asasi manusia, tenaga kerja, tanggung jawab produk, dan kemasyarakatan).

Fokus kegiatan tersebut dijabarkan dalam berbagai program/kegiatan yang menyentuh aspek-aspek pembangunan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat lokal, kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup, pelaksanaan non diskriminasi dan penghargaan hak azasi manusia, jaminan kesehatan dan keselamatan kerja serta upaya peningkatan kesejahteraan para karyawan, jaminan keamanan penggunaan produk dan kepuasaan pelanggan serta menjalin hubungan harmonis dengan masyarakat.
Melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) serta Bina Wilayah, Perseroan mengadakan kegiatan yang bertujuan memberdayakan potensi sosial ekonomi dan penciptaan kualitas hidup yang lebih baik untuk masyarakat dan lingkungan sekitar. Pelaksanaan PKBL dan program Bina Wilayah berpedoman pada Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Undang-Undang Perseroan Terbatas.

Kesuskesan PTBA dalam karirnya sudah dibuktikan dengan Pencapaian dan Penghargaan yang di dapat, yaitu

Penghargaan & Pencapaian

1.     April - Top Performing Listed Companies 2009 dalam acara Investor Award 2009 untuk emiten sektor Industri Dasar dan Primer.
2.     Februari - Award Terbaik III Bidang Sosial, dalam CSR Award yang diselenggarakan oleh CSR Indonesia
3.     Februari - Award Terbaik III Bidang Sosial, dalam CSR Award yang diselenggarakan oleh CSR Indonesia
1.     Memperoleh sertifikat OHSAS 18001 Standard Management System bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja dari TUV Nord Germany.
2.     Mei 2010 - Best Listed Companies 2010 dari Investor Awards 2010


4 komentar:

  1. @A45-PUTRI
    Menurut saya pada mindmap Anda kurang lengkap untuk isinya, karena hanya ada sub judul saja, lebih baik kalau sedikit dijelaskan.
    Saran saya lebih dibuat menarik lagi mindmapnya semenarik penulisnya hehehe :)

    BalasHapus
  2. @A09-RIZ
    Menurut saya mind map anda kurang rapih, coba di rapihkan kembali.

    BalasHapus
  3. @A38-TIANA
    menurut saya, terlalu banyak gambar..cukup tuliskan saja dgn singkat agar mudah dipahami. Terimakasih

    BalasHapus
  4. @B43-FALAH
    cukup jelas saran saya lebih diminimalisir keterangannya biar lebih jelas.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.