Jumat, April 7

BERHENTI BERKOMPETISI, MULAILAH BERKOLABORASI







“STOP COMPETITION! STARTS COLLABORATION” adalah tema seminar yang di selenggarakan pada tanggal 30 Maret 2017 Tower lt.7 Univ.Mercu Buana. Seminar ini diadakan oleh PT. FBI (FORMULA BISNIS INDONESIA) yang membagi pengetahuan, pembelajaran seputar bisnis yang dapat menginspirasi mahasiswa dalam berbisinis yang sukses dan bisa berkembang. 
Perusahaan yang sudah berjalan selama 8 tahun dan sudah memiki 500 orang pekerja.  Akan memberikan program kolaborasi dimana PT. FBI bukan hanya “How to Fish”, “Where to get The Fish” tetapi akan mendampingi dan menciptakan hasil dan membimbing dengan mendapatkan hasilnya sendiri. Pada Program Kolaborasi PT. FBI ada 3 katagori didalamnya untuk membuat mahasiwa menjalankan bisinisnya yaitu: 1. Mahasiswa sebagai pembisnisnya, 2. Business Coach untuk mendampingi mahasiwa untuk berbisnis, 3. Investor sebagai penanam modal.

Bisnis yang kita tahu adalah dagang, bagaimana cara modal kita akan menghasilkan untung dan tidak akan megalami rugi besar. Tapi tau kah kalian arti dari bisnis itu sendiri adalah suatu badan usaha komersil yang akan menghasilkan laba setinggi-tinginya, secara terus menerus dan tumbuh berkesinambungan. Bahkan bisnis pun harus bisa mengahsilkan untung, jika bisnis tidak menghasilkan untuk itu dinamakan yayasan. 

Dalam berwirausaha ada pepatah yaitu STOP COMPETITION! STARTS COLLABORATION yang artinya berhenti untuk berlomba lomba dalam berusaha dan memulai dengan berkerjasama.  Dalam diri kita untuk memulai berwirausaha  harus memiliki mindset seperti Brain Basic dimana Brain Basic ini mengarahkan otak  lebih pada ke arah ke kanan atau kiri.

Sebuah kutipan dari Seth Godin “Don’t find customers for your products, find products for your customers” yang memiliki arti “Jangan mencari pembeli untuk produkmu, carilah produk un tuk para pembelimu”. Jadi seorang pebisnis luar biasa selalu melihat keinginan marketnya terdahulu baru menciptakan produk. Bukan membuat produk lalu mencari pembeli yang ingin membeli produk tersebut.

Dari seminar yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam tersebut. Maka saya mendapat ilmu baru untuk bagaimana cara saya mewujudkan bisnis yang saya rencanakan sebelumnya yaitu “OF HIJAB”. Dari bagaimana langkah yang perlu dilakukan untuk menjadikan bisnis yang ideal, bagaimana menjadi leadership dari teori give a fish, teach how to fish, hingga kutipan terakhir mengenai kita sebagai pelaku bisnis harus melihat pasar dahulu keinginan market seperti apa. Semua materi yang disampaikan sangat bermanfaat dan kerap akan saya terapkan saat memulai bisnis “OF HIJAB yang saya rencanakan sebelumnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar