Jumat, Oktober 7

Indofood Bangun Pabrik Indomie di Serbia




Jakarta, CNN Indonesia -- Cita-cita PT Indofood Sukses Makmur Tbk untuk menguasai pasar mi siap saji di Eropa agaknya menemukan jalan. Produsen Indomie tersebut berhasil mendirikan pabrik di Serbia, Eropa Timur.

Keterangan resmi KBRI Beograd, seperti dilansir ANTARA menyebutkan, Presiden Serbia Tomislav Nikolic meresmikan pabrik mi instan milik Indoofood itu di Kota Indjija, sekitar 80 kilometer dari Ibukota Serbia, Beograd, Minggu (4/9). Pabrik mi instan itu merupakan salah satu bentuk penetrasi pasar non-tradisional yang dilakukan oleh Indofood dengan dukungan penuh dari KBRI Beograd. Indofood merasa, penetrasi pasar yang selama ini dilakukan oleh perusahaan itu masih dapat dikembangkan lebih jauh. maknya, Indofood ingin lebih mendekatkan Indomie dengan konsumennya di Eropa, dan tentunya untuk semakin mendominasi pasar Eropa.

Pabrik yang dibangun di atas tanah seluas lima hektare (ha) itu memiliki total nilai investasi sebesar 11 juta euro. Kapasitas produksi yang ada saat ini adalah 500.000 kardus/box Indomie tiap bulan dengan distribusi ke seluruh wilayah Eropa. Kendati baru diresmikan awal bulan ini, pabrik Indofood tersebut telah beroperasi sejak Agustus 2016 dan telah menyerap ratusan tenaga kerja di Serbia yang mayoritas merupakan generasi muda Serbia.Perjanjian perdagangan bebas yang dimiliki Serbia dengan berbagai negara di kawasan merupakan salah satu daya tarik yang semakin memperbesar optimisme terhadap suksesnya langkah Indofood di Serbia. Dukungan penuh baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah di Serbia terhadap Indofood merupakan faktor-faktor yang berperan besar pada investasi ini.


PROFIL
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (dahulu PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Gizindo Primanusantara, PT Indosentra Pelangi, PT Indobiskuit Mandiri Makmur, dan PT Ciptakemas Abadi) (IDX: ICBP) merupakan produsen berbagai jenis makanan dan minuman yang bermarkas di Jakarta Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1990 oleh Sudono Salim dengan nama Panganjaya Intikusuma yang pada tahun 1994 menjadi Indofood. Perusahaan ini mengekspor bahan makanannya hingga Australia, Asia dan Eropa. Dalam beberapa dekade ini PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) telah bertransformasi menjadi sebuah perusahaan Total Food Solutions dengan kegiatan operasional yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di rak para pedagang eceran


SEJARAH
Sejarah dari PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dahulu mencapai kesepakatan denangan perusahaan asal Swiss, Nestle S.A, untuk mendirikan perusahaan joint venture yang bergerak di bidang manufaktur, penjualan, pemasaran, dan distribusi produk kuliner di Indonesia maupun untuk ekspor. Kedua perusahaan sama-sama memiliki 50% saham di perusahaan yang diberi nama PT Nestle Indofood Citarasa Indonesia.


PRODUK UTAMA PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.

·                     INDOMIE
·                     POPMIE
·                     SARIMI
·                     SUPERMI
·                     MIE TELUR CAP 3 AYAM
·                     POP BIHUN
·                     CHEETOS
·                     CHIKI
·                     JET-Z
·                     LAYS POTATO CHIPS
·                     QTELACASSAVA CHIPS
·                     INDOMILK
·                     CAP ENAAK
·                     TIGA SAPI
·                     INDOESKRIM
·                     KREMER
·                     CRIMA
·                     NIKE YOQURT
·                     KECAP INDOFOOD
·                     SUN
·                     BUMBU KALDU INDOFOOD
·                     BUMBU INSTAN INDOFOOD
·                     BUMBU RACIK INDOFOOD
·                     BIMOLI
·                     SIMAS PALMIA
·                     HAPPY SALAD OIL
·                     BOGASARI
·                     LA PONTE
·                     TRENZ
·                     QUAKER OATS
·                     FRUITAMIN
·                     TEKITA
·                     SAMBAL INDOFOOD
·                     PROMINA


STRATEGI MANAJEMEN PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.

1). PRODUCT
Brand name yang digunakan adalah Indomie. Satu bungkus Indomie standard memiliki massa 85 gram, dan terdapat 2 sachet berisi 5 bumbu-bumbuan yang disertakan, yaitu kecap manis, saus sambal, minyak palm, bubuk perasa dan bawang goreng. Indomie juga tersedia dalam versi jumbo dengan massa 120 gram
Anonim, 2008). Indomie memiliki rasa yang sesuai dengan selera orang Indonesia. Indomie pun selalu berusaha memenuhi keinginan konsumen yang semakin banyak, terbukti dengan semakin bertambahnya variasi produk Indomie, mulai dari mie goreng, mie soup, mie regional (mie dengan variasi rasa sesuai dengan masakan tradisional daerah-daerah Indonesia), mie premium, serta mie jumbo.

2). PRICE
Indomie selain dapat dibeli perbungkus, dapat juga dibeli dengan paket 5 bungkus atau paket 1 kardus berisi 30 atau 40 indomie. Harga Indomie juga sangat murah dan terjangkau bagi semua kalangan masyarakat, di Indonesia, perbungkus indomie dihargai hanya sekitar Rp. 900,- ( Anonim, 2008).

3). PLACE
Group Distribusi Indofood memiliki jaringan distribusi terluas diIndonesia, menembus sampai hampir ke setiap sudut kepualuan. Jumlah titik stok (gudang) semakin diperbanyak secara agresif sejak tahun 2005, sehingga mampu menyediakan penetrasi yang lebih luas melalui rantai suplai dan penghantaran. Gudang stok ditempatkan pada area-area yang memiliki outlet retail yang banyak, termasuk pasar tradisional, sehingga setiap gudang dapat melayani masing-masing area geografis dalam waktu yang sesingkat mungkin (www.indofood.com). Di Yogyakarta agen-agen Indofood juga bekerjasama dalam menyediakan Indomie dengan warung-warung seperti Burjo (warung yang menyediakan bubur kacang hijau dan mie instan/mie goreng sebagai menu utama).

4). PROMOTION
Tagline : Indomie Seleraku
Iklan : billboard, iklan TV, sponsor acara
Event : Indomie menggelar ajang membuat lagu ”jingle” untuk pelajar SMA, acara tersebut berjudul Jingle Dare, yang berlangsung pada 24 April 2008.
Ditinjau dari aspek product life-cycle, Indomie saat ini berada pada posisimature, sudah stabil, memiliki brand equity yang sangat kuat sehingga dapat bertahan sebagai Top of Mind merek mie instan. Pada tahap ini Indomie tidak boleh lengah, dalam artian Indomie masih tetap harus mengadakan promosi untuk me-remind customer bahwa Indomie masih exsist, dan selalu berinovasi untuk merejuvenasi produk maupun strategi promosinya. Indomie sempat direbut pangsa pasarnya oleh Mie Sedaap (muncul tahun 2003) sehingga pangsa pasar Indomie menurun, meskipun masih tetap menguasai sebagian besar pasar... Indomie juga mengadakan acara ”Indomie Jingle Dare” untuk para pelajar SMA yang bertujuan untuk lebih memodernisasi Jingle-nya. Hal ini dimaksudkan untuk lebih meningkatkan brand awareness remaja/pelajar mengenai produk Indomie. Indomie melihat remaja/pelajar sebagai customer masa depan. Tentang strategi menghadapi persaingan, Indofood akan menerapkan strategi Mastering The Present, Pre-empting the Future. Strategi ini antara lain fokus kepada organic growth, memanfaatkan competitive advantage melalui scale, scope, span, dan speed. Selain itu akan menjalankan program cost efficiency and cost cutting. Di samping itu tetap melanjutkan segmentasi para konsumennya dengan memperkenalkan produk-produk dengan higher price and higher margin.



Visi dan Misi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
Visi dan misi yang ditunjukan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. adalah realistik, spesifik, dan meyakinkan yang merupakan penggambaran citra, nilai, arah dan tujuan untuk masa depan perusahaan.
Visi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. adalah “Menjadi perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan produk bermutu, berkualitas, aman untuk dikonsumsi dan menjadi pemimpin di industri makanan”.
Misi yang ingin dicapai oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. adalah “Menjadi perusahaan transnasional yang dapat membawa nama Indonesia di bidang industri makanan”.


SUMBER

3 komentar:

  1. @B30-TITA
    Cukup lengkap namun belum anda tampilkan sejarah perkembangan perusahaan

    BalasHapus
  2. @B38-FERDIKA
    Sudah cukup lengkap dan mind map sudah oke.

    BalasHapus
  3. @B39-DICKY
    Artikel sudah lengkap dengan sumber yang terjamin juga.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.