Jumat, Maret 17

BISNIS PLAN “SEMAUKU PRODUCTION”

Memulai Bisnis “Semauku Production”
Dalam memulai bisnis ini, saya mempersiapkan terlebih dahulu, yaitu:

1.     Modal utama
Dalam memulai usaha memang memerlukan modal. Dan dalam mendirikan semauku ini, modal utama berasal dari modal sendiri. Yakni kami mengumpulkan modal dengan menyisihkan dari tabungan sendiri. Modal awalnya tidak terlalu besar, sehingga kami tidak khawatir untuk mendirikan usaha. Biasanya kami memutar modal dengan cara dibayar secara berangsur 3 kali (termin 1,2,3). Setelah mendapatkan pembayaran pertama, kami sisihkan untuk percetakan, dan pembayaran kedua untuk pembagian hasil. Jadi, setiap keuntungan yang didapatkan kami simpan sebagai investasi.

2.     Menjalin kerjasama dengan konsumen
Dalam menjalankan bisnis, tentunya harus memiliki hubungan yang baik terhadap konsumen. Disini kami menawarkan harga yang murah dengan kualitas yang baik. Mulai dari kualitas gambar, design, percetakan, hingga pemasaran kami memberikan pelayanan terbaik. Karena kepuasan konsumen akan menjadikan konsumen yang loyalitas terhadap kami.

3.      Team yang memiliki ide kreatif
Melihat persaingan bisnis ini yang sangat ketat, maka kami harus mengetahui selera pasar. Agar jasa yang kami tawarkan tidak ketinggalan zaman. Oleh karena itu, dialam team semauku haruslah orang-orang yang memiliki ide kreatif, agar selalu berinovasi dan mengetahui trend yang sedang digandrungi.

Keuntungan Bisnis “Semauku Production”
Masa-masa sekolah memang adalah masa yang bisa dikatakan masa yang paling indah. Maka untuk merekam memori dimasa sekolah dapat dirangkum dengan “Buku Tahunan Sekolah”. Buku yang dapat dijadikan sebagai pengingat kelak dimasa tua.
Peluang inilah yang dimanfaatkan kami untuk meraup keuntungan. Karena Buku Tahunan Sekolah memiliki daya tarik konsumen. Dengan targetnya yaitu sekolah, kami dapat mempromosikannya dengan mudah, dimulai dari sekolah kami dahulu.

Kendala Bisnis “Semauku Production”
Dalam bisnis ini kendalanya kami kekurangan SDM, karena bisnis kami masih baru, jadi kami tidak bisa melayani lebih dari 2 sekolah. Dan jarak percetakan yang lumayan jauh jadi kami harus menunggu waktu cukup lama.

Strategi Pemasaran
Kami memanfaatkan media sosial sebagai strategi pemasaran. Dengan mengiklankan di facebook ataupun instagram, membuat website, dan membuat company profile melalui youtube, menjadikan langkah strategi pemasaran yang paling efektif, karena penggunaan media sosial sering diakses kebanyakan orang. Selain itu, kami pun mendatangkan langsung ke berbagai sekolah dengan mempresentasikan jasa kami dan menaruh proposal di setiap sekolah.

Kunci Sukses
Kunci sukses kami, selalu berdoa kepada Allah SWT agar selalu diberkahai bisnis yang kami jalankan, dan pantang menyerah dalam pasang surutnya peminat yang menggunakan jasa kami.

Analisa Ekonomi
-          Produksi Buku Tahunan Sekolah dengan kuantiti 156 pcs, 120 hal.
-          Harga per buku Rp. 215.000

Jadi, Rp. 215.000 x 156 pcs = Rp. 33.540.000
Termin 1 : Rp. 33.540.000 x 30%  = Rp. 10.062.000
Termin 2 : Rp. 33.540.000 x 40%  = Rp. 13.416.000
Termin 3 : Rp. 33.540.000 x 30%  = Rp. 10.062.000


Laba Bersih Rp. 10.062.000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar