Jumat, Desember 23

ALShoes

 
Business Plan

BAB I
PENDAHULUAN

Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap
kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan sandang, memungkinkan banyak orang yang membuka usaha yang berhubungan dengan sandang, seperti usaha sepatu.
Usaha ini semakin menjanjikan keuntungan yang memuaskan. Hal ini dapat dibuktikan melalui semakin banyaknya permintaan akan sepatu dan semakin menjamurnya toko-toko khusus sepatu. Sepatu sudah menjadi bagian dari kehidupan warga urban khususnya perkotaan.
Persaingan di dunia bisnis juga semakin tinggi. Untuk menghadapi persaingan yang tinggi itu perlu dilakukan strategi agar permasalahan-permasalahan yang ada dapat diatasi dengan baik. Adapun hal- hal yang melatarbelakangi permasalahan tersebut meliputi permasalahan dalam menjual sepatu ke berbagai lapisan masyarakat. Keterbatasan ruang dan waktu yang dihadapi oleh perusahaan dalam memasarkan sepatu baru juga dalam menyampaikan informasi terhadap pelanggan dengan cepat dan tepat. Cepat dan tepat maksudnya adalah pelanggan dapat menerima langsung informasi tentang sepatu yang mereka inginkan.


 BAB II
KONSUMEN/ TARGET PASAR

ALShoes adalah toko yang menjual beranekaragam sepatu wanita maupun pria. Sehingga banyak pilihan sepatu yang dipasarkan untuk konsumen. Sepatu yang kami pasarkan berkualitas baik. Dengan itu konsumen dapat memakainya dengan nyaman. Untuk memilih target konsumen ada konsepnya, yaitu menggunakan STP (Segmentasi, Targeting, dan Positioning). STP dari minuman ini yaitu :

Segmentasi :
·         Geografis: Kota-Kota Besar di Indonesia
·         Demografis:
-          Gender      : Wanita maupun pria
-          Usia           : 4 Tahun Keatas
-          SSE           : Semua Kelas Sosial
Targeting:
Pasar sasaran ALShoes adalah semua kalangan umur mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. ALShoes akan berlokasi  di tempat yang terjangkau dan banyak dikunjungi oleh semua orang.

Postioning:

“Berkualitas dan Nyaman dengan Produk ALShoes”


BAB III
BAGAIMANA MEMULAI BISNIS

Untuk menjalankan peluang bisnis ini, ada beberapa hal penting yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu, antara lain sebagai berikut :

3.1              Skill dan Pengetahuan
Terdapat beberapa bentuk pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan, yaitu : pengetahuan mengenai usaha yang akan dirintis dan pengetahuan akan lingkungan usaha di sekitarnya yang akan mempengaruhi kegiatan wirausaha, pengetahuan tentang peran dan tanggung jawab, pengetahuan tentang kepribadian dan tanggung jawab, dan pengetahuan yang terkahir adalah pengetahuan tentang manajemen dan organisasi bisnis. Modal utama Anda adalah skill dan pengetahuan tentang perkembangan sepatu apa saja yang saat ini ada di pasaran. Untuk itu Anda harus teliti melihat perubahan minat konsumen melalui koran, majalah, internet, maupun mengamati perkembangan sepatu yang sedang digemari masyarakat luas.
Dengan adanya pengetahuan tersebut, maka seorang wirausaha dituntut untuk bisa kreatif dan inovatif yang tercermin dalam:
•   Kemampuan dan kemauan untuk memulai usaha (start-up).
•   Kemampuan untuk mengerjakan sesuatu yang baru (creative).
•   Kemampuan dan kemampuan untuk mencari peluang (opportunity).
•   Kemampuan dan keberanian untuk menanggung resiko (risk bearing).
•   Kemampuan untuk mengembangkan ide dan meramu sumber daya.
3.2          Kerjasama/Jaringan
Untuk mempertahankan bisnis, salah satu strategi yang harus dibangun adalah dengan mengembangkan/memperkuat jaringan ( networking ) usaha.  Dimana kita harus dapat bersinergi, berkolaborasi dan saling menjalin kemitraan dengan toko-toko lain, baik usaha yang sejenis maupun usaha yang berbeda dengan tujuan untuk memperluas akses dan penting bagi peningkatan kualitas layanan dan produktivitas usaha dengan berbagai kemungkinan yang dapat dijalankan sekaligus dikerjasamakan. Menjalin kerjasama dengan supplier sepatu yang memberikan penawaran harga lebih murah tanpa harus mengesampingkan kualitas bahan dari sepatu yang digunakan.

3.3              Tenaga Kerja
Tenaga kerja juga menjadi salah satu bagian yang terpenting dalam berwirausaha. Tenaga kerja ikut menentukan tercapainya tujuan dan proses kegiatan usaha untuk mencapai keberhasilan yang telah ditetapkan wirausaha didalam perusahaannya. Tanpa adanya tenaga kerja yang berkualitas tidak akan ada keberhasilan didalam usaha tersebut. Oleh karena itu untuk memulai usaha carilah tenaga kerja yang benar-benar kreatif dan memiliki skill bagus dalam hal kemampuan melayani pelanggan dan sopan dalam berhubungan dengan pelanggan. Bila perlu lakukan seleksi ketat sebelum akhirnya menentukan tenaga kerja yang Anda gunakan.  

3.4              Kualitas
ALShoes adalah toko yang menjual beraneka ragam sepatu yang menjamin kualitas yang baik. Sepatu yang kami tawarkan diambil dari supplier yang sudah terjamin dan terbukti kualitasnya. Selalu lakukan pengontrolan (quality control) pada produk sepatu yang ditawarkan terhadap pelanggan, hal ini penting agar kualitas produk Anda tetap terjaga dan tidak kalah bersaing dengan produk minuman herbal lainnya yang ada di pasaran.

3.5              Trending Topic
Dengan sedikit kreatifitas dan cerdas melihat tren yang ada, kita bisa memanfaatkan trend yang ada untuk memperkenalkan usaha kita lebih luas lagi. Saya mengibaratkan seperti yang dapat kita lihat dari fenomena trending topic di Twitter. Perhatikan perkembangan trend sepatu di luar negeri agar produk-produk yang Anda ciptakan tidak ketinggalan jaman dan laris manis diserbu konsumen.


BAB IV
KEUNTUNGAN BISNIS

Tak bisa dipungkiri bahwa sampai kapan sepatu bisa digandrungi para konsumen dari berbagai kalangan. Karena menjamurnya toko sepatu yang dibuka. Maka dari itu banyaknya merk dan model yang dipasarkan menjadi solusi konsumen agar tidak ketinggalan trend yang ada.. Peluang inilah yang dimanfaatkan sebagian besar pelaku usaha sehingga mereka bisa meraup untung besar setiap bulannya melalui beraneka ragamnya model-mode sepatu yang dibutukan oleh konsumen.
Kondisi ini tentunya menjadi peluang besar bagi para produsen sepatu, sebab permintaan konsumen tidak hanya dari perorangan saja namun juga bisa melayani pesanan masal dari instansi tertentu.
Dampak positif yang ditimbulkan oleh usaha ALShoes adalah:
·         Pendayagunaan tenaga kerja lokal (menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar)
·         Memberikan contoh nyata cara melakukan wirausaha terhadap warga sekitar
·         Keuntungan dalam bisnis ALShoes ini yakni merupakan toko yang menjual beraneka ragam sepatu wanita maupun pria, mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa.
 
BAB V
KENDALA BISNIS

Beberapa kendala yang sering dihadapi para pelaku usaha sepatu yaitu ketersediaan bahan baku yang sering terlambat. Bila permintaan sedang naik, persediaan bahan baku pun cenderung sulit ditemukan sehingga mengakibatkan adanya kenaikan harga.
Kendala bisnis ALShoes, seperti:
·         Kenaikan mendadak harga bahan-bahan mengakibatkan perusahaan mengalami penurunan omzet
·         Produk baru dapat dengan mudah mendapatkan saingan serupa. Tantangan utama akan datang dari usaha-usaha yang memiliki modal lebih besar, dimana mereka dapat melakukan pembelian bahan-bahan secara lebih murah dengan grosir
·         Berkurangnya minat pasar apabila tidak dilakukan inovasi yang terus-menerus.

BAB VI
STRATEGI PEMASARAN

Untuk memperluas jaringan pemasaran produk ALShoes, Anda bisa melakukannya dengan mengikuti berbagai macam pameran UKM yang sering diselenggarakan instansi pemerintahan maupun swasta. Melalui kegiatan tersebut, Anda bisa menambah jaringan bisnis, dan memperbesar peluang pasar yang dimiliki.
Sedangkan untuk memperluas jangkauan pasar, Anda bisa memanfaatkan media massa seperti memasang iklan di majalah, koran, atau memanfaatkan internet marketing sebagai solusi tepat pemasaran UKM.

Pemasaran dan Strategi pemasaran yang akan dilakukan mencakup sebagai berikut:
1.      Pengambilan Keputusan
Proses keputusan pembelian dipandang sebagai serangkaian tahap yang dilalui pembeli dalam membeli sebuah produk atau jasa. Proses pengambilan keputusan ini menyertakan lima tahap, yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, tindakan pembelian dan evaluasi pasca-pembelian (Lee dan Johnson, 2007).
a.    Pengenalan kebutuhan
Pada tahap ini konsumen membayangkan kesenjangan antara keadaaan aktual dengan keadaan yang diharapkan.

b.    Pencarian informasi
Saat konsumen telah mengidentifikasi kebutuhannya, maka ia akan mengumpulkan informasi tentang cara pemenuhan kebutuhannya tersebut, baik secara internal, maupun eksternal.
c.   Evaluasi alternatif
Berdasarkan informasi yang telah dikumpulkannya, konsumen mengidentifikasi dan mengevaluasi cara-cara pemenuhan kebutuhannya dengan cara menilai pilihan terbaik dari segi harga, kualitas, waktu dan faktor lain yang dianggap penting.
d.   Pembelian
Setelah melalui berbagai pertimbangan, maka konsumen akhirnya membuat keputusan pembelian. Keputusan ini menyangkut jadi atau tidak melakukan pembelian, di mana dibeli dan kapan dibeli.
e.   Evaluasi pasca-pembelian
Setelah sebuah produk dibeli, biasanya konsumen akan menilai hasil pembelian.

2.      Keputusan Pembelian
Menurut Kotler (dikutip dari tjiptono, 1995 : 20) pada umunnya terdapat lima macam peranan yang dapat dilakukan seorang konsumen dalam proses pembelian barang ataupun jasa, yaitu :
a.    Pemrakarsa (initiator), yaitu orang yang pertama kali menyadari adanya keinginan atau kebutuhan yang belum terpenuhi dan mengusulkan ide untuk membeli suatu barang atau jasa tertentu.
b.    Pemberi pengaruh (infuencer), yaitu orang yang pandangan, nasihat atau pendapatnya mempengaruhi keputusan pembelian.
c.    Pengambil keputusan (decider), yaitu orang yang menentukan keputusan pembelian, misalnya apakah jadi membeli, apa yang dibeli, bagaimana cara membeli, atau dimana membelinya.
d.    Pembeli (buyer), yaitu orang yang melakukan pembelian aktual.
e.    Pemakai (user), yaitu orang yang mengkonsumsi atau menggunakan barang atau jasa yang dibeli.

3.       Perilaku Konsumen
Menurut Engel, et al. (1994), terdapat tiga faktor utama yang mempengaruhi perilaku konsumen, yaitu sebagai berikut.
a.    Faktor sosial budaya yang terdiri dari kebudayaan, budaya khusus, kelas sosial, kelompok sosial dan referansi serta keluarga.
b.    Faktor perbedaan individu, yang terdiri dari sumber daya konsumen, motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap, serta kepribadian, gaya hidup dan demografi.
c.    Faktor psikologis yang terdiri dari pengolahan informasi, proses pembelajaran, serta perubahan sikap dan perilaku
 
BAB VII
KUNCI SUKSES

Kunci sukses yang utama dari ALShoes ini adalah, memberikan pelayanan yang memuaskan dan respon yang cepat karena ALShoes ini lebih mengutamakan konsumen sebagai raja. Lalu juga kami selalu menanggapi pertanyaan-pertanyaan konsumen tentang apa saja yang bersangkutan dengan sepatu. Fokus terhadap satu usaha terlebih dahulu. Belajar dengan hal-hal baru mengenai suatu hal atau konsep bisnis.
Sebagai pelaku UKM ada dua kunci sukses yang perlu Anda terapkan. Pertama, pupuklah mental juara dalam diri Anda dan jadilah pemenang dalam setiap tantangan yang ada. Jangan pernah takut dengan persaingan yang ada di depan Anda, karena dalam setiap tantangan ada peluang baru yang bisa Anda manfaatkan. Kedua, teruslah kreatif dan inovatif.



BAB VIII
ANALISA EKONOMI
dana yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
-          Pembelian Kios                                                Rp. 45.000.000,-
-          Perlengkapan dan peralatan toko                      Rp. 55.000.000,-
-          Bahan Produksi                                               Rp. 25.000.000,-
-         Dan lain-lain                                                    Rp. 35.000.000,-  +
Total                                                                Rp. 160.000.000,-

BAB IX
PENUTUP

a)      Kesimpulan
Pada dasarnya ALShoes adalah toko yang mejual bermacam-macam sepatu wanita maupun pria dengan semua kalangan. Dengan menjamin memberikan kenyamanan kepada pelanggan dan memasarkan sepatu dengan kualitas terbaik. Dan juga memberikan harga yang terjangkau.
b)     Saran
Dapat memberikan gambaran tentang bidang usaha yang nanti nya akan memberi jaminan sukses dalam penjualannya atau peluang usaha yang dapat ditekuni sebagai usaha sampingan selain itu juga memberi kita pelajaran untuk berwirausaha.
c)      Penutup
Demikian perencanaan bisnis ini saya buat untuk memenuhi tugas kuliah. Semoga langkah ini dapat memberikan pengalaman baru dan bermanfaat untuk semua orang.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar