Jumat, Oktober 7

Sejarah dan Analisis SWOT Bank Mandiri


Sejarah Bank Mandiri
     Bank Mandiri didirikan pada 2 Oktober 1998, sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, empat bank pemerintah -- yaitu Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia dan Bank Pembangunan Indonesia -- dilebur menjadi Bank Mandiri, dimana masing-masing bank tersebut memiliki peran yang tak terpisahkan dalam pembangunan perekonomian Indonesia. Sampai dengan hari ini, Bank Mandiri meneruskan tradisi selama lebih dari 140 tahun memberikan kontribusi dalam dunia perbankan dan perekonomian Indonesia.
     PT Bank Mandiri (PERSERO) Tbk. adalah bank yang berkantor pusat di Jakarta, dan merupakan bank terbesar di Indonesia dalam hal aset, pinjaman, dan deposit. Bank ini berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, empat bank milik Pemerintah yaitu, Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), digabungkan ke dalam Bank Mandiri.

Visi:
Menjadi Lembaga Keuangan Indonesia yang paling dikagumi dan selalu progresif
Misi:
Berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pasar
Mengembangkan sumber daya manusia professional
Memberi keuntungan yang maksimal bagi stakeholder
Melaksanakan manajemen terbuka
Peduli terhadap kepentingan masyarakat dan lingkungan

Produk-produk Bank Mandiri
Mandiri Tabungan
Mandiri Tabungan Bisnis
Mandiri Tabungan Rencana
Mandiri Tabungan Investor
Mandiri Tabungan Haji
Mandiri Tabungan Valas
Mandiri Rekening Giro
Mandiri Giro
Mandiri Deposito
Mandiri Deposito Valas
Mandiri Debit
Mandiri Debit eCommerce/Online
Mandiri e-Cash
Mandiri e-Money
Mandiri e-Tollpass
Mandiri Kartu Kredit
Mandiri Visa
Mandiri MasterCard
Mandiri Kredit Konsumer
Mandiri KPR
Mandiri KPR Multiguna
Mandiri Kredit Tanpa Agunan
Mandiri Mitrakarya
Mandiri Tunas Finance

 Produk Investasi
  Reksadana
  Obligasi Negara Ritel & Sukuk Ritel

 Bancassurance
  AXA Mandiri Financial Services
  Mandiri Investasi Sejahtera
  Mandiri Jiwa Sejahtera
  Mandiri Rencana Sejahtera

Berikut merupakan analisis SWOT Bank Mandiri (Persero) Tbk, antara lain :
A.    Strength (Kekuatan)
     Bank Mandiri menawarkan berbagai produk perbankan yang mempermudah nasabah dalam bertransaksi, serta mengaplikasikan layanan 24 jam. Layanan ini terdapat berbagai bentuk misalnya Mandiri Mobile, Mandiri Internet Bisnis, Mandiri Internet, Mandiri SMS, Mandiri Call, dan Mandiri ATM.
Pertama, Mandiri mobile adalah layanan mobile banking pada smartphone  (Blackberry, Android, dan iPhone) dengan tampilan menu yang menarik dan mudah digunakan. Dengan mandiri mobile Nasabah dapat melakukan transaksi finansial (transfer, pembayaran, pembelian, dll), transaksi  non finansial (cek saldo, cek histori transaksi, dll), informasi lokasi cabang/ATM, informasi kurs dan fitur-fitu rmenarik lainnya. Untuk menggunakan layanan ini, Nasabah perlu mengaktifkan layanan mandiri sms kemudian mengunduh aplikasi mandiri mobile. Nasabah dapat mengunduh aplikas iini di Blackberry App World, App Store, dan Google Play.

Kedua, Mandiri internet bisnis adalah layanan e-banking untuk melakukan transaksi financial dan non financial dengan aplikasi internet banking yang diperuntukkan bagi Nasabah bisnis dari segmen perorangan dan perusahaan khususnya kategori perusahaan kecil dan menengah. Fitur yang terdapat di dalam layanan mandiri internet bisnis antara lain informasi umum rekening, transfer, pembayaran, pembelian, admiminstrasi, infomasi bisnis dan aktivitas bisnis.

Ketiga, Mandiri SMS. Ketik SMS atau Pilih Menu Kini, transaksi perbankan di Mandiri semakin mudah dengan hadirnya layanan ini. Mandiri SMS adalah layanan perbankan yang dapat Nasabah gunakan untuk bertransaksi perbankan melalui SMS di ponsel Nasabah. Keuntungan dari layanan ini adalah transaksi  perbankan dapat kapan saja dan dimana saja, mudah dan fleksibel, lebih efisien, memakai semua jenis SIM Card, serta apapun jenis SIM Card yang nasabah miliki, transaksi perbankan dapat nasabah lakukan.

Keempat, Mandiri Call, layanan perbankan otomatis 24 Jam melalui telepon atau ponsel yang membuat Nasabah semakin dekat dengan rekening nasabah dan memudahkan nasabah mengatur keuangan lebih leluasa tanpa batasan waktu dan tempat. Melakukan transaksi perbankan semudah nasabah menekan tombol telepon.

B.     Weakness (Kelemahan)
Bank Mandiri memiliki salah satu fitur yaitu,e-cash.Tetapi selain memiliki manfaat fitur e-cash masih memiliki kelemahan dan masalah  yaitu:
·         Susah untuk mengakses jika server bermasalah.
·         Timbulnya kejahatan seperti penyadapan, pembobolan
·         Membutuhkan internet. Jika tidak ada internet, maka transaksi tidak akan berjalan.
Bank Mandiri memiliki fitur KTA (Kredit tanpa Anggunan). Tetapi masih ada beberapa kelemahan dari KTA tersebut.yaitu:
·         Resiko keamanan terbesar dalam mobile banking adalah non-dienkripsi server penyedia layanan ponsel. Hal ini relative sangat mudah bagi seorang hacker ahli untuk mendapatkan informasi account atau debit dan informasi kartu kredit dari pengguna.
·         Kecepatan saat melakukan transaksi tidak begitu cepat

C.    Opportunity (Kesempatan)
Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, bank Mandiri memiliki peluang dalam  meningkatkan financial inclusion, yaitu perluasan akses layanan perbankan kepada masyarakat yang belum memanfaatkan jasa layanan perbankan. Financial inclusion adalah topik yang penting bagi Indonesia sebagai bentuk peningkatan akses pelayanan financial untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Secara langsung, financial inclusion dapat membantu masyarakat dalam mengubah sifat konsumerisme atau consumptive menjadi masyarakat yang cenderung akan menyimpan uang mereka dalam bentuk rekening pribadi.

D.    Threat (Ancaman)
·         Penggunaan teknologi yang semakin canggih oleh para pesaing dalam memberikan pelayanan kepada pihak nasabah
·         Ancaman pesaing tetap menjadi yang utama, pesaing tidak datang dari dalam negeri, tetapi dari luar negeri
·         Pesaing tidak hanya sesama bank konvensional saja, sekarang mulai banyak bermunculan Bank Syariah, yang akan menambah daftar pesaing Bank Mandiri
·         Kondisi/suhu politik Indonesia yang mash belum stabil, hal ini akan menyebabkan dampak negatif bagi perekonomian Indonesia, termasuk Perbankan di Indonesia, termasuk Bank Mandiri

Sumber:


7 komentar:

  1. @B29-SELFIANA
    artikel ini sangat membantu dan penjelasan di maindmap sangat baik mudah untuk pembaca membacanya.

    BalasHapus
  2. B22-ALVIQIA
    Menurut saya penjelasan tentang artikel ini sudah cukup bagus dan baik

    BalasHapus
  3. @B30-TITA
    Komentar saya pada artikel ini, mindmap cukup baik dan penjelasan sangat lengkap

    BalasHapus
  4. @B40-ARIEF
    Penjelasan di atas sudah cukup baik dan dengan adan nya mind map tersebut pembaca dapat lebih mudah dalam memahami dan mengerti akan perusahaan yg ada analisis tersebut.

    BalasHapus
  5. B39-Dicky
    Artikel ini sudah lengkap dengan sumber yang terpercaya

    BalasHapus
  6. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  7. kalau analis swot tentang m-banking seperti apa??apa ada yg punya contohnya/paper nya??

    BalasHapus