Juli 31, 2017

CARA SUKSES BERWIRAUSAHA

@E22-Jessica
Oleh : Jessica Siahaan

Usia muda adalah usia emas. Begitulah kurang lebih kata bijak yang seringkali terdengar ketika ada orang yang menasehati para pemuda.
Dalam usia muda seseorang akan menentukan nasibnya ke depan. Apakah pada usia muda tersebut produktif atau tidak produktif akan sangat mempengaruhi masa depannya nanti.
Ketika pemuda memiliki pemikiran yang kreatif serta produktif dalam bekerja maka ia akan menghasilkan karya-karya yang luar biasa besar. Bahkan, tidak sedikit anak muda yang berhasil menciptakan sejarah hebat dan kini banyak dikenang oleh orang.
Pada dasarnya usia muda adalah usia yang sangat tepat untuk dijadikan sebagai tahun berkreasi. Termasuk juga berkreasi di bidang wirausaha. Tentu sangat disayangkan ketika banyak sekali pemuda yang menganggur dan tidak jelas nasibnya.
Kondisi seperti inilah yang akan menjadikan pemuda tidak produktif. Untuk itu, sudah saatnya para pemuda mengalihkan waktu kosongnya ke dalam bidang wirausaha. Dan berikut adalah cara sukses berwirausaha di usia muda.

Bertekad Kuat

Semua orang mempunyai keinginan untuk sukses, tetapi tidak semua orang bertekad kuat dalam mewujudkannya. Tekad yang kuat akan membuat kita pantang menyerah. Kegagalan dalam menuju kesuksesan adalah hal yang lumrah. Banyak pengusaha sukses yang juga pernah mengalami kegagalan sebelumnya. Kuncinya adalah jangan berhenti untuk mencoba. Sebelum mendapatkan tujuan dan impian anda, jangan berhenti untuk berusaha.

Catat Semua Impian dan Target

Usia muda seringkali memiliki impian yang begitu banyak. Terutama impian yang berhubungan dengan kehidupan khususnya keuangan. Banyak dari pemuda yang mengidam-idamkan memiliki banyak uang. Untuk itu, gunakan kesempatan ini sebagai langkah yang produktif. Caranya adalah tuliskan semua impian yang pernah anda pikirkan ke dalam suatu kertas atau buku tertentu.
Memang menulis itu hal yang cepat membuat bosan. Akan tetapi hal itu dapat anda antisipasi dengan cara menuliskan poin-poin tertentu saja yang berhubungan dengan impian anda. Tidak perlu menulis layaknya novel atau cerpen lainnya. Jika sudah menuliskan semua impian tersebut selanjutnya adalah tentukan target-target impian yang ingin anda capai dalam batas waktu tertentu.

Bergabung ke Dalam Komunitas Pengusaha

Biasanya pemuda sangat identik dengan senang-senang, foya-foya, begadang, dan menghaburkan uang. Sebenarnya hal itu tidak berdampak positif bagi pemuda yang produktif. Pemuda yang memiliki misi wirausaha hendaknya mulai bergabung dengan komunitas pengusaha juga, atau berada di lingkungan wirausaha.
Dengan bergaul ke dunia pengusaha ini maka anda akan mendapatkan pengetahuan yang banyak seputar wirausaha. Di komunitas tersebut anda bisa share pengalaman bisnis atau sekedar ngobrol seputar tips dan trik berwirausaha dengan baik dan benar.
Dengan seringnya bertemu dengan lingkungan pengusaha, maka sedikit demi sedikit akan terbawa tumbuh jiwa enterpreneur di dalam dirinya. Begitu pun sebaliknya jika terlalu sering berada di lingkungan anak muda yang tidak produktif, maka lama kelamaan akan semakin terjerumus kedalamya.

Belajar Dari Pengalaman Orang Lain

Pengalaman adalah guru yang paling berharga. Kalimat ini adalah benar adanya. Untuk dapat belajar agar tidak gagal dalam memulai usaha, anda dapat belajar dari kegagalan orang lain. Dari pelajaran yang anda dapatkan, anda dapat membuat strategi agar tidak mengalami kesalahan yang sama.
Anda dapat mengikuti seminar dari pengusaha muda yang sukses untuk menambah pengetahuan. Biasanya pembicara seminar akan membagikan tips dan trik untuk dapat sukses dalam membangun usaha dari awal. Jangan takut untuk bertanya kepada pembicara. Interaksi dengan pembicara seminar bisa saja membuka ide baru atau wawasan yang baru.

Mulailah, Meski itu Bisnis Kecil

Untuk mencapai sukses itu memerlukan jalan yang panjang, maka dari itu alangkah baiknya jika kita memulai bisnis dari usia muda, dengan begitu anda sudah start duluan di banding yang lain. Perjalanan usaha pun tidak akan selamanya lancar, maka lebih baik mendapatkan rintangan dalam usaha saat kita masih muda.
Terkadang kita bingung untuk memulai bisnis, padahal bisnis apapun jika di jalankan dengan serius tentunya akan membuahkan hasil yang maksimal. Untuk itu jangan terlalu lama menganalisa sebuah bisnis, segera jalankan meski itu masih bisnis kecil-kecilan, karena semua bidang usaha yang besar berawal dari sebuah usaha kecil.
Kebanyakan para anak muda merasa malu oleh rekan-rekannya jika menjalankan sebuah usaha, beragam alasan mengapa mereka merasa malu. Padahal seharusnya tidak perlu begitu, karena kita menjalankan hal yang positif. Dalam jangka waktu kedepan akan terlihat perbedaannya, mana yang berhasil sukses lebih dulu.

Daftar Pustaka :


Anonim. 2017. Cara Sukses Berwirausaha di Usia Muda. https://infopeluangusaha.org/motivasi-untuk-sukses-pengusaha-muda-indonesia/ (diakses tanggal 29 Juli 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar