Juli 30, 2017

Berbisnis ala Bob Sadino




                                
                                                       BODOH DAN PINTAR ALA BOB SADINO
       
         Siapa yang kenal dengan Bob Sadino merupakan pengusaha yang yang mulai usahanya dari nol.
setiap orang mempumyai perjalanan hidup yang berbeda-beda, memiliki gagasan-gagasan untuk untuk menghasilkan karya yang baik dan menerjemahkan perjanalan hidupnya pun tak akan sama kedalam petuah-petuah kata yang bermakna. Demikian pula dengan sosok Bob Sadino yang ber-azzam untuk tidak membawa ilmu yang dimilikinya keliang kubur sebelum diajarkan kepada anak bangsa ini. Berikut tulisan-tulisan Beliau, 

1. Terlalu banyak ide
    Orang pintar biasanya banyak ide, bahkan mungkin telalu banyak ide, sehingga tidak satupun yang menjadi kenyataan. Sedangkan orang bodoh mungkin hanya punya satu ide dan satu itulah yang menjadi pilihan usahanya. setiap gagasan atau ide yang dikembangkan harus memiliki cakupan yang luas untuk dijadikan pedoman melakukan bisnis.
2.  Miskin Keberanian Untuk Memulai 
    Orang bodoh biasanya lebih berani dibanding orang pintar, kenapa? Karena orang bodoh sering tidak berpikir panjang atau banyak pertimbangan. Dia nothing to lose. Sebaliknya, orang pintar telalu banyak pertimbangan.
  3. Telalu Pandai Menganalisis
    Sebagian besar orang pintar sangat pintar menganalisis. Setiap satu ide bisnis, dianalisis dengan sangat lengkap, mulai dari modal, untung rugi sampai break event point. Orang bodoh tidak pandai menganalisis, sehingga lebih cepat memulai usaha.
  4. Ingin Cepat Sukses
      Orang pintar merasa mampu melakukan berbagai hal dengan kepintarannya termasuk mendapatkan hasil dengan cepat. Sebaliknya, orang bodoh merasa dia harus melalui jalan panjang dan berliku sebelum mendapatkan hasil.
  5. Tidak Berani Mimpi Besar 
     Orang pintar berlogika sehingga bermimpi sesuatu yang secara logika bisa di capai. Orang bodoh tidak perduli dengan logika, yang penting dia bermimpi sesuatu, sangat besar, bahkan sesuatu yang tidak mungkin dicapai menurut orang lain.
 6. Bisnis Butuh Pendidikan Tinggi
   Orang pintar menganggap, untuk berbisnis perlu tingkat pendidikan tertentu. Orang bodoh berpikir, dia pun bisa berbisnis.
 7. Berpikir Negatif Sebelum Memulai
   Orang pintar yang hebat dalam analisis, sangat mungkin berpikir negatif tentang sebuah bisnis, karena informasi yang berhasil dikumpulkannya sangat banyak. Sedangkan orang bodoh tidak sempat berpikir negatif karena harus segera berbisnis
  8. Melupakan Tuhan 
   Kebanyakan orang merasa sukses itu adalah hasil jarih payah diri sendiri, tanpa campur tangan TUHAN. Mengingat TUHAN adalah sebagai ibadah vertikal dan menolong sesama sebagai ibadah horizontal. 
9. Melupakan Keluarga 
    Jadikanlah keluarga sebagai motivator dan supporter pada saat baru memulai menjalankan bisnis maupun ketika bisnis semakin menguras waktu dan tenaga. 
 20. Berperilaku Buruk 
   Setelah menjadi pengusaha sukses, maka seseorang akan menganggap dirinya sebagai seorang yang mandiri. Dia tidak lagi membutuhkan orang lain, karena sudah mampu berdiri diatas kakinya sendiri.
  
   Dengan mengaplikasikan hidup yang mempunyai prinsip “jika orang mampu,saya mampu” pada mulanya orang bisa berhasil mengembangkan usahanya atau bisnisnya dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki oleh masing-masing pengusaha. tidak ada yang tidak mungkin  untuk melakukan usaha yang kita inginkan terus berusaha, terus berorientasi ke depan untuk menjadikan hidupmu yang lebih baik lagi  dan setiap kemauan yang kita inginkan akan mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai usaha yang dilakukan


 Sumber; https://junaidianwarmi5.wordpress.com/bodoh-vs-pintar-ala-bob-sadino/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar