Minggu, Mei 14

Bisnis Plan Modelo Clothing


1. Pendahuluan

Melihat peluang usaha yang tinggi  dan semakin berkembangnya serta  semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion,
maka munculah inisiatif untuk membuka suatu usaha Clothingan yang dimana produknya berdasarkan update-update fashion masa kini dan juga akan menyediakan layanan pemesanan untuk para konsumen ( order ) sehingga konsumen bisa menikmati hasil pesanannya sesuai keinginan.
Hingga saat ini sedikit demi sedikit Clothingan mulai bertambah, namun itu tidak menyurutkan keinginan untuk membuka usaha clothing store selain itu juga ingin menjadikan Jakarta sebagai Kota Fashion sehingga mampu menarik para turis domestik maupun mancanegara .
Jakarta merupakan tempat yang sangat bagus untuk pemasaran dan pengembangan bisnis clothingan. Hal itu dikarenakan masyarakat yang mempunyai pola pikir yang sudah maju dan modern dalam dunia fashion. Dengan bertambahnya kebutuhan masyarakat di buatlah terobosan agar masyarakat dapat tertarik dengan produk buatan kami dan mencari tahu apa yang diinginkan masyarakat di zaman modern ini dan melalui kreasi dan keuletan kami dalam berkarya di luar bidang akademik yaitu Desain, maka fashion pada masa kini bisa semakin berkembang dengan sangat cepat.


2. Konsumen
Target konsumen untuk usaha clothing ini beragam. Mulai dari pelajar, mahasiswa/i, serta para karyawan/i karena selain murah, keunggulan dari produk ini juga berkualitas dari segi bahan maupun desain. Usaha saya ini sangat mementingkan kemauan konsumen dengan memberikan pelayanan terbaik juga aspek fashion dari proses produksi yang baik.

3. Memulai Bisnis
Dalam memulai bisnis kali ini yang harus di miliki adalah dana sebagai modal, selain itu dibutuhkan juga kreatifitas serta informasi fashion yang terupdate yang sedang trend di masyarakat.

4. Keuntungan Usaha
Keuntungan bisnis yang diperoleh ialah keuntungan material, penghargaan dan kepuasan konsumen atas produk yang telah di produksi, menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain, serta mampu mengetahui batas kemampuan yang dimiliki.

5.  Kendala Bisnis
Dalam usaha clothing biasanya kendala yang dihadapi adalah dari segi bahan dan desain. karena dalam memilih bahan tidak boleh sembarangan karena dapat membuat kualitas produksi yang menurun. Desain juga menjadi salah satu kendala. Karena pada saat desain kita harus menunggu mood yang baik untuk berimajinasi menciptakan kreasi desain yang baru dan menarik.

6. Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran produk-produk clothing usaha ini melalui berbagai cara diantara melalu mulut ke mulut atau pemasaran secara langsung kepada teman-teman kampus dan keluarga. Selain itu juga menggunakan media sosial yang diaantaranya adalah facebook, twitter, instagram, line. dan ada satu lagi strategi pemasaran yang akan di jalani yaitu dengan membuat website sehingga konsumen dapat dengan mudah melihat produk yang ready order.
7. Kunci Sukses
Kunci sukses dalam menjalani usaha ini adalah doa, kerja keras, pantang menyerah, sabar, ulet, inovatif, dan kreatif.

8. Analisa Ekonomi  
  • Biaya Produksi
  1. Kaos
- Bahan catton combed 20S 1Kg : Rp. 55.500
        (1Kg=3 Pcs Kaos  *55.500:3)                                                      Rp.  18.500,00
- Potong, Jahit, Benang, Packing                                                          Rp. 25.000,00
- Sablon                                                                                                 Rp. 15.000,00
   Total Biaya Produksi Kaos                                                              Rp. 58.500,00
       2. Kemeja
-Bahan catton drill 1,5 meter                                                               Rp. 35.000,00
-Potong, Jahit, Kancing, Benang, Packing                                           Rp. 35.000,00
     Total Biaya Produksi Kemeja                                                      Rp. 70.000,00
  • Harga Jual (Keuntungan/Pcs) 
-Harga jual untuk kaos di jual sebesar Rp. 70.000/pcs
  Jadi dengan range keuntungan yang dapat diambil Rp.70.000-Rp.58.500 = Rp. 11.500/pcs
-Harga jual untuk kemeja dijuala seharga Rp. 125.000/pcs
  Jadi dengan range keuntungan yang dapat diambil Rp. 110.000-Rp. 70.000 = Rp. 40.000/Pcs
  • Produksi dan Omset Sebulan
Dalam sebulan total barang yang di produk adalah:
- Kaos 4 lusin (48 pcs)           :   48Pcs x Rp. 11.500 = Rp.     552.000
- Kemeja 2 lusin (24 Pcs)      :    24Pcs x Rp. 40.000 = Rp.     960.000
 Total Omset Penjualan dalam Sebulan                     Rp. 1.512.000
9. Penutup
Harapannya dalam usaha ini yaitu dapat berkembang menjadi usaha besar yang memiliki banyak store serta cabang dan juga memiliki nama di berbagai tempat baik di Nasional maupun Internasional. Serta dapat mengurangi tingkat pengangguran dan membuka lapangan pekerjaan dan juga menjadi motivasi untuk kaum muda di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.