Senin, Juli 31

Persiapan Menjadi Pengusaha Muda

@E35-Uji 

Haiii, entepreneur muda,  gimana kabarnya, udah siap mau jadi pengusaha? Eh tpi kalian-kalian udah pada punya bayangan kan, mau usaha apa? Siiip kalau udah pada punya bayangan usaha, tapi jangan usaha untuk mendapatkan restu dari camer, hehehe. Oke balik lagi ke usaha/bisnis. Apasih yang ada dibenak otak kalian ketika mau buka usaha?
Yups, pasti kalian mikir bahwa Modal menjadi tonggak awal untuk berbisnis. Salah besar. kalo kalian berpikiran begitu, langkah pertama kalian salah. Lha trus apa dong langkah awalnya? Oke oke, sabar ya, jadi gini. Ada sebuah cerita ketika rasulullah saw. hijrah dari mekah ke madinah. Namanya abdurrahman bin auf, beliau saudagar kaya raya di mekkah, tapi ketika ikut hijrah Rasulullah, beliau meninggalkan hartanya di mekkah. Sesampe di madinah beliau tidak mempunyai harta. Lalu sama Rasulullah saw. Abdurrahman bin auff dipasangkan dengan Saad bin Robiah, saudagar kaya dari madinah. Lalu Saad bin Robiah, menawarkan modal setengah hartanya, kepada Abdurrahman bin Auff, malah bukan hanya modal, tapi istrinya juga ditawarkan kepadanya. “silahkan pilih, dari kedua istriku, nanti aku ceraikan istriku” kata saad bin robiah. Lalu apa yg dikatakan oleh abdurrahman bin auf? “tidak, tolong kasih tau,  dimana daerah sini yang ada pasar.” lalu saad memberitahunya. Rupanya, abdurrahman bin auff meninggalkan harta yang di mekkah, tapi tidak dengan meninggalkan ilmu berdagangnya. Akhirnya abdurrahman menggunakan ilmu dan skillnya yg dimiliki untuk memulai usaha di madinah. Beliau menjadi samaro atau makelar. Beliau menghubungkan antara pembeli dan penjual. Setelah seharian bekerja, abdurrahman mendapatkan satu butir emas. Nah, lalu apa yg bisa didapat dari cerita tersebut. Tonggak awal untuk usaha yaitu, skill yg dimiliki dan niat yg kuat. Misalnya kalian punya skill atau hobby maen skate board, nah bisa tuh dibisnisain. Misal bisa jual beli acc papan skate, atau bisa jadi guru les skate board. Lalu dibarengi tuh dengan niat yg kuat. Okeh munkin artikel nya cukup sgini aja ya, kepanjangan ntar. Salam sukses.

Sumber
https://youtu.be/BNsQKm9TgyA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar