Senin, Desember 19

Missayume Make up & Hair do



Bisnis Plan
  

BAB I
PENDAHULUAN

Di era modern seperti ini pertumbuhan usaha kecil dan menengah di Indonesia semakin meningkat, banyak nya muncul berbagai macam usaha dari mulai bidang kuliner, fashion, IT, properti, dan jasa.
Dari usaha-usaha yang muncul mampu mengurangi jumlah penganggura yang tersedia dan meningkatkan pertumbuhan perekonimian di negara ini.

Selain itu Membuka usaha memang menjadi impian banyak orang, karena banyak sekali keuntungan yang bisa dapatkan dari situ. Selain bisa menjadi bos dari diri sendiri, jam kerja bisa diatur dengan fleksibel juga potensi penghasilan yang bisa lebih besar dibandingkan bekerja sebagai karyawan. Dengan membuka usaha sendiri, kita tidak hanya membantu diri kita tetapi juga membantu orang lain dengan memberi kesempatan mereka bekerja pada usaha kita.

Bidang jasa seperti Make Up Artist pada saat ini bisa dikatan sedang naik daun atau sedang diminati oleh banyak orang, karena saat ini banyak yang menggunakan jasa ini tidak hanya untuk acara pernikahan saja, tetapi untuk saat wisuda, photoshoot, acara kegiatan bahkan halloween. Bisnis ini juga dapat digabungkan dengan penyewaan baju adat atau kebaya, serta kursus untuk para pemula yang ingin mahir di bidang tersebut.

Dengan demikian tentu tidak jarang orang ingin membuka usaha dibidang jasa Make Up Artist ini, seiring dengan berjalan nya waktu, maka semakin banyak nya pula pelaku usaha di bidang ini, bahkan mahasiswapun sesungguhnya memiliki peluang untuk membuka usaha di bidang ini dengan kompetensi yang diperoleh dari kuliah.


BAB II
KONSUMEN
Target pasar yang di tuju adalah para perempuan dari semua kalangan, bahkan laki-laki pun bisa dalam konsep tertentu. Terlebih para pelajar dan mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan dan akan mengikuti acara wisuda di sekolah atau kampus nya. Bisa pula bergabung dengan para fotografer untuk memake up para model mereka.

BAB III
MEMULAI BISNIS MAKE UP ARTIST
3.1 Skill dan Kemampuan
Modal utama untuk membuka usaha ini adalah mengetahui bagaimana cara merias wajah seseorang sesuai dengan bentuk dan kondisi wajah nya, karena agar tidak salah atau bahkan terlihat berlebihan setelah di rias. Mengetahui tren-tren make up yang sedang booming, dan model hair do atau hijab yang sedang ada, menambah koleksi busana untuk disewa kan yang terbaru dan sesuai dengan tren. Sehinga kita harus jeli untuk melihat perubahan yang minat konsumen melalui media sosial, majalah, dan koran, bisa juga mengikuti event tentang make up dan fashion terkini.

3.2 Kerja Sama dan Jaringan
Menjalin hubungan kerja sama dengan para fotografer, sekolah umum, sekolah seni, dan WO untuk mendapatkan job tambahan, buat harga kerja sama yang tidak terlalu tinggi sehingga bisnis berjalan lancar hingga meningkatkan bisnis yang ada.

3.3 Tenaga Kerja
Jika job yang ada sedang meningkat gunakan tenaga kerja tambahan untuk membantu pekerjaan yang ada, mencari tenaga kerja yang memiliki skill yang bagus, minat yang tinggi, disiplin dan juga bertanggung jawab. Mungkin juga bisa merekrut siswi beauty class yang telah lulus dan mendapatkan sertifikat.

3.4 Kualitas
Selalu memberikan kualitas yang terbaik untuk para customer, dan menggunakan alat make up yang berkualitas serta bermerk untuk memberikan hasil yang maksimal. Dan juga menjaga kebersihan alat make up dan melihat tanggal kadaluwarsa pada make up.

3.5 Trending Topic
Memperhatikan tren make up yang sedang di minati banyak orang, agar membuat jasa make up yang di tawarkan tidak ketinggalan dengan zaman, dan mendapatakan banyak customer.

BAB IV
KEUNTUNGAN BISNIS
Jasa Make Up Artis tidak bisa dipisahkan oleh acara-acara bahagia pada seseorang, para konsumen yang berasal dari berbagai macam kalangan terlebih para wanita sangat menyukai berpenampilan yang lebih cantik di hari bahagia nya dibandingkan dengan hari-hari biasa nya. Di zaman yang serba praktis ini tidak sedikit orang yang rela menyisihkan uang nya untuk bisa berpenampilan lebih cantik dan tidak biasa pada hari bahagianya. Peluang inilah yang dimanfaatkan sebagian besar para pelaku usaha di bidang jasa Make up artis untung mendapatkan keuntungan.

Selain minat konsumen perorangan yang cukup tinggi, banyak juga para fotografer dan WO yang mengajak bekerja sama untuk membantu usaha nya. Kondisi ini tentu nya menjadi peluang besar bagi para make up artist.

BAB V
KENDALA BISNIS
Setiap usaha pasti memiliki kendala nya masing-masing, terlebih usah make up artist ini juga memiki kendala dalam usaha yaitu jarak customer yang terlalu jauh, busana-busana yang sudah tidak diminati, make up yang jika terjatuh kemudian mudah pecah, dan make up ternama yang masih sulit dicari di dalam negeri.

Disamping itu kami juga bersaing dengan para MUA (make up artist) ternama yang terlebih dahulu menggeluti bidang ini, karena mereka bisa memberikan hasil yang lebih natural dan baik. Untuk itu, sebisa mungkin kami dapat memberikan hasil yang terbaik untuk para customer dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan para MUA ternama.

BAB VI
STRATEGI PEMASARAN
Usaha dapat dikenal oleh calon customer salah satunya melalui media promosi, salah satu nya bisa mengikuti event yang sering diselenggarakan instansi pemerintahan ataupun swasta. Bisa juga melalui media sosial seperti facebook, instagram, blog, dan twitter. Selain itu juga melalui kartu nama yang diberikan ke beberapa orang yang dijumpai, pemberian hadiah dan diskon harga juga kerap diberikan sebagai media promosi.
BAB VII
KUNCI SUKSES
Jangan pernah takut merasakan kegagalan dan siap untuk bersaing dengan orang lain yang lebih terdahulu terjun dalam bidang bisnis yang sama, siap menerima tantang dari orang lain karena setiap tantangan memiliki peluang baru yang bisa dimanfaatkan. Terus lah berfikir kreatif dan meningkatkan inovatif untuk menghadapi persaingan yang ada dan tidak mudah untuk disingkirkan oleh pesaing.

BAB VIII
ANALISA EKONOMI
8.1 Asumsi
Gallery Make up berada di rumah sehingga tidak menyewa tempat, dan juga meneriman panggilan ke tempat customer
8.2 Modal Awal
Make up
Keterangan
Harga
1.      Make up box
Rp. 2.000.000
2.      Brush set
Rp. 1.000.000
3.      Foundation (oily skin & normal)
Rp. 500.000
4.      Primer (all type skin)
Rp. 300.000
5.      Concealer
Rp. 250.000
6.      Eye Shadow Palette
Rp. 1.000.000
7.      Eye brow, Mascara, Eyeliner
Rp. 400.000
8.      Lipstick
Rp. 400.000
9.      Blush On
Rp. 300.000
10.  Contour & Highlighter
Rp. 250.000

Total Rp. 6.400.000

Hair do & Busana
Keterangan
Harga
1.      Accesories rambut dan hijab
Rp. 1.000.000
2.      Hair spray
Rp. 150.000
3.      Gaun, kebaya, dan hijab
Rp. 5.000.000

Total Rp. 5.650.000


Biaya Promosi dll                                                                                                         Rp. 500.000
Jumlah Modal Awal

1.      Make Up
Rp. 6.400.000
2.      Hair Do & Busana
Rp. 5.650.000
Biaya Promosi
Rp. 500.000
Total
Rp. 12.550.000


8.3 Biaya Penyusutan
Peralatan mengalami penyusutan/penambahan koleksi, setelah masa pakai (per tahun) 

Keterangan
Harga
1.      Peralatan make up
Rp. 2.000.000
2.      Hair Do & Busana
Rp. 5.000.000
Total
Rp. 7.000.000
Di bagi/bln
7.000.000 : 12 = 584.000

8.4 Biaya Produksi
Keterangan
Harga
1.      Acc Hair do
Rp. 150.000
2.      Internet & telpon
Rp. 500.000
3.      Transport
Rp. 1.000.000
4.      Biaya promosi
Rp. 500.000
5.      Biaya penyusutan
Rp. 584.000
Total
Rp. 2.734.000

8.5 Omset per bulan
Keterangan
Harga
1.      Make up & Hair do (@Rp. 250.000 x 20 orang)
Rp. 5.000.000
2.      Sewa Gaun & Kebaya (@Rp. 200.000x15)
Rp. 3.000.000
Total
Rp. 8.000.000

8.6 Laba bersih perbulan
Rp. 8.000.000 – Rp. 2.734.000                                                                          = Rp. 5.266.000

BAB IX
PENUTUP
Di era modern yang praktis ini tidak sedikit orang yang rela menyisihkan uang nya untuk bisa berpenampilan lebih cantik dan tidak biasa pada hari bahagianya, bidang jasa seperti Make Up Artist pada saat ini bisa dikatan sedang naik daun atau sedang diminati oleh banyak orang, karena saat ini banyak yang menggunakan jasa ini tidak hanya untuk acara pernikahan saja, tetapi untuk saat wisuda, photoshoot, acara kegiatan bahkan halloween. Bisnis ini juga dapat digabungkan dengan penyewaan baju adat atau kebaya, serta kursus untuk para pemula yang ingin mahir di bidang tersebut.

Dengan demikian tentu tidak jarang orang ingin membuka usaha dibidang jasa Make Up Artist ini, karena sedang diminati banyak orang dan omset nya yang cukup menjanjikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.