Jumat, Maret 17

Bisnis Plan : Fun Design Studio

Bisnis Plan

Perkembangan teknologi yang sangat pesat di era globalisasi saat ini telah memberikan banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya memanfaatkan perkembangan teknologi ini menjadi sebuah usaha. Fun Design Studio merupakan usaha yang bergerak dalam bidang Percetakan, Design, dan Jasa Pembuatan Video yang menerapkan sebuah imajinasi manusia dalam sebuah Media Audio Visual. Kami menciptakan sebuah product yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat dengan karya-karya kami. Dengan perkembangan dunia teknologi seperti sekarang ini, khususnya di dunia perfilman kita mempunyai peluang yang sangat besar untuk memajukan bisnis dalam bidang ini.

Dan juga dalam bidang Teknologi komputer dan printer yang semakin canggih, menjadikan hasil yang diperoleh akan semakin baik, dan proses produksi menjadi semakin cepat dan mudah. Salah satunya Kaos, Kaos merupakan pakaian bagian atas yang dapat menunjang kepercayaan diri dari penggunanya. Dengan model yang casual dan enak dipakai, kaos menjadi pilihan utama masyarakat yang akan berpergian santai atau sekedar dipakai untuk dirumah. Kaos sendiri bisa diberi desain gambar yang unik sesuai selera dengan menggunakan jasa sablon agar kaos tersebut terlihat lebih fashionable dan lebih menarik untuk dilihat tentunya.
 
Bisnis ini mempunyai visi mendayagunakan perkembangan teknologi mewujudkan imaginasi manusia dalam sebuah karya Audio Visual. Dunia teknologi merupakan sebuah lahan yang tidak akan pernah ada habisnya, justru semakin lama akan semakin berkembang. Dengan latar belakang sebagai Mahasiswa di Jurusan Broadcasting, saya membuka usaha jasa pembuatan video, Design & Percetakan. Oleh karena itu, peluang usaha di bisnis ini bisa dikatakan cukup menjanjikan.
  • Konsumen
Target pasar kami adalah Kalangan anak-anak, remaja, sampai instansi-instansi yang membutuhkan jasa kami. Target kami untuk Design & Percetakan Baju ialah Anak-anak dan Remaja karena baju kami memiliki design atau tampilan tren fashionable remaja masa kini mengikuti sesuai perkembangan zaman. Dan kami mengikuti sesuai dengan pesanan konsumen kami. Untuk Pembuatan Video sendiri kami lebih menargetkan instansi-instansi yang kebanyakan sangat membutuhkan pembuatan video untuk company profile dan sebagainya. Kemudian kami juga menerima jasa dokumentasi acara atau kegiatan apapun. 

  • Memulai Bisnis Percetakan, Design & Pembuatan Video
Dalam memulai bisnis ini, modal keuangan bukanlah hal yang utama dalam memulai bisnis ini, menurut saya yang penting adalah sebuah kepercayaan dan usaha yang maksimal dalam membangun usaha ini. Ada beberapa langkah kami dalam memulai bisnis ini, yaitu :

1. Mempersiapkan Tenaga Kerja
Manusia merupakan makhluk sosial, yang tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan orang lain. Begitu pula usaha ini tidak akan bisa dengan seorang diri. Pada usaha ini saya membutuhkan beberapa orang untuk saling bekerja sama dalam membangkitkan Fun Design Studio. Karena saya berawal tanpa modal dalam bisnis ini maka saya bekerja sama dengan para sahabat saya yang akan membangun usaha ini. Kami menanamkan sebuah kepercayaan dan optimis usaha ini akan maju.
2. Sesuai Dengan Kompetensi/Keahlian
Background saya adalah Multimedia & Broadcasting, jadi saya suka dalam membuat suatu design atau video. Dari background kita atau hobi kita alangkah baiknya untuk membuat suatu usaha yang menguntungkan. Karena kita memiliki skill atau kemampuan yang bisa diberdayakan. Kalau kita menjalani suatu usaha sesuai dengan kompetensi atau kemampuan kita pasti mudah untuk melakukannya. Peluang usaha di bidang yang saya tekuni ini bisa dikatakan cukup menjanjikan. 2. 

3. Menjalin Kerjasama Dengan Konsumen Dan Supplier
Fun Design Studio menjalin kerjasama yang baik dengan konsumen dan supplier. Dalam bidang peretakan sendiri, kami menjalin kerja sama dengan beberapa percetakan spanduk, stiker, label CD/DVD, konveksi almamater, dan sablon baju. Dengan kualitas produk yang kami gunakan cukup baik ditambah harga yang terjangkau bagi konsumen. Kemudian di bidang pembuatan video, kami menjalin kerjasama dengan institusi-institusi dalam pembuatan video company profile atau acara yang diadakan. Kami berusaha untuk membuat client kami puas dengan kerja kami. Selain itu, Fun Design Studio memberikan sebuah kepercayaan kepada konsumen bahwa apa yang kami hasilkan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh konsumen atau client kami.
4. Mengikuti Perkembangan Zaman
Melihat persaingan bisnis yang ketat, kami mencoba melihat apa yang dibutuhkan konsumen pada saat ini, seiring perkembangan zaman itu akan berubah-ubah. Produk yang kami hasilkan harus sesuai dengan style masa kini yang diinginkan konsumen dan harus sesuai juga dengan permintaan konsumen. Oleh karena itu, Fun Design Studio harus berinovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru.    

  • Keuntungan Bisnis “Fun Design Studio”
Bisnis ini mempunyai visi mendayagunakan perkembangan teknologi mewujudkan imaginasi manusia dalam sebuah karya Audio Visual. Dunia teknologi merupakan sebuah lahan yang tidak akan pernah ada habisnya, justru semakin lama akan semakin berkembang. Kami menciptakan sebuah product yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat dengan karya-karya kami.

Dengan perkembangan dunia teknologi seperti sekarang ini, khususnya di dunia perfilman kita mempunyai peluang yang sangat besar untuk memajukan bisnis dalam bidang ini. Dan juga dalam bidang Teknologi komputer dan printer yang semakin canggih, menjadikan hasil yang diperoleh akan semakin baik, dan proses produksi menjadi semakin cepat dan mudah.

Peluang inilah yang dimanfaatkan kami untuk menjadikannya sebagai bisnis. Karena Video sebagai cara kita untuk mempromosikan perusahaan kita dan mengabadikan sebuah moment pada suatu acara. Begitu pun dalam bidang percetakan seperti contohnya baju. Baju merupakan perlengkapan sandang yang selalu digunakan manusia setiap hari. Jadi manusia sangat memerlukannya dan mencari baju-baju yang memiliki desain yang kreatif atau inovatif sesuai dengan perkembangan zaman.

  • Kendala Bisnis “Fun Design Studio”
Beberapa kendala bisnis yang sering kami hadapi seperti kekurangan SDM, karena bisnis kami masih baru jadi kalau kita menerima orderan lebih dari satu khususnya pembuatan video maka kami selesaikannya satu per satu dengan waktu penyelesaian sedikit lebih lama. Untuk percetakan sendiri bila permintaan sedang naik, persediaan bahan baku habis dan harus menunggu beberapa hari untuk membelinya. Dan juga kalau sedang ada kenaikan bahan baku harganya menjadi 2 kali lipat.
  • Strategi Pemasaran
Kami memasarkan Produk dan jasa kami melalui media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan line. Dan kami juga memasarkan melalui poster yang kami sebarkan ke beberapa mading-mading sekolah atau kampus. Selain itu strategi mouth to mouth masih sangat efektif loh di lingkungan kita untuk memasarkan produk-produk kita. Kita juga memberikan diskon untuk pembelian lebih. Pada plan selanjutnya kami akan membuat sebuah website dan video company profile usaha kami karena usaha kami masih baru.
  • Kunci Sukses
Kunci Sukses bagi kami adalah selalu optimis dengan apa yang kita kerjakan akan optimal, bekerja keras, tidak pantang menyerah, dan selalu berdoa kepada Allah semoga selalu diberikan rezeki yang berlimpah tak lupa juga untuk selalu bersyukur atas nikmat-Nya.

  • Analisa Ekonomi
Asumsi
- Produksi sebuah video company profile pada sebuah taman kanak-kanak
- Mencetak Label CD/DVD menggunakan UV Coating, tempat kaset, dan mencetak cover CD/DVD sebanyak 1000 pcs.
Produksi Pembuatan Video
Sewa Peralatan                                                                      Rp.   5.000.000
Wardrobe & Make UP                                                           Rp.      500.000
Biaya Listrik Komputer                                                         Rp.   1.000.000
Mencetak UV Coating                   @ Rp. 4.000 x 1000 =    Rp.   4.000.000
Tempat Kaset CD/DVD                 @ Rp. 3.000 x 1000 =    Rp.   3.000.000
Mencetak Cover CD/DVD             @ Rp. 2.000 x 1000 =    Rp.   2.000.000 +
Total :                                                                                    Rp. 15.500.000
 
Omset Penjualan
Satu Paket Video Full + CD/DVD Full :                               Rp. 21.000.000

Laba Bersih :          Rp. 21.000.000 – Rp. 15.500.000   =  Rp. 5.500.000
Inilah informasi dari bisnis plan Fun Design Studio, semoga bermanfaat bagi para pembaca dan menjadi inspirasi bisnis yang bisnis yang menguntungkan. Dengan usaha, kita bisa menjadi orang yang mandiri dengan tidak bergantung kepada orang lain. Salam Wirausahawan !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar