Sabtu, Juli 29

Mengembangkan sikap Mental Bisnis Orang Cina


MENGEMBANGKAN MENTAL BISNIS ORANG CHINA 


Keberhasilan bisnis orang cina didasari oleh suatu budaya, seni, cara dan etika yang sudah diterapkan selama puluhan tahun dan perlu kita pelajari dan implementasikan. Orang cina telah berhasil dalam bidang perdagangan menerapkan falsafah atau kebiasaan leluhurnya. Penghormatan orang cina kepada orang tua dan leluhurnya adalah melalui kekayaan. Dengan kekayaan, seorang anak dapat memuliakan orangtuanya. Dan cara ampuhnya adalah dengan berdagang. Orang cina mempunyai sifat konsisten pada tujuan yang telah ditetapkan.
1.    Falsafah dan Budaya Bisnis Cina
Falsafah bisnis orang cina : Untuk mencapai sukses orang cina harus berdagang, Berdagang dapat dijadikan sebagai hobi tetapi bukan untuk mengisi waktu luang, Pengalaman berdagang diturunkan keanak cucu, keuntungan yang diperoleh sebaiknya tidak diberlanjakan.
Budaya bisnis orang cina : Orang Cina rela bangun pagi dan terus bekerja sampai malam hari untuk mencapai keberhasilan, Kegagalan pertama tidak dapat melunturkan semangat. Sebaliknya, akan membuat lebih gigih,Kegagalan pertama tidak dapat melunturkan semangat. Sebaliknya, akan membuat lebih gigih.

2.     Sistem dan Seni Bisnis Cina
Sistem Perdagangan yang dianut orang cina adalah sistem perdagangan yang berorientasi pada pelanggan. Seni bisnis cina adalah suatu gerakan yang bersifat fleksibel, yaitu proses penyesuaian diri dan membaca prilaku pelanggan sehingga seorang pedagang dapat mengerti seluk-beluk perdagangan.

3.     Etika dan Rahasia Keberhasilan Orang Cina
Keberhasilan orang cina juga didorong oleh etika dan Rahasia bisnis orang cina, beberapa factor yang mendorong keberhasilan orang cina adalah banyaknya kemiskinan, perasaan yang kurang aman di tempat orang lain, kemampuan bertahan hidup di tempat orang lain. Dalam sistem social orang Cina, anak laki-laki adalah ahli waris keturunan. Uang jangan pernah dijadikan penghalang.
Selain faktor yang terkait dengan sistem sosial, kerja keras, masalah ekonomi, dan rasa kurang aman, keberhasilan orang Cina juga didorong oleh etika bisnis Cina. Berikut adalah etika bisnis Cina : Melarang menggunakan cara-cara kotor untuk menjatuhkan orang lain karena itu merupakan perbuatan yang terkutuk.Pedagang dilarang mengganggu dan menjelek-jelekan kegiatan perdagangan orang lain. Pedagang tidak boleh terlalu kaku, namun sebaliknya perlu memperbolehkan proses tawar-menawar.

4.     Cara Bisnis Orang Cina
Bagaimana para orang china bisa menguasai pasar perdagangan di Indonesia?
Beberapa cara bisnis orang cina yang dapat kita tiru dan kembangkan seperti, untuk menjadi pedagang sukses harus mendapatkan keyakinan dari pelanggan. Tidak boleh pelit mengeluarkan biaya tambahan, bekerja minimal 18jam sehari, dapat beradaptasi dengan kondisi yang ada, tempat usaha yang mudah di akses dan menarik perhatian konsumen, tidak boleh semata-mata mengikuti pola pikirnya tetapi mengikuti perilaku dan kehendak orang banyak, Bekerja sendiri supaya dapat mandiri serta memiliki daya juang, membentuk citra yang baik, lebih suka memperkerjakan sanak saudara, akan merasa malu jika gagal hidup mandiri dan hanya mendapat gaji sepanjang hidupnya, dan sebagian keuntungan harus di simpan untuk mengembangkan kegiatan perdagangan.

Setelah membaca artikel diatas saya dapat menarik kesimpulan bahwa cara berbisnis orang cina selain memiliki rasa semangat untuk keberhasilan, mereka juga memiliki rasa malu jika gagal dalam hidupnya. Ini yang membuat saya yakin apabila ingin memiliki sebuah usaha yang maju dan berkembang kita harus memiliki semangat dan harus menerima kegagalan yang terjadi, kegagalan bukanlah akhir dari segalanya melainkan awal dari segalanya. Semoga artikel ini dapat membantu dan berguna bagi para pembaca. Terima Kasih dan Semangat !!


Referensi :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar