Kamis, Desember 22

Dig Me Out Cheseecake






Bisnis Plan


BAB 1
Pendahuluan
1.1 Latar belakang
Cheesecake ialah salah satu jenis kue yang berbahan dasar cream cheese dan whiping cream, cheese cake sendiri jika diartikan dalam bahasa Indonesia ialah kue keju.
Cheesecake sendiri pertama kali dikenalkan itu dari Negara Yunani kuno. Dengan semakin berkembangnya zaman masuklah di Negara Indonesia. Cheesecake sangat mudah ditemui dimanapun, di toko kue, di dalam mall dan karena zaman sudah semakin canggih melalui online pun banyak yang menjualnya. Dengan usaha yang akan saya buat ini saya akan memasarkan Cheesecake melalui online agar lebih memudahkan para peminatnya, tapi juga bisa secara langsung dengan memasarkan di kampus.

Dig Me Out Cheseecake merupakan salah bentuk dessert yang dapat dikonsumsi oleh siapa pun, mulai dari anak-anak, remaja, orang tua bahkan lansia. Cheesecake sendiri memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga lansia pun dapat mengkonsumsinya. Oleh karena itu saya ingin mengembangkan bisnis berbahan baku chesee tersebut. Bahan-bahan untuk membuatnya pun sangat mudah ditemukan di toko-toko kue. Rasa-rasa yang terdapat di Dig Me Out Cheseecake yaitu ada : strawberry, coklat, blueberry, oreo

Dig Me Out Cheseecake ini dapat didibeli oleh kalangan menengah kebawah karena harganya yang tidak begitu mahal. Alasan saya mau mengembangkan bisnis ini dikarenakan banyak masyarakat Indonesia yang menyukai makanan dengan rasa yang enak, unik dan juga murah. 


1.2 Tujuan
1. ingin membuat jajanan atau camilan anak-anak yang bermutu dan sehat
2. memasarkan makanan yang murah tapi menyehatkan


1.3 Manfaat
Agar masyarakat Indonesia tidak memakan camilan atau jajanan yang kurang bersih, seperti menggunakan borax bahan pengawet, dan dengan mengkonsumsi Cheseecake ini terhindar dari bahan pengawet dan sehat.

BAB II
Target Pasar
2.1 Konsumen
Target pasar atau konsumen yang ingin diincar yaitu seluruh masyarakat umum, seperti anak-anak, anak sekolahan, mahasiswa, maupun orang tua. Karena Dig Me Out Cheseecake ini memang dapat dikonsumsi oleh seluruh masyarakat.

BAB III
Memulai Bisnis
3.1 Skill dan pengetahuan
Alasan saya untuk mengembangkan bisnis ini dikarenakan saya memang menyukai memasak, kemampuan yang saya punya pun cukup untuk bisa membuat Cheseecake dengan rasa yang enak. Skill yang saya punya selalu terus diasah dengan membuat makanan-makanan, khususnya mencoba untuk terus membuat Cheseecake yang lebih lezat lagi. Dan skill yang saya punya juga terus diasah dengan saudara saya karena saudara saya jauh lebih mengerti soal Cheseecake ini
Pengetahuan saya seputar Cheesecake didapt melalui ineternet, dan saya melihat tutorial yang ada di youtobe dalam membuat Cheseecake, sehingga ilmu yang saya punya terus bertambah dalam membuat Cheesecake ini.

3.2 Kerjasama atau jaringan
 Sampai saat ini saya belum mencoba untuk mencari atau bergabung dengan jaringan manapun untuk melakukan kerjasama dalam memasarkan Cheseecake ini, maksudnya jaringan yang dalam konteksnya luas dan besar. Saya hanya memasarkan Cheseecake ini secara langsung maupun d internet dan ada teman saya yang membantu memasarkannya atau dapat disebut dia itu reseller, tapi untuk jaringan khususnya saya belum mencoba untuk saat ini, mungkin nanti saya akan mencoba agar bisnis ini dapat berkembang dengan cepat.


3.3 Tenaga Kerja
Saya tidak menggunakan tenaga kerja, saya hanya membuat Cheseecake ini sendiri dan terkadang dengan saudara saya. Mungkin nanti jika usaha ini terus berkembang dan pesanan terus banyak, saya akan mengambil tenaga kerja agar tidak kesusahan.

3.4 Kualitas
Kualitas Dig Me Out Cheseecake ini sudah tidak diragukan lagi, karena orang-orang yang memakannya pun mengatakan bahwa Cheseecake ini sangat enak dan lezat, apalagi dengan harga yang tidak begitu mahal. Bahan-bahan yang digunakan pun dengan kualitas yang terbaik, tidak menggunakan bahan yang murah. Karena saya ingin Cheseecake ini memiliki kualitas rasa yang sangat enak sehingga bahannya pun tidak menggunakan yang sembarangan.

3.5 Trending Topic
Dig Me Out Cheseecake sendiri belum pernah heboh di sosial media, karena bisnis usaha ini masih kecil-kecilan dan belum luas jaringannya seperti yang saya bilang tadi, oleh karena itu Dig Me Out Cheseecake belum pernah menjadi Trending Topic sebagai bahasan yang sangat terpanas atau terkini dikarenakan memang belum heboh di sosial media dan belum ada yang menggunakan hastag dari para konsumennya.

BAB IV
Keuntungan Bisnis
Keuntungan dari bisnis ialah saya bisa membeli barang-barang dengan hasil uang saya sendiri berkat penjualan Cheseecake ini.

BAB V
Kendala Bisnis
Kendala yang didapat dalam usaha ini mungkin lebih ke pemasarannya, karena saya sendiri belum memiliki jaringan yang luas sehingga pesanan untuk Cheseecake ini pun masih standar dan belum sangat banyak. Dan juga kendalanya kalau yang membeli menggunakan via online itu terkadang membuat khawatir dalam perjalanan menuju konsumen tersebut, karena saya takut chesecake nya bisa berantakan karena menggunakan jasa pengiriman

BAB VI
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran Dig Me Out Cheseecake yaitu yang pertama menggunakan packaging yang menarik, supaya orang yang baru melihat bentuknya atau kemasannya sudah ingin membeli karena packagingnya yang bagus. Kemudian menawarkan harga yang standar tetapi rasanya sangat berkualitas dengan harga yang tidak semahal lainnya Cheseecake ini bisa dilirik oleh kalangan manapun. Lalu juga memiliki varian rasa yang banyak tetapi tetap enak adapun varian rasanya yaitu : coklat, strawbery, oreo, bluebery



BAB VII
Kunci Sukses
Kunci sukses yang selalu terapkan itu ialah pantang menyerah walaupun terkadang bisnis yang dijalankan sedang sepi atau tidak ada yang memesan, dan selalu melihat atau mencontoh orang-orang yang sukses usahanya dibidang kuliner untuk menjadi acuan atau motivasi saya agar bisa seperti mereka. Dan yang terpenting selalu berdoa dan mau berusaha unuk bangkit jika usaha yang digeluti terpuruk atau jatuh




BAB VIII
Analisa Ekonomi
8.1 Asumsi

No
Kegunaan
Rincian

1.       
Modal awal
Rp300.000

2.       
Biaya penyusutan


3.       
Biaya produksi perbulan
Biaya produksi ini tergantung berapa pesanan yang dibutuhkan, kalau ada sekitar 30 jar biaya yang dibutuhkan sekitar Rp350.000

4.       
Omset perbulan
Kalau perbulan ada 30 jar yang pesan omset yang didapat sekitar RP750.000

5.       
Laba bersih perbulan
Keuntungan bersih yang didapat sebulan kalau ada pesanan 30 jar sekitar RP400.000


BAB IX
Penutup
Jadi Dig Me Out Cheseecake ini merupakan salah satu jenis usaha yang bergerak di bidang makanan, dan memiliki berbagai macam varian rasa yaitu : coklat, strawbery, bluebery, dan oreo. Kemudian camilan ini sangat aman untuk dikonsumsi dan memiliki rasa yang sangat enak dengan tekstur yang lembut, Cheseecake ini dapat dikonsumsi oleh siapapun mulai dari anak-anak, remaja, orang tua bahkan lansia. Dengan harga satu jarnya Rp 25.000 saja kalian sudah bisa mencicipi enaknya Dig Me Out Cheseecake. Harga yang sangat murah dibandingkan lainnya sehingga sangat mudah untuk menarik perhatian konsumen, apalagi Dig Me Out Cheseecake dikemas dengan sangat apik yang pastinya juga menarik perhatian konsumen dimanapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.