Maret 23, 2017

BISNIS PLAN RAINBOWLENS








BISNIS PLAN USAHA RAINBOWLENS.
Bisnis pertumbuhan usaha kecil dan menengah (ukm) belakangan ini semakin menjamur di indonesia. Dalam hal ini sangat memberikan dampak yang positif untuk perkembangan perekonomian termasuk diindonesia sendiri. Karna tidak bisa dipungkiri keberadaan ukm mempercepat naiknya perekonomian di indonesia.
Walaupun tidak bisa dipungkiri masih banyak usaha kecil yang mengalami kendala yaitu seperti dalam permasalahan modal, promosi, jaringan bisnis dan sebagainnya,  seperti yang saya alami saat melakukan bisnis usaha kecil yaitu kendalanya ada pada tiga hal tersebut. Namun  ukm  yaitu merupakan suatu usaha yang tidak mudah terpengaruh dengan krisis global yang biasanya mengganggu perusahaan besar.  Karena bukti inilah yang membuat saya menjalankan atau memilih peluang usaha kecil dan menengah sebagai jalan pintas atau alternatif untuk menambah penghasilan setiap bulannya dan bisa membantu orang tua.
A.    KONSUMEN.
Target pasar saya adalah semua kalangan seperti remaja sampai ibu-ibu rumah tangga bisa juga pria memakai softlens yang saya jual, karna bisa untuk hanya dipakai saja untuk bergaya atau benar-benar menjadi kebutuhan sehari-hari.
B.     MEMULAI BISNIS RAINBOWLENS.
Untuk menjalankan peluang bisnis ini yang harus saya siapkan seperti modal utama saya adalah niat dan skill yang saya miliki , menjalin hubungan baik dengan warung-warung yang saya titipi pisang coklat yang saya buat , memilih bahan-bahan yang berkualitas dan harga yang sangat teerjangkau, teliti dalam memilih bahan yang akan digunakan seperti memilih bahan pisang dan kulit lumpia  yang berkualitas baik, memperhatikan dari segi rasa agar konsumen tidak kecewa.

C.    KEUNTUNGAN BISNIS RAINBOWLENS.
Walaupun sekarang sudah banyak softlens beraneka ragam  dan bermacam-macam harganya dari murah hingga yang paling mahal. Namun softlens yang saya jual masih banyak peminatnya. Dan biasanya lebih dari 1 pasang jika membeli softlens. Untungnya juga sangat lumayan untuk 1 pasang softlens.

D.    KENDALA BISNIS RAINBOWLENS.
Kendala yang saya hadapi yaitu seperti saat dagangan tidak semua  terjual karena banyaknya stock dan softlens dari normal hingga minus yang masih ada lumayan banyak. dan kendala lainnya seperti sudah banyak juga yang menjual berbagai macam softlens dan harus bersaing dengan harga pasaran yang biasanya lebih murah dari pada yang kita jual.

E.     STRATEGI PEMASARAN.
Rencana saya dalam memperluas pemasaran softlens saya mungkin saya akan mengikuti semacam bazar yang biasanya digelar di mall atau kampus dan memberikan sample softlens normal (no minus)  yang saya bawa agar konsumen ingin membeli yang lain.

F.      KUNCI SUKSES.
Sebagai pelaku ukm saya menerapkan kunci sukses terhadap diri saya seperti percaya diri dengan usaha yang akan saya lakukan dan jangan takut jika mengalami kerugian dan tidak perlu takut dengan pesaing dan tantangan yang nantinya akan datang. Harus mempertahankan kualitas dari produk yang saya akan jual nantinya.

G.    ANALISIS EKONOMI.
Asumsi
-          Membuat stock softlens 100 pasang
-          Proses berjualan dirumah tidak menyewa tempat.

Modal awal
-          Softlens  (@ Rp 60.000 x 100 buah)                                         Rp. 6.000.000,00
-          Plastik                                                                                        Rp.        6.000,00
-          Total                                                                                           Rp.  6.006.000,00
Biaya produksi perminggu.
-          Softlens (@ Rp 60.000 x 10 buah,)                                             Rp.     600.000,00
-          Plastik                                                                                           Rp.        6.000.00
-          Total                                                                                             Rp.     606.000.00
Omset perharinya
-          Penjualan softlens  Rp.130.000 x 60                                              Rp. 7.800.000.00
Laba bersih perminggun.
-          Rp 7.800.000.00 – Rp 606.000.00                                               Rp. 7,194.000.00


Tidak ada komentar:

Posting Komentar