Jumat, April 7

STARTS COLLABORATION YUK


@C16-Citra

Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa inggris (business), dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. 

Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.

Dalam berwirausaha ada pepatah yaitu STOP COMPETITION! STARTS COLLABORATION yang artinya berhenti untuk berlomba lomba dalam berusaha dan memulai dengan berkerjasama.  Dalam diri kita untuk memulai berwirausaha  harus memiliki mindset seperti Brain Basic dimana Brain Basic ini mengarahkan otak kita lebih pada kemana ke kanan atau kiri.

Aapa itu Business?  Business adalah sebuah badan usaha komersil yang kegiatannya menghasilakan laba atau profit, setinggi-tingginya, secara terus menerus dan tumbuh berkesinambungan.  Dalam berbusiness pasti akan mendapatkan dan menghasilkan keuntungan, yang tidak menghasilkan keuntungan dan tidak mendapatkan keuntungan yaitu yayasan.  Di bisnis kita juga harus mempunyai waktu, karena kalo tidak ada waktu kita tidak mendapatkan uang, karena waktu tidak bisa diulang dan lebih berharga dari pada uang.
Ada pepatah  dari sesh godin, “ don’t find customers for your products, find products for your customer”  yang artinya “mjangan mencari pembeli untuk produkmu, tapi carilah produk untuk pembelimu.”  Dalam bisnin ada 4 hal yang selalu ada didalamnya, yaitu fimansial, pelanggan, sumber dya manusia, sistem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar