Rabu, Maret 29

Business Plan Best Knalpot Racing Exhaust



@C37-Vikry

Pendahuluan

Pada masa ini, perkembangan usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia belakangan ini sedang pesat. hal ini membawa dampak positif bagi semua orang dan juga ekonomi indonesia.
Sebab, tak bisa dipungkiri bahwa keberadaan UKM mampu mendongkrak dan mempercepat pertumbuhan perekonomian di negara kita serta menyerap jumlah tenaga kerja sehingga mengurangi kasus pengangguran di Indonesia. Meskipun sampai hari ini masih banyak para pelaku UKM yang mengalami beberapa kendala usaha, seperti permasalahan modal, promosi, jaringan bisnis, dan lain sebagainya. Namun pada dasarnya UKM merupakan salah satu kegiatan industri yang tahan banting dan tidak terpengaruh adanya krisis global yang beberapa waktu lalu sempat menumbangkan beberapa perusahaan besar di sekitar kita. Bukti inilah yang menjadi motivator bagi sebagian masyarakat sehingga akhirnya mereka memilih peluang usaha kecil dan menengah sebagai alternatif tepat untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya.Tentu anda tidak ingin melawatkan peluang tersebut bukan ? Bagi anda yang tertarik menekuni usaha kecil dan menengah, berikut saya informasikan salah satu ide bisnis yang bisa anda jadikan sebagai peluang usaha, yaitu
Home industry Custom Knalpot dengan berbagai macam model untuk motor dan mobil.   
  
Konsumen
Usaha pembuatan Custom Knalpot ini ditargetkan kepada para pecinta otomotif yang senang mengganti knalpot standar menjadi knalpot custom. Tiap tahun penggemar otomotif khususnya di Indonesia semakin bertambah.

Memulai Bisnis
Berawal dari hobi suka balap motor dan didukung kampung halaman adalah tempat produksi pembuatan knalpot yang bisa dibilang sudah terkenal di mancanegara dan local. Awalnya saya hanya mencoba menjual produk knalpot saudara saya, lama kelamaan saya dan partner membuat merek sendiri dengan nama BEST RACING EXHAUST.

Keuntungan Bisnis
Keuntungan dalam bisnis jasa pembuatan custom knalpot ini bagi saya dan partner saya adalah menjadi lebih mandiri tidak meminta uang lagi kepada orang tua, lebih bisa menghargai uang, karena tau susahnya mencari uang.
 
Kendala Bisnis
Dalam membuka suatu bisnis jasa pasti ada suatu kendala yang sering dialami, yaitu:
1.      Jika tukang las knalpot tidak masuk kerja, maka pesanan orang akan terbengkalai,
2.      Ketepatan dan kecepatan waktu yang  suka terhambat karena mesin rusak atau pegawai tidak masuk.
3.      Pengiriman ke luar pulau jawa yang lama menjadikan complain bagi para konsumen.

System Pemasaran
Pemasaran yang paling efektif saat ini adalah pemasaran dengan menggunakan media social seperti instagram, facebook, bukalapak, tokopedia, OLX  dll

Kunci Sukses
Kunci sukses dalam usaha adalah kemauan dari diri sendiri, tekun menjalani usaha dari nol sampai nanti merasakan hasil yang memuaskan. Setiap orang yang tekun dan setia bersabar terus berusaha pasti tidak akan mengecewakan hasilnya.

Analisa ekonomi
Modal awal
1.      Cetak merk knalpot : Rp 200.000 (50pcs)
2.      Cetak sablon kardus: Rp 250.000 (50pcs)
3.      Mesin las                       : Rp5.000.000
4.      Pipa ring                       : Rp1.550.000
5.      Plat stainless, biasa  :Rp2.000.000
6.      Gaswoll                         :Rp 1.000.000
Biaya produksi
1.      Knalpot bahan Stainless : Rp950.000 – Rp1.500.000
2.      Knalpot bahan Plat biasa: Rp500.000 – Rp850.000

Penutup
Beranikan diri berwirausaha sejak kecil, jangan remehkan usaha yang kecil. Siapapun tidak akan mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan. Entah usaha itu akan menjadi besar atau malah gulung tingkar. Semua itu tergantung dari pengelola usaha itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar