April 21, 2017

Bisnis Plan Butik Charissa

1.      Latar belakang
            
Fashion adalah salah satu kebutuhan pokok manusia selain pangan dan papan. Fashion dibutuhkan oleh semua orang, baik pria maupun wanita. Di era modern ini, banyak orang yang menggemari fashion dan selalu up to date  mengikuti tren perkembangan fashion.
Sehingga fashion secara tidak langsung dapat menjadi suatu ciri gaya hidup modern. Maka, saat ini fashion banyak hadir dan mudah dijumpai di toko-toko, mall, butik dan pasar. Penggemar fashion cukup banyak, terutama para wanita. Namun dengan perkembangan teknologi banyak wanita yang mulai tertarik untuk belanja secara online karena berbagai alasan; misalnya lebih praktis, karena kesibukannya, mereka jarang memiliki waktu untuk shopping  ke mall / toko.
Atas pemikiran tersebut kami menghadirkanonline shop yang dapat membuat para wanita bisa shopping kapan saja dan di mana saja  dengan menyediakan  fashion wanita yang tidak kalah menarik dengan produk-produk yang ada di pasaran.
Tentang harga kami juga tidak kalah dengan pasaran. Harga yang kami tawarkan sesuai dengan kantong pelajar/mahasiswa serta ibu rumah tangga yang tidak bekerja.
           Fashion sangatlah penting bagi kalangan muda yang ingin tampil modis,dan tidak menutup kemungkinan juga bagi para orang tua yang ingin tampil modis dan rapi.
            Kemajuan dunia fashion memungkinkan bisnis fashion tidak akan pudar untuk zaman sekarang. Berbagai macam merek, dan bentuk yang banyak di hasilkan para desainer sehingga menarik banyak sekali peminat. Dari pakaian yang bentuknya  lucu, elegant, dan mewah tergantung selera dari konsumen. Mengikuti trend, sekarang banyak sekali pakaian yang harganya cukup terjangkau, dan ada pun yang mahal.
            Untuk menyemarakkan dan mendukung dunia fashion pada zaman ini, saya ingin menampilkan fashion yang tidak popular di kalangan muda tapi pun di kalangan tua.
2.      Visi      :
      Memberikan masyarakat wawasan dan ilmu pengetahuan tentang fashion yang modern.
3.      Misi     :          
      Memberikan layanan dengan kualitas terbaik dan terlengkap di bisnis online
4.      Identitas Perusahaan
Nama Bisnis    :           Charissa OLShop
Jenis Bisnis      :           Penjualan pakaian online
Produk Bisnis  :           Menyediakan pakaian yang trend
Kota Bisnis     :           Manado
Motto              :          
RAMAH dalam pelayanan
                                    JUJUR dalam bekerja
                                    RAPIH dalam penyajian
B.     TUJUAN USAHA
Tujuan dari didirikannya Charissa OLShop adalah :
1.      Menjadikan bisnis online pakaian terpercaya di Kota Jabodetabek
2.      Memberikan layanan terbaik bagi konsumen
3.      Membantu pengetahuan tentang fashion bagi kalangan muda maupun kalangan tua
4.      Memberikan produk-produk terbaik untuk digunakan konsumen
C.    ANALISIS KEUANGAN  (SARANA DAN PRASARANA)
Berikut ini merupakan analisis keuangan, Modal yang dibutuhkan :
No.
Fasilitas
Banyaknya
Biaya / modal
Ket.
1
Biaya Operasional
     Biaya Internet
      Biaya Transport

50.000
20.000
Perbulan
Perminggu
2
Alat tulis kantor
a   Buku Tulis
      Pelastik+Lakban
      Smartphone
2 pack
  1pack 
1 buah
1 buah
20.000
35.000
-
-
M
Total
570.000


D.    STRATEGI MARKETING
1.      Jasa pelayanan
·         Penjualan baju online
2.      Keunggulan
·         Fasilitas memadai
·         Pelayanan yang ramah
·         Produk berkualitas
3.      Hambatan
·         Banyak orang  yang masih belum mengetahui dan mempercayai online shop
·         Banyak saingan Online shop dengan harga yang lebih murah
·         Internet sering gangguan sehingga susah untuk berinteraksi dengan konsumen
·         Proses pengiriman yang kadang sering terlambat
E.     RENCANA PRODUKSI DAN OPERASI
                  Untuk rencana awal kami akan membuka kantor pribadi di rumah kami sendiri yakni di Perumahan Buha Griya Permai Blok G no. 6. Dekat dengan kampus Politeknik Negeri Manado. Dengan modal dan peralatan yang kami telah sediakan tadi. Kemudian untuk proses awalnya kami akan beroperasi selama 7 hari ( Seminggu ).
                  Sketsa umum tentang Online Shop kami : Usaha kami adalah untuk menjual pakaian-pakaian yang trend di zaman sekarang ini, serta kami ingin masyarakat untuk dapat lebih mengenal fashion lebih dekat. Untuk memuaskan konsumen maka kami pun menawarkan banyak produk dengan kualitas terbaik dan diberikan diskon untuk setiap pembelian. Serta layanan yang akan kami berikan yakni merupakan layanan terbaik, seperti motto kami yakni RAMAH, JUJUR dan RAPIH.
F.     KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
Kesimpulan kami atas usaha “Charissas OLShop” ini adalah :
·         Usaha Charissas OLShop ini sangat menguntungkan, seiring dengan perkembangan zaman masyarakat lebih mudah memiliki pakaian yang lagi trend dimasa sekarang ini.
·         Dikarenakan banyak produk yang akan kami dagangkan, masyarakat bisa lebih mudah untuk memilih pakaian yang akan mereka beli
·         Dengan komitmen untuk ramah dalam pelayanan, maka para konsumen akan mendapatkan layanan terbaik dalam proses pembelian di online shop kami.

Rekomendasi kami atas jenis usaha penjualan pakaian online shop adalah :
·         Diharapkan usaha ini nantinya, dapat lebih dikenal tidak hanya di daerah Kota Manado saja, melainkan akan bisa melayani para konsumen yang ada di luar daerah manado.

·         Bisa memberikan wawasan atau pengetahuan tentang jenis-jenis fashion yang ada. Agar masyarakat awam pun dapat lebih tahu tentang fashion yang lagi trend di zaman sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar