Kamis, Oktober 6

ARTIKEL PT ANEKA TAMBANG (ANTAM) Tbk, TUGAS KB03 @B08-PUSPITA

ARTIKEL TENTANG PT ANEKA TAMBANG (ANTAM) Tbk.

Perusahaan Perseroan (Persero) PT Aneka Tambang Tbk. didirikan pada tanggal 5 juli 1968 dengan nama “Perusahaan Negara (PN) Aneka Tambang”  berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 1968 sebgai hasil dai penggabungan dari Badan Pimpinan Umum Perusahaan-perusahaan Tambang Umum Negara, Perusahaan Negara Tambang Bauksit Indonesia, Perusahaan Negara Tambang Emas Tjikotok, Perusahaan Negara Logam Mulia, PT Nickel Indonesia, Proyek Intan dan Proyek-proyek Bapetamb. Atau dengan kata lain PT ANTAM Tbk dibentuk sebagai perusahaan BUMN melalui merger dari perusahaan pertambangan nasional yang memproduksi komusitas tunggal. ANTAM merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan yang terdiversifikasi dan terintegrasi secara vertikal yang berorientasi ekspor. Melalui wilayah operasi yang tersebar di seluruh Indonesia yang kaya akan bahan mineral, kegiatan ANTAM mencakup eksplorasi, penambangan, pengolahan serta pemasaran dari komoditas bijih nikel, feronike, emas, perak, bauksit dan batubara. ANTAM memiliki konsumen jangka panjang yang loyal di Eropa dan Asia. Mengingat luasnya lahan konsesi pertambangan dan besarnya jumlah cadangan dan sumber daya yang dimiliki, ANTAM membentuk beberapa usaha patungan dengan mitra internasional untuk dapat memanfaatkan cadangan yang ada menjadi tambang yang menghasilkan keuntungan.

Logo PT ANTAM Tbk

Logo ANTAM terdiri dari tiga gunung yang merepresentasikan sumber daya mineral dari produk-produk ANTAM. Logo ANTAM ini merepresentasikan ‘sumber mineral dan produk yang terdiversifikasi’


Visi ANTAM 2030:

"Menjadi korporasi global terkemuka melalui diversifikasi dan integrasi usaha berbasis Sumber Daya Alam"


Misi ANTAM 2030:
  • Menghasilkan produk-produk berkualitas dengan memaksimalkan nilai tambah melalui praktek-praktek industri terbaik dan operasional yang unggul
  • Mengoptimalkan sumber daya dengan mengutamakan keberlanjutan, keselamatan kerja dan kelestarian lingkungan
  • Memaksimalkan nilai perusahaan bagi pemegang saham dan pemangku kepentingan
  • Meningkatkan kompetensi dan kesejahteraan karyawan serta kemandirian masyarakat di sekitar wilayah operasi

Arti Visi PT ANTAM Tbk:

Korporasi
Badan usaha holding yang memberi nilai tambah kepada stakeholder

Global Terkemuka
  • Jangkauan pemasaran di seluruh dunia
  • Operasional berstandar kelas dunia
  • Perusahaan pengolah mineral terbesar di Indonesia
Terdiversifikasi dan Terintegrasi
  • Terdiversifikasi, bisnis yang pruden melalui pengembangan usaha secara horizontal
  • Terintegrasi, bisnis yang saling terkait dari hulu ke hilir
Berbasis Sumber Daya Alam
  • Pengelolaan sumber daya alam yang memberikan nilai tambah pada komoditas inti  dan bisnis pendukungnya
  • Komoditas inti:  produk berbasis nikel, bauksit, dan emas
Bisnis pendukung: energi, batubara, jasa eksplorasi, jasa permunian, tradingengineering,O&Mtransshipmenttraining centre, dan perkebunan

Strategi PT ANTAM Tbk
Pada dasarnya tujuan kami adalah meningkatkan nilai perusahaan melalui penurunan biaya seiring dengan usaha bertumbuh guna menciptakan keuntungan yang berkelanjutan.
Strategi kami adalah tetap berfokus pada bisnis inti perusahaan. Manajemen seringkali bertanya pada diri sendiri, “Bagaimana kita dapat memperoleh nilai yang maksimal melalui pemanfaatan cadangan yang dimiliki?” Pembangunan kekuatan perusahaan menjadi dasar untuk menjamin profitabilitas yang bersifat jangka panjang. Melalui maksimalisasi output produksi, perusahaan dapat meningkatkan pendapatan serta menurunkan tingkat biaya.
Kami berusaha untuk mempertahankan pertumbuhan melalui proyek-proyek pengembangan yang solid, aliansi strategis, akuisisi, serta peningkatan kualitas dan nilai cadangan dari sekedar menjual bahan mentah dan beralih untuk lebih meningkatkan kegiatan pemrosesan.
Kami berusaha untuk mempertahankan kekuatan keuangan perusahaan. Melalui peningkatan perolehan pendapatan, kami dapat memastikan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban, mendanai pertumbuhan masa depan, serta memberikan imbal hasil bagi pemegang saham melalui pembayaran dividen.

Budaya dan Nilai-Nilai PT ANTAM Tbk

ANTAM menetapkan nilai-nilai korporasi yang dikenal dengan nama PIONEER (Professionalism, Integrity, Global Mentality, Harmony, Excellence dan Reputation), yang aktualisasinya dimulai dari pimpinan yang bercirikan SENSE (Speed, Energize, Respect, and Courage) sehingga akan membawa Insan ANTAM ke level Human Capital Excellence yaitu Insan-insan ANTAM yang memenuhi kriteria BEST (Beyond Expectation, Environment Awareness dan Synergized Partnership).

Produk dari PT ANTAM Tbk
Komoditas utama ANTAM adalah bijih nikel kadar tinggi atau saprolit, bijih nikel kadar rendah atau limonit, feronikel, emas, perak dan bauksit. Jasa utama ANTAM adalah pengolahan dan pemurian logam mulia serta jasa geologi. 

Sumber :
http://www.idx.co.id/id-id/beranda/perusahaantercatat/profilperusahaantercatat.aspx

aturipanama.staff.telkomuniversity.ac.id

3 komentar:

  1. @B04-PRIMA artikel nya sudah cukup bagus tapi masi ada yang kurang seperti indeks harga saham yang dimilik PT Antam untuk tahun inim

    BalasHapus
  2. @b09-lailatul menurut pendapat saya artikel ini cukup jelas namun pendapatan yang dicapai seharusnya lebih dijelaskan lagi.

    BalasHapus
  3. @B02-RAUDA
    Artikel ini sudah cukup bagus dan lengkap, namun alangkah baiknya artikel ini ditambahkan kunci sukses dari perusahaan ini itu seperti apa

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.