Jumat, Desember 23

Warung Jepang

BISNIS PLAN


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang

Warung jepang adalah usaha kuliner dengan nuansa jepang yang bisa di nikmati atau diminati oleh semua kalangan terutama dengan harga nya yang murah tanpa mengurangi kualitas rasa dan kandungan gizi yang ada di dalam nya.
Mengingat bagaimana sebagian masyarakat yang masih awam terhadap makanan yang bernuansa luar negri maka inovasi yang akan di kembangkan adalah kuliner jepang yang memiliki harga yang dapat di jangkau oleh semua kalangan masyarakat.
Warung Jepang ini menjual makanan seperti takoyaki (dengan bahan dasar gurita), ebiyaki (dengan bahan dasar udang), dorayaki (dessert),  kakigori (seperti es serut ala Jepang), okonomiyaki (semacam martabak telur ala Jepang yang berisi sayuran dan daging).


1.2 Tujuan

1. Memperkenalkan kuliner bernuansa jepang dengan cita rasa yang ada didalamnhya kepada seluruh kalangan masyarakat.
2. Mengembangkan produk makanan yang ada di “warung jepang” yang masih awam di lungkungan masyarakat.

1.3 Manfaat
Agar masyarakat indonesia mampu mencicipi olahan makanan dengan inovasi yag baru dan memiliki gizi yang baik yang ada di dalamnya.


BAB II
Target Pasar
2.1 Konsumen

Target pasar atau konsumen yang ingin diincar yaitu seluruh masyarakat umum, seperti anak-anak, anak sekolahan, mahasiswa, maupun orang tua. Karena menu menu yang ada di warung jepang ini memang dapat dikonsumsi oleh seluruh masyarakat.

BAB III
Memulai Bisnis
3.1 Skill dan pengetahuan
Alasan saya untuk mengembangkan bisnis ini dikarenakan pada awalnya saya memang bekerja di sebuah restoran cepat saji dengan nuansa jepang dan dari situlah saya memiliki ide untuk berinovasi sesuai dengan pengetahuan yang saya tau dan dalam pemasarannya saya memilih untuk menjangkau semua kalangan masyarakat. Dan dalam pengetahuan mengenai menu menu dalam bisnis saya , saya selalu mencari tahu melalui internet baik dari membaca referensi maupun melihat cara pembuatannya. Skill yang saya punya selalu terus diasah dengan membuat makanan-makanan, khususnya mencoba untuk terus membuat menu yang akan saya pasarkan.

3.2 Kerjasama atau jaringan

 Sampai saat ini saya belum mencoba untuk mencari atau bergabung dengan jaringan manapun untuk melakukan kerjasama dalam memasarkan usaha ini, maksudnya jaringan yang dalam konteksnya luas dan besar. Saya hanya memasarkan ini secara langsung maupun di internet seperti blog , ataupun sosial media yang saya miliki.

3.3 Tenaga Kerja

Mengenai tenaga kerja, saya masih mencoba membuat menu menu ini sendiri dan terkadang dengan saudara saya. Mungkin nanti jika usaha ini terus berkembang dan pesanan terus banyak, saya akan mengambil tenaga kerja agar tidak kesusahan.

3.4 Kualitas

Kualitas menu warung jepang ini sudah tidak perlu diragukan lagi, karena dengan harga yang tidak begitu mahal masyarakat dapat mencicipi makanan dengan nuansa jepang. Bahan-bahan yang digunakan pun dengan kualitas yang terbaik, tidak menggunakan bahan yang murah. Karena saya ingin menu menu yang terdapat di warung jepang ini memiliki kualitas rasa yang sangat enak dan tanpa mengurangi kualitas gizi yang ada di dalamnya.

3.5 Trending Topic

Warung Jepang sendiri belum pernah menjadi tranding topic di sosial media, karena bisnis usaha ini masih kecil-kecilan dan belum luas jaringannya, oleh karena itu warung jepang belum pernah menjadi Trending Topic sebagai bahasan yang sangat terpanas atau terkini dikarenakan memang belum heboh di sosial media dan belum ada yang menggunakan hastag dari para konsumennya.


BAB IV
Keuntungan Bisnis

Keuntungan bisnis yang di dapatkan dari usaha ini adalah untuk lebih mengembangkan lagi warung jepang dan jika sudah memiliki keuntungan yang lumayan maka akan di tambahkan cabang di berbagai daerah.

BAB V
Kendala Bisnis

Kendala yang didapat dalam usaha ini mungkin lebih ke pemasarannya, karena saya sendiri belum memiliki jaringan yang luas sehingga pesanan untuk usaha ini pun masih standar dan belum sangat banyak. Dan juga kendalanya sebagian masyarakat masih awam mengenai menu menu yang kami sajikan jadi kemungkinan mereka untuk  mencobanya sedikit kurang.

BAB VI
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran Warung Jepang yaitu yang pertama menawarkan harga yang standar tetapi rasanya sangat berkualitas dengan harga yang tidak semahal lainnya. Menu menu d warung jepang ini bisa dilirik oleh kalangan manapun.dan menawarkan promo promo di dalamnya untuk menarik perhatian customer.

BAB VII
Kunci Sukses

Kunci sukses yang selalu terapkan itu ialah dengan terus berinovasi dan menyajikan makanan makanan dengan kualitas terbaik, tidak mudah menyerah meskipun sedang menghadapi kesulitan di dalam menjalankan usaha ini , selalu berkaca dari orang orang yang sukses dan yang penting selalu berdoa dan berusaha untuk mendapatkan hasil yang terbaik meskipun sedang dalam keadaan yang buruk.

BAB VIII
Analisa Ekonomi
8.1 Asumsi

No
Kegunaan
Rincian
Jumlah
1.       
Modal awal:
- ruko (perbulan)
- Meja dan kursi
- peralatan

Rp. 750.000
Rp. 350.000
Rp. 1.000.000



Rp. 2.100.000
2.       
Biaya penyusutan:
- meja dan kursi 1/48 bulan x 350.000
-Peralatan 1/12 x 1000.000


Rp. 7.300

Rp. 83.300




Rp. 90.600
3.       
Biaya produksi perbulan:
- bahan baku
-biaya listrik
-biaya promosi
-biaya penyusutan peralatan


Rp .1.000.000
Rp.  200.000
Rp.  300.000
Rp   90.600






Rp.1.590.600
4.       
Omset perbulan:
- takoyaki Rp.15000 (5 pcs) x 30 porsi
-ebiyaki Rp.15.000 (5 pcs) x 30 porsi
-dorayaki Rp.10.000 (2 pcs) x 30 porsi
-kakigori Rp.10.000 x 30 porsi
-okonomiyaki Rp. 20.000 x 30 porsi

Rp.450.000

Rp.450.000

Rp.300.000

Rp.300.000


Rp.600.000










Rp.2.100.000
5.       
Laba bersih perbulan:
2.100.000 - 1.590.600

Rp. 509.400




BAB IX
Penutup

Jadi warung jepang ini merupakan salah satu jenis usaha yang bergerak di bidang makanan, dan memiliki berbagai macam menu yaitu : takoyaki, ebiyaki, dorayaki, kakigori, okonomiyaki. Kemudian makanan ini sangat aman untuk dikonsumsi dan memiliki kandungan gizi yang baik di dalamnya. Kuliner ini dapat dikonsumsi oleh siapapun mulai dari anak-anak, remaja, orang tua bahkan lansia. Dengan harga satuan mulai dari 10.000 saja kalian sudah bisa mencicipi enaknya makanan khas jepang dengan. Harga yang sangat murah dibandingkan lainnya sehingga sangat mudah untuk menarik perhatian konsumen dimanapun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar