Jumat, Desember 23

Cool Man Sepatu

Business Plan

BAB 1
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Banyaknya jumlah mahasiswa dalam suatu Perguruan Tinggi dimana kebutuhan mahasiswa yang beraneka ragam,
Salah satu kebutuhannya adalah kebutuhan akan sandang, disini salah satunya adalah tentang sepatu. Sepatu memang menjadi salah satu kebutuhan wajib bagi kaum adam maupun hawa. Sudah banyak berbagai merek ternama yang berlomba-lomba mengeluarkan karya-karya terbarunya untuk memancing minat para pembelinya, terutama di kalangan mahasiswa dan mahasiswi yang masih kuliah untuk style untuk berpergian. Banyaknya peminat pemakai sepatu bermerek dikalangan remaja maupun dewasa menyebabkan tingginya permintaan di perusahan ternama merek sepatu. Dilihat dari kesibukan pemakai sepatu yang memang membuat mereka ingin memiliki sepatu lebih dari satu model dan berbagai macam merek ternama yang kwalitasnya yang terbaik. Disektor jasa kami menyediakan pelayanan penjualan sepatu ternama dan belum keluar modelnya di indonesia yang harganya terjangkau oleh kalangan perguruan tinggi.
Peningkatan kepercayaan dan mempermudah konsumen dalam berbelanja, kami menerapkan strategi pemasaran dengan mempromosikan dagangan kami dengan membandingkan barang yang sudah di jual dengan harga sebenarnya di toko. Strategi pemasaran ini dilakukan untuk memperluas pasar dan meningkatkan jumlah konsumen. Ketika jumlah konsumen yang berlangganan banyak maka target penjualan perbulan akan lebih mudah dicapai.


B. Rumusan Masalah
Mengacu pada uraian latar belakang di atas, maka rumusan pokok permasalahan program kreatifitas mahasiswa dijabarkan sebagai berikut :
1. Bagaimana cara meningkatkan jumlah konsumen agar berlangganan di Cool man Sepatu sehingga target penjualan perbulan dapat tercapai?
2. Bagaimana rincian laba/rugi yang diharapkan melalui usaha di Cool Man Sepatu?
3. Bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh menejemen Cool Man Sepatu?
C. Tujuan
1.      Memanfaatkan peluang usaha secara  di lingkungan Universitas Mercu Buana Jakarta dengan menerapkan strategi membandingkan barang di toko sepatu terkenal.
2.      Memperoleh keuntungan dari kegiatan usaha yang dilakukan melalui Cool Man Sepatu.
3.      Memperoleh laba bersih yang maksimal dari penjualan produk dan mampu memutar modal awal dalam waktu kurang dari 1 tahun.
D. Kegunaan
a. Bagi mahasiswa (dalam hal ini sebagai pelaksana):
1) Dari segi ekonomi
a)      Melatih mahasiswa dalam berwirausaha.
b)      Membangun kemandirian mahasiswa dalam memenuhi seluruh kebutuhan sebagai konsekuensi dari keberhasilan membangun usaha.
c)      Mendapatkan laba dari jerih payah usaha yang dirintis dari nol.
d)      Mendapatkan pengalaman usaha yang dapat memacu semangat untuk   mengembangkan bisnis.
b. Bagi mahasiswa (dalam hal ini sebagai konsumen):
·         Mempermudah mahasiswa (konsumen) dalam memenuhi kebutuhan sepatu yang bermerek yang tidak mengeluarkan uang yang banyak.
·         Merubah pola pikir mahasiswa misalkan sepatu original itu identik dengan harga yang mahal.
E. Luaran
Luaran yang diharapkan dari kegiatan ini, yaitu melalui Cool Man Sepatu memperoleh keuntungan dari hasil penjualan yang dilakukan. Memperoleh laba bersih yang maksimal dari penjualan produk dan mampu memutar modal awal dalam jangka waktu kurang dari 1 tahun.




BAB 2
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

1.      Analisis Produk
     Produk yang akan dijual adalah produk sepatu yang beragam jenis sepatu, tidak hanya dari sepatu olahraga saja namun bisa berupa sepatu casual, sepatu sneaker dan sepatu lainnya.  Jasa ini mengedepankan kualitas kebersihan sepatu yang sebanding dengan yang akan di keluarkan oleh toko ternama di indonesia.
2.      Pemasaran
Untuk meningkatkan kepercayaan dan mempermudah konsumen, kami menerapkan strategi membandingkan barang di toko sepatu terkenal. Strategi pemasaran ini dilakukan untuk memperluas pasar dan meningkatkan jumlah konsumen. Ketika jumlah konsumen yang berlangganan banyak maka target penjualan perbulan akan lebih mudah dicapai.



BAB 3
METODE PELAKSANAAN PROGRAM

1.      Riset Market
Sebelum melakukan usaha ini, pengusul terlebih dahulu melakukan pengamatan pasar dan melakukan uji coba kelayakan usaha ini melalui F-Page dimana sebagai langkah awal jualan ini menyediakan jasa menawarkan sepatu yang akan di jual ke teman-teman terdekat di lingkungan Universitas Mercu Buana, Jurusan Teknik Sipil dan meyakinkan konsumen misalkan barang yang kami jual original, bermutu dan belum keluar di pasaran.
2.      Konsultasi dengan pembimbing mengenai proposal PKM-K.
Setelah melakukan riset pemasaran dan telah menyusun proposal, dilakukan konsultasi kepada pembimbing untuk meminimalkan kekurangan atas penyusunan proposal.
3.      Menyiapkan desain website, F-Page, dan blog agar mampu menjadi rating
search engine.
4.      Mengatur jadwal kegiatan, tempat pelaksanan, dan merencanakan event untuk menarik konsumen.
5.      Evaluasi, membuat laporan, dan menyusun rencana ke depan.

Setelah berjalannya usaha ini selama 4 bulan, dilakukan evaluasi untuk menindaklanjuti usaha yang dijalankan. Kemudian menyusun laporan yang berisi untung atau rugi dari usaha, dari evaluasi dan laporan ini dibuat rencana ke depan untuk keberlanjutan usaha.

BAB 4
BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN

A.      Rancangan Biaya
Modal dari anggota sebesar Rp. 2.500.000,-
No
Nama Barang
Rincian
Jumlah
Peralatan & perlengkapan penunjang kegiatan
1
Modem
Rp. 300.000,-
Rp. 300.000,-
2
Pulsa internet
Rp.100.000
Rp. 100.000
3.
Sepatu
Rp. 600.000,-
Rp. 600.000,-
Jumlah dana anggota
Rp. 1.000.000,-
Tabel 1. Alokasi dana anggota sebelum proposal disetujui.

Berikut tabel pemohonan dana kepada KAMPUS dengan rincian alokasi dana yang diusulkan :
No
Nama Barang
Rincian
Jumlah
Peralatan dan perlengkapan penunjang kegiatan usaha
1
Buku Besar
5 @Rp. 20.000,-
Rp. 100.000,-
2.
Nota
20 @Rp 4.000,-
Rp. 80.000,-
3.
Printer ip2770
Rp 550.000,-
Rp. 550.000,-
Peralatan Yang Harus di Beli
4.
Pembelian Barang Dagangan
5 @Rp.600.000,-
Rp. 3.000.000,-
Lain-lain
5.
Listrik
6 bulan @Rp. 40.000,-
Rp. 240.000,-
6.
Transportasi untuk mengambil sepatu
Rp. 130.000,-
Rp. 130.000,-
7.
Website Cool Man Sepatu
Rp. 850.000,-
Rp. 850.000,-
JUMLAH TOTAL
Rp. 4.950.000,-






















 Tabel 2. Alokasi dana dikti.


  A.      Jadwal Kegiatan
Grafik 1. Jadwal kegiatan.
  B.      Penutup

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, maka terselesaikanlah proposal ini. Kami berharap semoga usaha yang kami jalankan dapat berkembang dengan lancar dan tidak ada halangan yang menghadang.
Kami yakin dengan rencana ini usaha yang akan kami lakukan mampu memperoleh keuntungan besar.
Dan hal-hal yang belum tercantum pada proposal ini akan dibahas secepatnya, dan yang tercantum akan ditinjau kembali sebagai pengajuan dan sebagai bahan pertimbangan bagi investor.
Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.