Kamis, Januari 12

Business Plan Gorengan MakNyusss...

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah

. Di zaman  modern ini kita memasuki era globalisasi yang menawarkan banyak  hal-hal yang instan, tidak terkecuali makanan. Proses yang instan inilah yang cenderung menurunkan kualitas makanan. Meski begitu menjamurnya makanan-makanan instan menyebabkan beberapa makanan tradisional sering terabaikan dan menurun jumlahnya di pasaran. Pada gilirannya hal tersebut menyebabkan para pembuat makanan tradisional merugi.
        
Ketatnya persaingan di pasar makanan tidak menyurutkan langkah kami guna  mencoba memproduksi suatu makanan tradisional yaitu “Gorengan MakNyusss….”.
       Jenis usaha yang akan kami jalankan ini akan kami pasarkan yang mampu menghasilkan makanan yang berkualitas dan menarik. Adapun produk makanan ini kami beri nama “GORENGAN MAKNYUSSS….”.

1.2.Tujuan

·         Agar tidak menghilangnya makanan tradisional
·         membuat makanan yang berkualitas dan menarik pada kalangan masyarakat
·         Mencari keuntungan dari modal yang kecil

1.3. VISI

Visi usaha kami yakni memperkenalkan dan mempertahankan kualitas produk makanan Indonesia “gorengan maknyusss” sehingga mampu menjadi makanan yang berkualitas, menarik dan diterima oleh kalangan masyarakat sebagai makanan cepat saji atau cemilan.

1.4.MISI

·         Memperkenalkan produk pada masyarakat luas
·         Memberikan kepuasan pada pelanggan
·         Memanfaatkan bahan baku utama, sehingga menjadi makanan yang berkualitas
·         Mencari keuntungan dari modal yang kecil











BAB II
RINGKASAN BISNIS

2.1. Profil Usaha

                Nama usaha  : Gotengan MakNyusss…
                Jenis usaha : Makanan Ringan
                Yang Dijual : berbagai Gorengan

2.2.  Gambaran Awal Usaha

Gorengan MakNyusss.. merupakan jajanan yang akan dipasarkan oleh kami. Produk ini dibuat menggunakan bahan baku standar pembuatan gorengan, seperti tepung, garam, sayur dan yang lain sebagainya. Namun yang membedakan Gorengan buatan kami adalah membuat masyarakat tertarik saat pertama mencobanya dan dibuat dengan bersih

 2.3.  Gambaran Produk

Gambaran Produk kami adalah dengan menjadikan pembeli sebagai target yang akan di capai, produk yang harus penulis buat adalah produk yang dapat di nikmati oleh berbagai kalangan dari masyarakat dengan tingkatan berbeda, produk ini juga bisa di nikmatin dari anak anak hingga orang dewasa.

2.4. Gambaran Persaingan

Bisnis gorengan memang sudah banyak, namun cita rasa yang berkualitaslah yang kami berikan kepada masyarakat

2.5. Gambaran Penjualan
Lokasi usaha kami ada di Pondok Bahar, Tangerang.  Kami memilih lokasi tersebut yang merupakan rumah kami karena letaknya yang berada di pinggir jalan. Untuk menunjang pemasaran.













BAB III
ANGGARAN

3.1 Perencanaan Keuangan
        Modal awal keseluruhan Rp. 150.000.00,- namun modal ini sebenarnya lebih dari cukup. Saya akan menggunakannya sesuai kebutuhan dan sisanya akan saya gunakan kembali untuk modal berikutnya. Berikut adalah anggarang yg saya gunakan:

NO.
PERALATAN
JUMLAH
HARGA
1
Tepung
2
Rp. 15.000,-
2
Tahu/tempe
50
Rp. 30.000,-
3
Minyak
1
Rp. 45.000,-
4
Sayur-sayuran
3
Rp. 20.000,-
5
Garam
1
Rp. 7.000,-
6
Total
Rp. 117.000,-

  3.2 Perkiraan Keuntungan

        Usaha kue saya diperkirakan akan memperoleh keuntungan sebesar :
        Penjualan awal sebanyak 50 porsi dengan rata-rata penjualan Rp. 1.500,-/porsi
        50 x Rp. 1.500,- = Rp. 75.000,-
        Keuntungan : Pendapatan - Biaya produksi
        Rp. 75.000,-  -  Rp. 100.000,- = Rp. 200.000,-
        Pengembalian modal : Total biaya produksi : Laba usaha
        Rp. 117.000.00,- : Rp. 200.000,- = 15 kali produksi
        Jadi modal akan mengalami pengembalian modal pada saat produksi ke 15



















BAB IV
PENUTUP

4.1 Kesimpulan
“GORENGAN MAKNYUSSS” merupakan makanan yang di ciptakan oleh penulis dalam bidang ini, penulis menciptakan makanan ringan ini atas survey yang penulis lakukan unuk mencari peluang bisnis yang baik dan bermanfaat (yang di butuh kan) oleh masyarakat, penulis sangat mengharapkan makanan yang penulis buat dapat diterima dan dapat disenangi oleh para konsumen dan tertanam dibenak masyarakat luas dengancara konsinyasinya makanan-makanan modern.
4.2 Saran
Penulis menyadari bahwa proposal ini jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi penyempurnaan prososal ini.
Demikian proposal ini, semoga kegiatan usaha penulis ini sehingga dapat berjalan dengan baik dan penulis berharap dalam mengembangkan kreatifitas dapat bermanfaat bagi penulis dan masyarakat.

Penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang membantu dalam penyusunan proposal ini sehingga dapat terselesaikan dengan baik dantepat pada waktunya, sekian terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar