Sabtu, Agustus 5

Berpikir Kreatif dalam Berwirausaha



Dalam melakukan tindakan ekonomi (tindakan memenuhi kebutuhan) manusia selalu dihadapkan pada permasalahan ekonomi yaitu terbatasnya alat pemuas kebutuhan 
Dalam berwirausaha terdapat persaingan yang ketat. Untuk memenangkan persaingan, maka seorang wirausahawan harus memiliki daya kreativitas yang tinggi.  Daya kreativitas tersebut sebaiknya dilandasi oleh cara berpikir yang maju, penuh dengan gagasan-gagasan baru yang berbeda dengan produk-produk yang telah ada selama ini di pasar.  Gagasan-gagasan yang kreatif umumnya tidak dapat dibatasi oleh ruang, bentuk ataupun waktu.  Justru seringkali ide-ide jenius yang memberikan terobosan-terobosan baru dalam dunia usaha awalnya adalah dilandasi oleh gagasan-gagasan kreatif yang kelihatannya mustahil. . Disinilah saatnya manusia dituntut untuk kreatif dalam melakukan pilihan mana yang terbaik dan mana yang paling menguntungkan sesuai kemampuan sumber daya yang dimilikinya.
Penting Berpikir Kreatif dalam berwirausaha. Itu satu landasan yang paling kalian ketahui dalam membangun sebuah usaha meski usaha yang di bangun itu tidak begitu besar tapi kalian perlu memiliki sebuah kreatif dalam membangunnya,Dimana dunia usaha saat ini adalah dunia usaha yang penuh persaingan.
Pemikiran kreatif berhubungan scara langsung dengan penambahan nilai, penciptaan nilai, serta penemuan peluang bisnis, ide-ide baru yang menciptakan peluang bisnis. Pola pikir kreatif yang diterapkan dalam mengembangkan usaha sangat lah penting, pada era saat ini , manusia dituntut untuk terus berpikir secara aktif dan kreatif dengan kreativitas kalian diharapakan dapat mengembangkan produk-produk yang kalian jual dapat terus mengikuti perkembangan jaman juga mengikuti perkembangan pasar yang menuntut kalian untuk terus berinovasi dengan hal-hal yang baru.
Dengan adanya pola pikir kreatif dalam mengembangkan produk diharapkan dapat terus menarik minat para konsumen untuk terus membeli produk-produk yang kalian jual.
Manfaat dari kreativitas dan inovasi bagi kewirausahaan untuk menemukan peluang yang potensial menjadi usaha yang menghasilkan manfaat bagi dirinya dan masyarakat, dan memberikan kemampuan didalam menghadapi persaingan dari perusahaan-perusahaan sejenis atau pendatang baru dan didalam rangka mengatasi goncangan-goncangan eksternal seperti, inflasi kenaikan bahan-bahan baku dan sebagainya.
Kiat-kiat yang harus dimiliki dan diinternalisasikan untuk menjadi wirausaha kreatif, seorang calon wirausaha :
1.    Harus memiliki sifat-sifat keterbukaan terhadap pengalaman. Pengalaman baik dari dirinya sendiri maupun orang lain dijadikan umpan balik dan dikaji.
2.  Harus memiliki sifat memperhatikan sesuatu dan peduli akan perkembangan lingkungan.
3.  Harus mencoba melihat sesuatu dengan cara lain, mengubah sesuatu yang negatif menjadi sesuatu yang bersifat positif.
4.    Harus memiliki sifat keingintahuan.
5.  Dapat menerima perbedaan pendapat dan mempunyai kemampuan untuk mengrekonsialisasikan
6.    Mempunyai sifat toleransi terhadap ketidakpastian dan kegagalan.
7.    Percaya diri, kemandirian dalam mempertimbangkan , berpikir dan bertindak.
8.    Memiliki perilaku ingin lepas dari hal-hal yang bersifat rutin/standar.
9.    Memiliki kemampuan untuk mempertimbangkan risiko dan cara mengantisipasi risiko.
  
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar