Jumat, Maret 24

Bisnis Plan Usaha Photo Video

@C13-Anmaji

·         Pendahuluan
Dijaman era yang serba digital saat ini di Indonesia belakangan ini mulai banyak usaha yang sangat berkompeten, usaha kecil dan mengengah (UKM) ini banyak digeluti oleh para remaja di Indonesia.
Hal ini memberikan hal yang sangat positif bagi perkembangan ekonomi Indonesia, dan mampu mempercepat perkembangan untuk memajukan bangsa Indonesia. Walaupun banyak para wirausaha yang terkendala dengan modal, jaringan bisnis dalam perkembangaannya, penjualan dan lain sebagainya. Usaha kecil dan menengah ini dapat menghasilkan keuntungan besar disetiap bulannya, bahkan bias mengembangkan usaha yang lebih besar dari yang awal kita bangun sendiri.
Saya sangat menekuni usaha ini, berikut kami akan memberi informasi mengenai salah satu bisnis yang sangat menjanjikan dikalangan anak muda yang hobby pada fotography

·         Konsumen
Target pasar yang bisa anda bidik atau sasaran pasarnya adalah kalangan remaja dan orang tua, sampai acara-acara besar yang sangat membutuhkan jasa photo dan video untuk mendokumentasikan. Banyak paketan-paketan untuk acara pernikahan, dan banyak juga paketan untuk acara-acara resmi.

·         Memulai Bisnis Photo Video
Untuk menjalankan peluang bisnis ini, ada beberapa hal penting yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu, antara lain sebagai berikut :
1.      Modal utama Anda adalah skill dan pengetahuan tentang dunia fotograpghyyang sangat dibutuhkan oleh banyak konsumen atau coustumer. Oleh karna itu kita harus tau kemauan konsumen yang berbeda pemikirannya, dan mengetahui apa yang sedang buming dikalangan fotography.
2.      Menjalani kerjasama dengan para pembuat acara, dan kita harus bias memberikan harga yang bisa dijangkau oleh coustumer kita tanpa mengurangi kualitas hasil yang diberikan. 
3.      Carilah partner yang benar-benar bisa membuat kita berkembang.
4.      Selalu memberi arahan kepada semua kru yang sedang melakukan pekerjaanya (Photographer dan  Videographer)
5.      Selalu melihat perkembangan dunia photography, agar kita tidak selalu kalah pada pesaing diluar sana.

·         Keuntungan Bisnis Phto Video
Dunia photo tidak bisa dipungkiri sampai kapanpun dunia photography masih terus digunakan para consumen dari berbagai kalangan. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang rela menyisikan uangnya hanya untuk memakai jasa untuk mengabadikan setiap momen yang ada. Maka peluang inilah yang sangat tepat untuk melakukan usaha kecil.

·         Kendala Bisnis Photo Video
Beberapa kendala yang sering dihadapi para pelaku usaha boneka yaitu ketersediaan bahan baku yang sering terlambat. Bila permintaan sedang naik, persediaan bahan baku pun cenderung sulit ditemukan sehingga mengakibatkan adanya kenaikan harga pada bahanbahan tertentu. 

·         Strategi Pemasaran
Untuk memperluas jaringan pemasaran, anda bisa melakukanya dengan mengikuti berbagai macam perkumpulan agar kita dapat banyak pengalaman dan refrensi berbagai kalangan disetiap komunitas. Dan kita bisa memberikan portopolio hasil gambar yang kita buat.
  
·         Kunci Sukses
Sebagai pelaku usaha kecil menengah (UKM) ada dua kunci sukses yang sangat perlu anda terapkan disetiap harinya. Pertama, anda harus mempunyai kemauan yang sangat besar untuk mengembangkan usaha, jangan pernah takut untuk menghadapi masalah yang besar diluar sana, kuatkan mental yang ada didalam diri anda. Kedua, kita harus bisa terus berkreasi dan berinovasi untuk menghadapi pesaing diluar sana dan harus tetap menjaga kualitas hasil yang kita berikan.

·         Analisa Ekonomi
§  Asumsi
- Produksi sebaik mungkin
- Proses produksi dilakukan sendiri yang menggunakan modal yang cukup besar
1 unit Kamera DSLR 60D                        :           Rp 13.000.000,00  
2 unit Lighting Eco 120Watt (Tronic)      :           Rp   2.000.000,00
1 unit Mirrorlles Fujifilm X-A3               :           Rp 11.000.000,00
Total                                                         :            Rp 26.000.000,00

§  Biaya Percetakan :
Labum Kolase                                Rp. 600.000,00 /Per acara
Video dan Edit                                Rp. 500.000,00 /Per acara
Gaji karyawan Photographer          Rp. 400.000,00 /Per acara
Gaji Karyawan Videographer         Rp. 400.000,00 /Per acara
§  Omset per bulan
Pemasaran : Rp 2.500,000,00 x 8 = Rp 20.000.000,00 /Perbulan

§  Laba bersih per bulan

Rp 600.000,00 x 8  = Rp 4.800.000,00 /Perbulan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar