Selasa, Januari 3

Bisnis Plan Tote Bag Denim

BISNIS PLAN

BISNIS PLAN USAHA TOTE BAG DENIM
Berawal dari celana jeans teman kami yang sudah tidak digunakan lagi karena sudah tidak muat untuk dipakai lagi sehinnga kami punya inisiatif untuk membuat tas dari celana jeans. Pemanfaatan suatu barang bekas lalu dikreasikan hingga menjadi suatu hal yang inovatif bahkan mampu menghasilkan karya yang dapat dipergunakan meski sekecil apapun itu selama bermanfaat, dan dirasa lebih unik dari pada mendapatkan barang baru. Barang bekas pun tidak selamanya jelek,usang,kotor,bau,dan lain-lain. Jika kita ingin mengolah barang bekas apapun tentu kita memiliki standar/ukuran sendiri tentang objek yang akan diolah bukan? Maka dari itu kita harus pandai mengolah barang bekas itu agar terlihat lebih baik dan tentunya dapat lebih bermanfaat.

Bidang Usaha

Bidang usaha yang kami terapkan adalah tas dari jeans bekas yang sudah tidak dipakai lagi. Untuk masalah bahan baku kami akan mencari atau membeli ke tetangga sekitar atau pasar loak di Jabotabek yang sudah tidak terpakai lagi. Dalam pemasaran kami akan mempromosikan ke anak-anak sekolah. Mahasiswa baru, melalui media online seperti, facebook, instagram, tiwtter, dll.
Target luaran yang kami rencanakan adalah memperoleh bahan baku yang sebanyak-banyaknya karena bahan baku untuk pembuatan tas jeans tersebut sedikit. Rencana kami kalau kapasitas celana jean bekas sudah hampir habis kami berinisiatif untuk membeli celana jeans yang bagus dan membuat tas jeans yang lebih bagus lagi dan menaikkan harga dari yang semula. Untuk masalah pemasaran kami akan bekerja sama dengan pedangang pasar seperti menaruh barang kepada pedagang di pasar bangkalan.

Gambaran Umum Rencana Usaha
uraikan kondisi umum lingkungan yang menimbulkan gagasan menciptakan kegiatan usaha. Gambaran mengenai potensi sumberdaya dan peluang pasar termasuk analisis ekonomi usaha yang direncanakan disajikan secara singkat untuk menunjukkan kelayakan usaha. Gambaran usaha yang direncanakan harus menjanjikan perolehan profit untuk menjamin peluang keberlanjutan usaha setelah kegiatan PMW selesai dilaksanakan.
Metode
Metode pelaksanaan menyajikan uraian tentang teknik, cara atau tahapan pekerjaan dalam menyelesaikan permasalahan dan sekaligus pencapaian tujuan program.
Profil Umum Tote Bag Denim
Dilihat dari prospek usaha  sangat berpotensi untu Tote Bag  Denim  menjadi usaha sampingan bagi mahasiswa karena, waktu pembuatan produk tidak menghalangi tugas kuliah (akademik) sebagai mahasiswa. Maka dari itu dengan bisnis usaha “Tote Bag  Denim ” ini akan meningkatkan keahlian dibidang (non-akademik).
Gambaran umum rencana usaha ini akan menjelaskan secara jelas mengenai kelayakan usaha, analisis pemasaran, kelangsungan usaha dan evaluasi usaha yang akan kami jalankan. Dengan modal yang kami dapatkan sejumlah, kami akan mendapatkan  tas jeans, dimana kami akan mendapatkan keuntungan sejumlah dengan harga per pcs.
Untuk memaksimalkan hasil produksi, kami akan membuat model tas yang menarik yang disukai anak-anak dan kalangan remaja khgususnya dikampus. Kami akan memberikan beraneka ragam gambar-gambar pada sesuai selera konsumen. Bagi anak-anak kami memberikan gambar robot bagi yang laki-laki dan gambar hello kitty bagi yang perempuan. Untuk kalangan remaja kami beri gambar love bagi yang lagi kasmaran atau yang masih menjalin hubungan. Dalam pemasaran kami akan menjual di sekeliling kampus atau membuka stand yang tetap dikampus. Untuk jangkauan luar kami akan mempromosikan lewat media online seperti, facebook,twitter,blogger, dan kami menerima pesanan lewat media online lainnya.
Produk Tote Bag  Denim  diproduksi dengan aneka ragam bentuk. Ragam bentuk tersebut dimaksudkan agar seluruh masyarakat dapat memilih sesuai dengan selera masing-masing sehingga produkTote Bag  Denim  ini dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat.
Produk

Dilihat dari keragaman citarasa yang dimilikiTote Bag Denim  Maka, dapat diharapkan bahwa produkTote Bag  Denim  ini mampu menjadi Trend Setter Tas did masyarakat karena seluruh lapisan dapat menikmati produk Tote Bag  Denim  sesuai dengan selera yang diinginkan.

Promosi
Kegiatan promosi yang dapat dilakukan untuk mengenalkan produk Tote Bag  Denim  ini terdiri dari beberapa tahapan :
1. Promosi melalui sampel gratis. Untuk mengenalkan produk ke masyarakat sekaligus promosi tahap awal.
2. Promosi mouth to mouth. Promosi dari mulut ke mulut sebagai langkah promosi yang paling efektif karena tim PKMK dapat berkomunikasi dan dapat menyampaikan kualitas produk secara langsung dan jelas.

Proses Produksi

Proses pemasaran/saluran distribusi Produsen/mahasiswa
berwirausaha konsumen langsung Produsen/mahasiswa
berwirausahaDistributor(UKM/Toko)konsumen
Keterangan:
1.      Membuka usaha ditempat yang strategis dan mudah dijangkau oleh konsumen.
2.      Persiapan berbagai perlengkapan dan peralatan sebagai penunjang kelancaran kegiatan
3.      Memperkenalkan produk “Tote Bag Denim” dengan cara promosi dari mulut ke mulut (manual) secara teknis lebih pada penjualan produk di tempat kos atau tempat kontrakan dengan penyebaran pamflet, dengan adanya promosi sampel produk sehingga menarik konsumen untuk mencoba atau melihatlihat sehingga tertarik untuk membeli produk Tote Bag Denim” tersebut Karena sudah melihat kualitas produk yang baik dan unik, dengan membuat surat kerja sama dengan UKM/Toko di sekitar kampus.
Untuk memperluas jaringan dilakukan pemasaran melalui berbagai macam media yang murah bahkan gratis. Misalnya, Dengan membuka akun Facebook yang berisi tentang informasi, katalog dan daftar harga dari produk Tote Bag Denim” ini. Membuat Blog khusus untuk jual beli produk Tote Bag Denim ini. Selain kedua hal tersebut, berbagai web online yang berisi iklan dapat kita masukkan informasi mengenai produk Tote Bag Denim”  ini.

Metode Pelaksanaan Program
Dalam pelaksanaan kegiatan proses penjualan yang dilakukan adalah investasi awal yang selanjutnya dilakukan pembelian bahan baku untuk memperoleh hasil penjualan awal.
Pelatihan Produksi terus dilakukan secara berkesinambungan di tempat produksi sehingga dapat menghasilkan produk yang bermutu dan berkualitas tinggi.
Uji Ketahanan Produk : Setiap Tote Bag yang sudah jadi akan dilihat kelayakan pakainya mulai dari kekuatan jahitan, resleting hingga kualitas warna dari produk Tote Bag. Setelah disorting, akan diberi label khusus sebagai upaya profesionalisme. Di dalam label berisi nama merk Tote Bag Denim. Pengemasan: Produk dikemas dengan baik dan menarik agar calon konsumen lebih tertarik melihat produk Tote Bag Denim. Evaluasi dilakukan setiap akhir bulan Produksi. Langkah ini akan dilakukan sebagai modal awal untuk melakukan pembuatan pedoman pemasaran yang strategis dan profesional di masyarakat. Selain itu, digunakan sebagai langkahselanjtnya dalam melakukan usaha.

Penerimaan
Produk ukuran besar
150 produk * Rp. 75.000 = Rp. 11.250.000,-
Produk ukuran sedang
50 produk * Rp. 50.000 = Rp. 2.500.000,-
Produk ukuran kecil
75 produk * Rp. 15.000 = Rp. 1.1250.000,-

Harga
Produk ditawarkan kepada masyarakat selaku konsumen dengan harga yang mudah dijangkau oleh masyarakat. Karena produk Tote Bag Denim Indonesia ini diciptakan dua level yang berbeda dan telah disesuaikan dengan kemampuan lapisan masyarakat sehingga kami memiliki tingkatan harga tertentu yang sesuai dengan masyarakat. Harga produk Tote Bag Denim adalah yaitu Rp. 75.000,- untuk tas ukuran besar, Rp. 50.000,- untuk tas ukuran sedang dan Rp15.000,- untuk produk berupa dompet.

Strategi Pengembangan usaha
Strategi pengembangan usaha Tote Bag Denim, antara lain dapat di tempuh
dengan cara:
1)      Upaya sosialisasi dan pengenalan produk kepada masyarakat di sekitar home industry dan konsumen pasar, dengan tujuan agar dapat lebih dikenal danberkembang.
2)      Tenaga kerja produksi Panthy Bag yaitu dengan memaksimalkan anggota PKM sehingga lebih efektif dan menghemat biaya.
3)      Mempromosikan produk dalam bentuk multimedia dan mediamasa elektronik serta non elektronik sehingga produk ini dapat di akses oleh berbagai lapisanmasyarakat di Indonesia.

Anggaran Biaya Dan Jadwal
No
JENIS ANGGARAN
JUMLAH Rp.


PMW
Sumber Lain
Sub Total
1
Modal Investasi
a.Sarana Prasarana
   1. Ruang jahit
b.Peralatan
   1. Gunting
   2. Mesin jahit
   3. Jarum






Rp. 15.000
Rp.2.000.000
Rp. 50.000








Rp. 15.000
Rp.2.000.000
Rp. 50.000
2
Modal Kerja
1.Bahan Baku
   - Celana bekas
   - Benang jahit
   - Resleting

2.Gaji Karyawan
3.Operasional
     - Brosur



Rp. 10.000
Rp. 20.000
Rp. 20.000



Rp. 15.000












Rp. 10.000
Rp. 20.000
Rp. 20.000



Rp. 15.000
3
Lain-Lain
1.Penyusunan Laporan dan seterusnya

Rp. 50.000



Rp. 15.000

TOTAL
Rp. 2.180.000

Rp. 2.180.000

No
Jenis Kegiatan
Bulan 1
Bulan 2
Bulan 3
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

1.
Pengumpulan bahan baku (Celana bekas)

2.
Pembelian alat

3.
Pembelian Bahan

4.
Riset Pasar

5.
Proses Produksi (pembuatan bahan)

7.
Promosi

8.
Penyerahan laporan











Tidak ada komentar:

Posting Komentar