Selasa, Oktober 4

PT. SINAR MAS MULTIARTHA, Tbk.


Sinar Mas Group adalah salah satu konglomerasi terbesar di Indonesia. Perusahaan ini dibentuk tahun 1962 dan memiliki banyak anak perusahaan seperti Asia Pulp & Paperdan produsen minyak sawit PT. SMART TBK. Sinar Mas Group didirikan oleh seorang pengusaha keturunan Tionghoa, Eka Tjipta Widjaja. Bisnis utamanya ialah pulp dan kertas, agribisnis, properti dan jasa keuangan.
Sinar Mas melihat kesempatan beroperasi yang diberikan oleh masyarakat, bangsa dan negara dimana kita berada: Indonesia, sebagai sebuah kehormatan dan berkah. Sinar Mas selalu menempatkan azas legalitas serta nilai sosial dan budaya sebagai landasan seluruh kegiatannya.
Dalam menghasilkan komoditas, barang dan jasa berkualitas dengan harga yang kompetitif, Sinar Mas tak hanya memberikan pengembalian yang baik kepada para pemegang saham, tapi juga berupaya meningkatkan kualitas lingkungan serta kehidupan masyarakat sekitar. Dengan pendekatan tersebut Sinar Mas selalu dapat beroperasi secara berkelanjutan.


Filosofi Logo Sinar Mas


Sinar Mas Menurut prinsip visual Barat, logo Sinar Mas terdiri dari empat macam unsur visual, adalah garis, bentuk, warna, bidang positif dan negatif. Komposisi logo Sinar Mas berhasil untuk menciptakan keseimbangan yang simetris, berhasil untuk menampilkan irama yang berulang dan progresif, dan berhasil mencapai komposisi yang bersatu yang centralize. Menurut prinsip Feng Shui, logo Sinar Mas terdiri dari tiga macam unsur visual, yaitu bentuk Yin dan Yang, bentuk Wu Xing, dan warna Wu Xing. Komposisi logo Sinar Mas berhasil untuk menciptakan keseimbangan prinsip Yin dan Yang yang baik dan berhasil menampilkan dinamisme irama energi Qi, dan berhasil menciptakan keselarasan siklus Wu Xing. Gambar 5. Interpretasi Makna Logo - Sinar Mas (Sumber: Olahan Ng) Jadi, logo ini berkomposisi Self Contained Unit menyerupai bentuk-bentuk dasar yang sering ditemui dan komposisi logo terlihat menyatu. Logo Sinar Mas menerapkan tiga visi perusahaan, yaitu menjaga keseimbangan pilar utama keberlanjutan usaha seperti sosial, lingkungan, dan ekonomi. Visi tersebut dapat diwakili oleh keseimbangan komposisi simetris, kemudian irama berulang dan progresif seperti aliran energi Qi yang bermanfaat. Komposisi logo Sinar Mas juga mewakili keselarasan prinsip Wu Xing, baik perpaduan bentuk maupun warna dari siklus productive Wu Xing. Kemudian, karena Sinar Mas merupakan induk perusahaan dari beberapa sektor industri, maka tidak dapat ditentukan unsur yang cocok dengan prinsip Feng Shui.


Visi dan Misi Sinar Mas

Visi
STANDAR GLOBAL, LAYANAN LOKAL


Untuk menjadi lembaga keuangan terkemuka pada masa ini dan di pasar masa depan dengan memfokuskan kepada pelanggan, memberikan keunggulan kelas dunia di semua bidang layanan yang ditawarkan melalui berbagai saluran lokal.

Misi

  1. Mencapai operasi platform terpadu yang kuat dan handal didukung oleh sinergi perusahaan untuk memberikan solusi kepada semua pelanggan kami dengan kebutuhan keuangan yang beragam.
  2. Memperoleh dan mempertahankan kepemimpinan pasar dalam 5 pilar keuangan: Perbankan, Investmentasi Perbankan, Asuransi, Pembiayaan Konsumen, dan Manajemen Aset baik disektor konsumen maupun korporasi.
  3. Mengelola tanggung jawab perusahaan dan pemerintahan yang transparans, bersih dan berintegritas dalam semua layanan dan operasi kami.
  4. Memajukan pengetahuan lokal dan khusus untuk jaringan Nasional yang komprehensif guna mempertahankan sumber daya yang luas dan berbasis pelanggan.


Anak Perusahaan Sinar Mas
PT. SINAR MAS MULTIARTHA Tbk, sebelumnya dikenal sebagai PT. Internas Artha Leasing Company, didirikan pada tahun 1982 dan merupakan perusahaan induk dari Perusahaan Keuangan Terpadu dalam Sinar Mas Unit, yang meliputi Multifinance, Asuransi, Pasar Modal, Jasa Administrasi Saham, Keamanan, Perdagangan dan Industri serta Teknologi Informasi.
Berikut adalah bagan yang saya dapatkan terkait anak perusahaan PT. Sinar Mas MULTIARTHA Tbk.
Sumber:

9 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. @B29-SELFIANA
    terimakasih infonya dan tentang fisolofi logonya

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. @B06-MENUR
    Menurut saya artikel ini sudah efektif dan terperinci .

    alangkah lebih baik jika perkembangan perusahaan dicantumkan pula.

    BalasHapus
  5. @B37-Ulfi
    Bermanfaat sekali artikelnya, mindmap nya oun sudah jelas.

    BalasHapus
  6. @B08-PUSPITA
    komentar : mind mapping yang dibuat sudah cukup bagus tetapi bisa dibuat lebih menarik lagi, kiat-kiat sukses dari perusahaan ini apa saja agar kita dapat mempelajarinya

    saran : semoga artikel ini bermanfaat untuk pembacanya

    BalasHapus
  7. @B46-FEBRI
    Menurut saya, artikel ini suduh cukup lengkap. Tetapi masih ada yg kurang. Tidak dijelaskan bagaimana perkembangan perusahaan ini.

    BalasHapus
  8. @B44-INDRI
    Mindmap dan penjelasannya sudah sangat lengkap.

    BalasHapus
  9. @B05-YAP
    mind map dan penjelasannya sudah cukup bagus

    BalasHapus