Rabu, Januari 11

Usaha Bengkel Motor


A.PENDAHULUAN
Makin hari penambahan populasi kendaraan bermotor makin meningkat.Dilihat dari data
JAKARTA.
“Penjualan sepeda motor pada November 2010 tercatat mencapai 653.842 unit atau meningkat 19,7% dibanding periode yang sama tahun lalu.
Data Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI) menyebutkan, volume penjualan dipimpin dipimpin oleh merek-merek otomotif ternama seperti Honda, Yamaha dan Suzuki.
Peningkatan penjualan sepeda motor pada November 2010 ini menunjukkan indikasi daya beli masyarakat Indonesia dan masyarakat di Asia Tenggara pada umumnya semakin membaik.
Hasil penjualan sepeda motor sepanjang tahun ini melampaui perkiraan PT Astra International, sebagai produsen otomotif terbesar di Indonesia yang sempat disebutkan Juni 2010 lalu.
Walaupun begitu, laju pertumbuhan penjualan motor pada semester kedua ini, tak sekencang pada semester pertama yang mencapai peningkatan 41% dibanding periode penjualan sepeda motor pada tahun sebelumnya”. Peraturan pemerintah yang tidak akan membatasi subsidi BBM terhadap kendaraan roda dua diperkirakan akan membuat pertumbuhan pembelian sepeda motor akan terus naik tahun depan
Bahkan hampir setiap orang punya dan membutuhkan sepeda motor. Kepadatan aktivitas di jalan menuntut kenyamanan untuk itu kendaraan yang dipakai harus selalu dalam keadaan baik. Agar kendaraan selalu dalam keadaan baik maka diperlukan perawatan dan service berkala bahkan diperlukan juga perbaikan-perbaikan bagian yang rusak, untuk itu sangat dibutuhkan jasa bengkel motor. Kondisi seperti inilah yang harus kita akan manfaatkan sebagai peluang usaha.Usaha bengkel motor memang menjanjikan, mengingat pengguna sepeda motor semakin banyak jumlahnya. Hal ini terbukti dari meningkatnya produksi sepeda motor pertahun. Kebutuhan servis bagi sepeda motor menjadi kebutuhan rutin yang harus dilakukan oleh penggunanya. Apalagi daerah-daerah pigir kota yang notabennya adalah pemukiman penduduk.

2.maksud dan tujuan

Adapun maksud pendirian usaha ini yang utama adalah untuk mendapatkan profit serta dapat membuka lapangan kerja baru bagi orang lain.

BAB 2

ASPEK UMUM
1.pandangan usaha
Usaha di kelola di kerjakan oleh orang orang yang professional di bidangnya di harapkan bisa memberikan pelayanan prima  untuk pelanggan.

2.rencana pemasaran
Mengetimasikan potensi pasar dengan cara memaksimalkan potensi yang ada

VISI DAN MISI BENGKEL MOTOR
Sebagai salah satu bengkel Motor yang menekankan segi kualitas dengan berkomitmen untuk memberikan layanan & solusi terbaik bagi pelanggan. Komitmen itu tercemin dalam visi dan misi perusahaan untuk menjadi bengkel yang terpecaya.
Visi :
Menjadi pusat reparasi motor yang menyediakan spare part dan jasa servis yang mengutamakan pada kepuasan pelanggan didukung dengan peralatan canggih dan tenaga ahli yang kompeten serta pelayanan yang optimal dan terpercaya.
Misi :
1.    Memberikan solusi terbaik pada peyediaan suku cadang terbaik dan reparasi yang terpercaya.
2.    Memberikan pelayanan terbaik dan standart mutu pada Pelanggan dengan menjalankan proses kerja terbaik sehingga tercapai kepuasan Pelanggan.
3.    Selalu mendahulukan kepentingan pelanggan dan karyawan sebelum keuntungan untuk perusahaan.
4.    Mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi secara terus menerus untuk diimplementasikan dengan cara yang benar.
5.    Meningkatkan motivasi dan semangat kerja karyawan secara optimal melalui   peningkatan dedikasi,  disiplin, dan kemampuan kerja serta penghargaan yang memadai sesuai dengan kinerjanya.

Bab 3

.TARGET PASAR
Banyak sekali segment pasar untuk bidang otomtif motor ini mulai dari
· PELAJAR
1. dari segment ini yang suka memodifikasi motor kami amat siap dikarenakan modal pengetahuan utama para mekanik kami adalah memodifikasi motor.
· PEKERJA KANTORAN
2. Mereka kerja di tengah kota pada segment ini kondisi motor sangat diperhatikan sama mereka ntah mereka akan membuat lebih irit ada juga yang lebih mementingkan tenaga motornya.
· WIRAUSAHA dekat posisi bengkel
3. segment ini hampir memiliki sifat yang sama dengan yang pekerja di tengah kota.
· komunitas motor
4. banyaknya kumpulan motor dapat dimanfaatkan dengan baik apabila memberi kesan yang baik kesalah satu anggota kelompok mereka,karena mereka memiliki sifat promosi dari mulut ke mulut dengan baik.
· tukang ojek
5. dari setiap sudut jalan banyak sekali para penunggu customer dengan motornya dikarenakan mereka juga bekerja dengan mengandalkan kendaraannya dan dalam hal ini kami memberlakukan kebijaksanaan khusus bagi tukang ojek .
· dealer jual beli motor bekas
6. banyak sekali motor yang bekas mereka kumpulkan ada beberapa dari mereka yang memiliki mekanik sendiri ada pula yang belum nah yang belum kami akan memberlakukan kebijakan khusus sama seperti tukang ojek klo yang sudah pun kami akan menawarkan kerja sama yang menarik (hal ini akan dibahas pada bab promosi).
E.JENIS USAHA
Seperti yang sudah ada jenis usaha ini yang berhubungan erat dengan otomotif di bidang kendaraan bermotor roda dua.Seperti:
1. Service rutin kendaraan bermotor roda dua.
2. Service Besar kendaraan bermotor roda dua.
3. Modifikasi mesin,body dan chassis.
4. Painting
5. Pengajaran (bisa termasuk dalam hal promosi)
6. Spare part moving part dan Modifikasi
7. Penitipan Barang dagangan seperti motor bekas.
Namun disaat ini kami akan memusatkan perhatian kami pada service harian,besar dan modifikasi.Hal yang lain akan tetap dilaksanakan namun masih belum prioritas menunggu seiring jalannya waktu dan kondisi modal kami.
F.MODAL
setelah kami estimasi maka kami memerlukan modal sebanyak
1.SEWA TEMPAT Rp.15.000.000/Tahun
Ukuran 5x9m
2.KEPERLUAN BENGKEL Rp.17.000.000
Mencakupi kebutuhan sebagai berikut:
· Spare part (ASET) Rp.10.000.000
Banyak macam spare part,namun kammi akan menyeto spare part yang sering orang gunakan(fast moving part)seperti oli,busi,gear set,kabel gas,bohlam,kampas rem,kampas kopling dan lain-lain.Namun banyak kemudahan akan bisnis spare part sepert dari sales yang menitipkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar