Kamis, Mei 25

Mulailah Berkolaborasi, Hentikan Berkompetisi!


Seminar yang sudah diselenggarakan di Auditorium Tower lantai 7 Universitas MercuBuana pada tanggal 30 Maret 2017 lalu yang bertemakanStart Colaboration, Stop Competition. Sudah memberikan motivasi dan memberikan wawasan tentang berkolaborasi dalam hal bisnis dan berhenti untuk berkompetisi di dalam bisnis.
Dalam berbisnis lebih baik jika membuat suatu kolaborasi antar disiplin atau lintas disiplin yang akan mengembangkan suatu peningkatan di dalam pemasukan dan pengalaman berbisnis yang akan dijalani atau di kembangkan. Bila berkolaborasi lebih baik atau lebih membuktikan hasil yang maksimal, daripada harus berkompetisi untuk mencapai siapa yang paling terdepan tetapi tidak membuktikan hasil yang maksimal kenapa harus memilih untuk berkompetisi? Jadi untuk membuat kolaborasi tidak susah dan mudah untuk berkembang secara bersamaan dalam berbisnis.

Bisnis adalah sebuah badan usaha komersil yang kegiatannya menghasilkan laba setinggi-tingginya, secara terus menerus dan tumbuh berkesinambungan. Sebuah bisnis pasti menghasilkan keuntungan. Jika tidak menghasilkan keuntungan maka tidak dapat disebut sebuah bisnis.

Lalu apakah itu bisnis?
Bisnis adalah sebuah badan usaha komersil yang kegiatannya menghasilkan laba setinggi-tingginya, secara terus menerus dan tumbuh berkesinambungan. Sebuah bisnis pasti menghasilkan keuntungan. Jika tidak menghasilkan keuntungan maka tidak dapat disebut sebuah bisnis.

Waktu adalah Uang?
Sebenarnya lebih penting waktu daripada uang. Mengapa? Karena jika kita mempunyai waktu, kita bisa menghasilkan uang. Sedangkan jika kita mempunyai uang, kita tidak bisa mengembalikan waktu. Jika kalian dapat mengendalikan diri kalian maka kalian dapat mengefektifkan waktu kalian tula. Orang sukses dan gagal itu tergantung dari bagaimana cara kita memanage waktu. Waktu bisa menyesuaikan semuanya, dari ilmu, pengalaman, hingga hasil yang bisa kita capai apakah maksimal atau belum.

Apa yang terjadi jika pondasi tidak kuat?
Jika pondasi tidak kuat maka akan menjadi rapuh dan rentan untuk hancur. Seperti sebuah perusahaan yang fundamentalnya rapuh, maka saat krisis sedikit perusahaan tersebut akan hancur. Seperti halnya badan yang memiliki tulang yang kuat, akan bisa menopang dan menahan angin. Pohon juga menjadi contoh bahwa akar dan pondasi harus kuat dan kokoh untuk menahan angin dan getaran yang keras.

Kutipan dari Seth Godin “Don’t find customers for your Product, find Product for your customers" yang artinya "Jangan mencari pelanggan untuk produk anda, cari produk untuk pelanggan anda." sebelum kita memulai bisnis kita harus mengenali peluang dan jenis usaha apa yang cocok untuk kita jalani. Apakah harus mengikuti trend pasar, kebutuhan pasar atau mencipatkan produk yang inovatif untuk pasar. Dan ingat untuk membuat produk yang di cari/di inginkan pelanggan anda. Jika anda tidak menemukan kebutuhan mereka sebelum mengusulkan suatu produk atau solusi, anda tidak hanya akan mendapatkan keuntungan dari peningkatan penjualan dan kepuasan pelanggan, tetapi anda juga akan belajar bagaimana meningkatkan produk atau jasa berdasarkan umpan balik yang anda akan terima dalam berjalannya bisnis anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar