Kamis, Januari 12

Bisnis Plan Kerupuk "LADALAH"

Kerupuk "LADALAH"

       A. Bisnis Plan Usaha Kerupuk “LADALAH

Dengan perkembangan zaman dan teknologi maka orang sekarang mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli makanan, karna pada masa kini banyak makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan kimia yang berbahaya. Sebagian masyarakat kelas bawah, memilih makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama mereka dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut. Untuk itulah kami bermaksud untuk membuat makanan yang memiliki rasa yang enak dengan harga yang cukup murah dan aman untuk dikonsumsi karna tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya, serta memiliki kandungan gizi yang cukup.
Dari uraian diatas maka sangat potensial bila kami mengembangkan usaha kerupuk ladalah ini, karena sebagian dari masyarakat sangat menyukai kerupuk ladalah ini karena rasa pedasnya yang membuat ketagihan. Selain itu, kerupuk ladlah ini dapat dinikmati oleh semua umur. Jadi, siapapun bisa untuk mengkonsumsi kerupuk ladalah ini baik orang yang sudah tua maupun orang muda. Kerupuk ladalah dapat dinikmati dalam kondisi apapun, baik malam hari maupun pagi hari.
Dengan alasan dan landasan tersebut kami berniat untuk merintis usaha kerupuk ladalah dan usaha kami tersebut kami beri nama atas kesepakatan bersama, yaitu: “LADALAH”. Dengan harapan pelanggan akan tertarik untuk datang dan membeli kerupuk kami dengan rasa penasaran akan kenikmatan rasa “LADALAH”

B. Konsumen
Target pasar yang ingin kami bidik adalah seluruh kalangan masyarakat untuk berbagai usia. Selain itu , kami juga menyediakan produksi untuk berbagai pesanan acara tertentu maupun pesanan berskala kecil. Kerupuk Ladalah merupakan pilihan yang baik untuk konsumen yang sedang mencari cemilan sehat sebagai salah satu konsumsi yang menarik dan dapat dihidangkan untuk berbagai kebutuhan konsumen.

         C.  Memulai Bisnis Kerupuk “LADALAH”
Hal penting yang perlu disiapkan dalam memulai bisnis ini adalah:
  • Modal utama dalam bisnis ini adalah skill dan pengatahuan mengenai produk makanan, minuman, dan snack apa yang sedang trend atau laris dikalangan masyarakat. Hal ini dapat dicari melalui media cetak maupun media elektronik.
  • Menjalin kerjasama dengan supplier bahan baku yang memberikan penawaran harga lebih murah tanpa harus mengesampingkan kualitas bahan yang digunakan.
  • Melalukan pengontrolan pada setiap produk yang akan dipasarkan.
         D. Keuntungan Bisnis Kerupuk “LADALAH”

Makanan ringan seperti Kerupuk Seblak Ladalah adalah beberapa jenis makanan ringan yang paling diminati oleh berbagai kalangan tanpa melihat umur (dibawah 2 tahun), jenis kelamin, dan jenis pekerjaan,  lingkungan tempat tinggal (pegunungan dan pantai).
Bahan baku yang digunakan dalam membuat Kerupuk Seblak LADALAH (Kerupuk Aci) dapat didapat dengan cukup mudah, karena banyak dijual dibanyak pasar dan supermarket.

E. Kendala Bisnis Kerupuk “LADALAH”
Kendala pada usaha ini adalah mengenai harga bahan makanan yang tidak pasti dan banyaknya pesaing yang memiliki usaha sejenis.

      F. Strategi Pemasaran
Adapun strategi pemasaran yang dapat kami lakukan dengan cara Dari mulut ke mulut promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat  akan mengetahui usaha kita.  Dan apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk berbelanja di tempat kami.
Selain promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti dapat melalui facebook, twitter, instagram, atau bisa juga disebut dengan online shop. Karna sebagian besar masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga  masyarakat dapat mengetahui usaha kita.
Selain itu, proses marketing juga dapat dilakukan melalui media pesan singkat berbasis teknologi seperi melalui aplikasi aplikasi yang disediakan oleh ponsel pintar. Diantaranya melalui : wahts up , line bbm maupun aplikasi sejenis yang dapat menyebarkan informasi secara cepat dan akurat. Dengan konten yang menarik dan pengembangan produk yang terus dilakukan. Selain itu proses pemsaran melalui komunikasi langsung kepada masyarakat.

G. Kunci Sukses
Sebagai pelaku UKM ada dua kunci sukses yang perlu diterapkan.
  • Fokus pada bisnis
  •  Terus belajar
  • Belajar dari pengalaman
  • Pemasaran yang tepat dan sempurna
  • Berdoa dan bersedekah


F.     Analisa Ekonomi
Modal Awal
No
Uraian
Satuan
Quantity
Harga
Total
1
Logo ladalah
pcs
1000
100
100.000
2
Baskom Besar
unit
5
25.000
250.000
3
Peralatan Masak
Unit
1
550.000
550.000
4
Mesin Pres Plastik
Unit
2
200.000
400.000
Total Modal Awal
1.300.000

Biaya Penyusutan
Peralatan mengalami penyusutan, setelah masa pemakaian sebagai berikut:
Peralatan produksi :
1.      Mesin Pres Plastik 1/12 bulan x Rp 200.000 x 2 unit             Rp.35.000
2.      Peralatan Masak  1/12 x Rp 500.000                                      Rp 45.000
Total penyusutan                                                         Rp.80.000
           
Biaya Produksi :
Kerupuk jadi                 2 bal  x 50.000                                  100.0000
Bahan pelengkap                                                                      50.000
Perlengkapan                                                                            50.000
Plastic Pembungkus    100 pack x 2000                                 200.000
Biaya transport                                                                         50.000
Biaya promosi                                                                         120.000
TOTAL                                                                                   650.00            
Total keseluruhan                                                         Rp 2.030.000

Produk terjual :
 Ladalah kerupuk putih                       500 pcs x Rp 5000 =  Rp 2.500.000
Ladalah kerupuk pedas                       250 pcs x Rp 5000 = Rp 1.250.000
Total penjualan                                                                     Rp 3.850.000

Laba bersih ;
Rp 3.750.000 – Rp 2.030.000 =  Rp 1. 720.000

Return of Investment (ROI)
(modal awal + biaya produksi) : laba bersih per bulan               + 2  bulan

Kontak Bisnis

Tlp               : 0896 3008 4545
Email           : andinitrinaziah00@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar