Jumat, April 7

LET'S COLLABORATION!

Dalam Memulai sebuah bisnis, Kolaborasi adalah hal yang utama dalam membentuk sebuah pondasi yang kokoh dalam terjun di bidang bisnis. Dengan kolaborasi ini kita dapat menghasilkan suatu produk-produk yang kreatif dan inovatif. 

Sebelumnya apa itu Bisnis ? Bisnis adalah sebuah badan usaha komersil, yang kegiatannya menghasilkan laba setinggi-tingginya, secara terus-menerus dan tumbuh berkesinambungan. Proses bisnis adalah satu set aktivitas yang terkait secara logis yang menentukan bagaimana pekerjaan-pekerjaan tertentu dilakukan. Proses bisnis juga merepresentasikan cara unik suatu organisasi mengkoordinasikan pekerjaan, informasi, dan pengetahuan.

Sebagian besar perusahaan mengatakan akan bertumbuh baik tanpa harus berkolaborasi. Situasinya, sungguh berbeda untuk hari ini dan di masa mendatang. Kolaborasi sangat penting dan bahkan bagi banyak perusahaan, tanpa kolaborasi, mereka tidak akan mampu bersaing lagi. Kolaborasi adalah darah dan energi baru untuk menopang pertumbuhan perusahaan. Karena itu, sungguh mengherankan apabila banyak perusahaan masih berpikir untuk tidak melakukan kolaborasi.

Bentuk-Bentuk Kolaborasi

Kolaborasi antar perusahaan, biasanya memiliki empat kemungkinan. Yang pertama adalah kolaborasi dalam bentuk co-marketing. Ini adalah kolaborasi antara dua perusahaan untuk mendapatkan keuntungan melalui aktivitas pemasaran bersama. Salah satu bentuk yang paling populer adalah co-branding. Perusahaan mengajak perusahaan lain yang kemungkinan besar memiliki produk komplemen dengan produknya untuk dipasarkan bersama. Dalam hal ini, salah satu perusahaan mendapatkan manfaat karena memperoleh akses ke pelanggan perusahaan kolaborasinya. Mereka bisa juga meraih keuntungan dalam hal pembangunan citra merek.

Bentuk yang kedua adalah kolaborasi dengan channel-channel atau saluran distribusi. Dalam hal ini, perusahaan berupaya menyatukan dua keunggulan yang berbeda dalam value chain-nya. Salah satu perusahaan mungkin unggul dalam hal kualitas, dan perusahaan yang lain unggul dalam pelayanan. Atau pihak produsen memiliki teknologi terdepan, tetapi tidak memiliki akses terhadap pasar. Dengan demikian, mereka perlu melakukan kolaborasi dengan para channel untuk mendapatkan akses terhadap pasar yang mau dibidik.

Bentuk ketiga adalah kerja sama produksi atau biasa disebut dengan maklon. Perusahaan yang satu memiliki R&D dan kemampuan pengembangan produk yang baik, tetapi tidak mempunyai kompetensi dalam memproduksi. Atau perusahaan yang satu memiliki akses pasar, tetapi tidak punya pabrik untuk memproduksi produknya. Dengan demikian, kedua perusahaan mampu menjalin kolaborasi karena memang masing-masing pihak membutuhkan. Perusahaan kemudian menjadi lebih kompetitif karena mereka fokus kepada core competence masing-masing. Mereka masing-masing memiliki spesialisasi dalam rantai penambahan nilai.
 
Bentuk kolaborasi yang keempat adalah joint-venture. Ini adalah bentuk kolaborasi yang melibatkan komitmen jangka panjang dan ekuitas. Kedua perusahaan kemudian menjadi sebuah entitas baru. Tiap-tiap pihak memiliki kompetensi yang sulit direplikasi. Oleh karena itu, dengan melakukan joint-venture mereka berharap dapat mencapai kesuksesan yang lebih cepat dan bertahan dalam jangka panjang.

Keseimbangan Antara Bisnis dan Relationship
Salah satu faktor penting bagi perusahaan yang terlibat dalam kolaborasi adalah keseimbangan antara bisnis dan relationship. Banyak kolaborasi gagal karena tidak adanya keseimbangan antara kedua hal ini. Bila salah satu pihak sangat mementingkan bisnis semata, maka ada kecenderungan untuk menunjukkan dominasi dan keinginan untuk mengontrol mitra lainnya. 

Pada akhirnya, terjadilah konflik karena salah satu pihak merasa tidak nyaman, atau sampai merasa diperlakukan sebagai mitra yang tidak seimbang. Sekali lagi, kata kunci dalam menjaga kolaborasi adalah keseimbangan antara keberhasilan dalam bisnis dan relationship.
 
Dalam hal ini Fun Design Studio telah berkolaborasi dengan pihak-pihak yang membantu dalam bidang produksi dan jasa. Dan kami berkolaborasi dengan bekerja sama tim menghasilkan produk-produk yang kreatif dan inovatif. Inti dari Kolaborasi kami adalah Trust : Sebuah Kepercayaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.