Jumat, Desember 23

RM "Raja Mode"






Kata Pengantar


Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan kepada kita semua kenikmatan - kenikmatan yang tak
terhitung nilainya mulai dari nikmat kesehatan, kesempatan serta keimanan khususnya nikmat yang telah diberikan kepada kami sehingga kemi dapat menyursun proposal usaha pakaian ini.
Dalam perkembangannya, kami telah menjalankan usaha kami dengan tingkat penjualan yang cukup lumayan disetiap harinya. Hal ini tentu membuat kami optimis bahwa usaha pakaian yang kami jalankan dapat terus berkembang dan mampu merambah ke pasar yang lebih luas.
Namun demikian, dalam prosesnya, kami menghadapi beberapa kendala diantaranya adalah keterbatasan modal sementara permintaan semakin tinggi. Oleh karena itulah kami menyusun proposal usaha pakaian ini. 
Kami berterimakasih kepada semua pihak yang telah membantu proses pembuatan proposal ini dan semoga proposal ini dapat kami jadikan sebagai pedoman serta pengajuan permohonan dana bantuan modal kepada pihak terkait guna mendapatkan keuntungan bersama.




BAB I
PENDAHULUAN

Sejak tahun 1998, ketika krisis moneter terjadi di Indonesia, banyak usaha kecil menengah yang akhirnya gulung tikar. Adanya inflasi yang tinggi membuat tingkat ekonomi Indonesia semakin memburuk dan tak ayal banyak pengusaha yang harus gigit jari menutup bisnisnya karena harga bahan baku yang semakin tinggi sementara daya beli masyarakat semakin rendah.
Hal tersebut terjadi pula pada usaha pakaian. Namun, pada beberapa tahun terakhir ini, mulai terlihat peningkatan penjualan yang signifikan karena beberapa hal diantara adalah semakin banyaknya perkembangan model di Indonesia yang mulai beredar. Perkembangan ini dapat dibuktikan dengan maraknya para artisdengan model-model pakaian barunya.
Artis sebagai publik figur terbukti ampu mendongkrak minat masyarakat untuk mengikuti tredi masa kini. Terlebih lagi kini muncul banyak inovasi pakaian yang menjadikan busana busana yang tidak kalah trendy dengan pakaian jenis umum seperti korean style. 
Usaha Pakaian kami memang baru mulai merintis sejak tahun 2015, kami telah melayani banyak pelanggan dan mampu tetap bertahan dari gempuran krisis ekonomi maupun kenaikan harga BBM. Usaha yang kami namai "RM Raja mode" telah terbukti kuat dan tetap bisa diandalkan sebagai sebuah usaha kecil menengah. 
Pada beberapa bulan terakhir ini, peningkatan penjualan pakaian telah meningkat secara signifikan bahkan permintaan yang ada tidak bisa kami penuhi karena keterbatasan produk. Oleh karena itu, melihat peluang yang ada kami berencana mengembangkan usaha kecil kami menjadi usaha kelas menengah dengan cara mebuka cabang di tempat event. 


BAB II
KONSUMEN/ TARGET PASAR

RM Raja Mode adalah jenis usaha yang bergerak dalam bidang Fashion, karena di jaman yang serba modern ini Fashion merupakan salah satu yang sangat cepat perubahannya dan yang sangat pasti semua orang pasti memakai baju. Visi kami adalah “Bukan mencari pembeli, namun mencari Pelanggan”. Target dari pemasaran produk kami adalah semua kalangan, tidak terbatas pada usia dan jenis pekerjaan, didasarkan pada bahwa manusia memerlukan pakaian.
Segmentasi :
  Geografis: Kota-Kota Besar di Indonesia
  Demografis:
-          Gender: Perempuan dan Laki-laki
-          Usia: Tidak terbatas
-          SSE: Semua Kelas Sosial
Targeting:
Sasaran RM adalah anak-anak, mahasiswa, semua pekerja, ibu-ibu dan bapak-bapak lansia, kelas menengah keatas, sedang dan kebawa yang memang membutuhkan pakaian.  RM  berlokasi  di Jakarta Barat JL. Basmol raya, kembangan utara.
Postioning:
“Tampil keren, trendy masa kini”

BAB III
ANALISIS INDUSTRI


3.1.   Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam hal fashion dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan masyarakat terutama sekitar Perumahan jakarta barat pada saat ini sangat besar.
3.2.   Analisis Persaingan
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian yang lengkap dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan dan tempat yang unik.
3.3.   Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
RM membidik pasar kelas menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha ini cenderung kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha fashion lainnya.
Pada awalnya pemenuhan permintaan pakaian dapat dipenuhi dari penjual pakaian, akan tetapi dengan semakin tinggi populasi rakyat, maka kemampuan penjual pakaian untuk memenuhi kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini mendorong kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

BAB IV
DESKRIPSI USAHA

4.1.   Produk yang dihasilkan
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian dan fashion lainnya sehingga menghabiskan sampai 3 lusin pakaian dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang semakin marak digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh anak remaja.
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
o   Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
o   Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style yang uptodate
Kegunaan produk :
Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat
Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
o   Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen,
o   kualitas produk terjamin
o   sesuai dengan selera masyarakat



4.2.   Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup lingkup usah pakaian ini kami rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan kami, maka dari itu kami berusaha memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen. RM berlokasi di daerah Jakarta Barat jl. Basmol Raya kembangan Utara.



BAB V
RISIKO

5.1.   Evaluasi tentang kelemahan Usaha
Strength (Kekuatan)
1.      Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif
2.      Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
3.      Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan
4.      Menjual produk yang berkualitas
Weaknes (Kelemahan)
1.      Persaingan pasar dengan perusahaan yang berskala nasional
2.      Berubahnya kondisi perekonomian
Oportunity (Peluang)
1.      Dengan tetap manjaga mutu dan kualitas produk, kami yakin kami dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul di kemudian hari.
2.      Saat ini dengan belum adanya perusahaan dengan bidang usaha sejenis di Komp. Garut Indah, membuat kami yakin bahwa kedepannya perusahaan kami akan maju.
Threaty (Ancaman) : Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan style-style terbaru.


5.2.   Gambaran tentang Masa Kini
Resiko yang dihadapi adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya Butik-butik maupun outlet-outlet yang menjual pakaian dengan lebih mudah dan murah yang berskala internasional. Dengan ini maka lambat laun akan semakin banyak orang yang mengunjungi butik lainnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal ini, maka kami selalumemberikan dan menyediakan produk yang terbaru dan tentunya sesuai dengan selera dan kebutuhan masyarakat. Dengan begitu pelanggan akan memiliki keterkaitan dan terus merasa perlu untuk datang ke tempat kami.

BAB VI
KEUNTUNGAN BISNIS

Dampak positif yang ditimbulkan oleh usaha RM adalah:
Pendayagunaan tenaga kerja lokal (menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar)
Memberikan contoh nyata cara melakukan wirausaha terhadap warga sekitar
Memperkenalkan pakaian-pakaian yang bermodel, trendy masa kini dengan harga yang terjangkau.
 
BAB VII
STRATEGI PEMASARAN

Strategi pemasaran yang akan dilakukan mencakup sebagai berikut:
·         Bagi konsumen dengan pembelian diatas 500 ribu akan mendapatkan diskon-diskon atau free ongkos pengiriman.
·         Memasukkan merk  ke dalam daftar sponsor di berbagai tempat.
·         Setiap beberapa periode, melakukan kerja sama dengan para distributor untuk melakukan sales blitz, yaitu penawaran di pusat-pusat keramaian.
·         Melakukan pendekatan dan negosiasi dengan manajemen pusat perbelanjaan agar diijinkan menempatkan beberapa iklan. Untuk hal ini bisa dilakukan langsung atau bekerja sama dengan distributor dan pemasok yang sudah ada saat ini.
Strategi penetapan harga produk RM  adalah:
·         Memberikan nilai tambah terhadap produk apabila tidak dapat bersaing secara harga dengan kompetitor yang sepadan


BAB VIII
KUNCI SUKSES

Kunci sukses yang utama dari RM ini adalah memberikan pelayanan yang memuaskan dan respon yang cepat karena RM ini lebih mengutamakan konsumen sebagai raja. Lalu juga kami selalu menanggapi pertanyaan-pertanyaan konsumen tentang apa saja yang bersangkutan dengan model model masa kini.



BAB IX
ANALISA EKONOMI

9.1 Modal Awal
Modal Awal produksi
Renovasi Awal & Desain Interior

Rp.   7.000.000,-
Kulakan baju grosir

Rp. 15.000.000,-
Biaya Soft Opening dan Promosi awal

Rp.     1.000.000,-
Biaya gaji karyawan tahun pertama

Rp.   13.200.000 ,-  
Jumlah Modal Produksi

Rp. 26.200.000,-

2.      Biaya lain-lain

Jumlah biaya lain-lain                          Rp. 5.000.000,-
Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi                                   Rp. 26.200.000,-
Jumlah biaya lain-lain                                      Rp.   5.000.000,-    
Total                                                                Rp. 31.200.000,-


9.2 Biaya Produksi Perbulan
Perhari pemasukan =  Rp. 800.000,- x 30 = Rp.  24.000.000
Modal pakaian perhari = Rp. 500.000,- x 30 = Rp.  15.000.000
Biaya karyawan perbulan = Rp. 1.100.000,-
Biaya sewa ruko dan listrik/ air = Rp. 3.500.000,-
Lain-lain = Rp.500.000,-

9.3 Omset Perbulan
Rp. 24.000.000,-

9.4 Laba Bersih Perbulan
Rp. 3.900.000,-




BAB X

PENUTUP


a. kesimpulan


            proposal usaha ini sangat berguna bagi para pembaca. Semua data yang kita butuh kan untuk membuka suatu usaha terkhusus usaha telah tercantum di dalam buku proposal saya ini. Semoga apa yang telah saya tulis dan rencanakan dapat menjadi inspirasi buat para pembaca.

b. Penutup

Demikian proposal usaha ini saya buat, dengan harapan dapat melaksanakan semua rencana-rencana serta tujuan yang telah saya buat. Mohon maaf bila ada kesalahan kata-kata atau pun tulisan. Semua kekurangan datangnya dari saya dan kelebihan datang nya hanya dari Tuhan Yang Maha Esa . saya ucapkan terima kasih.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar